Sukses

Samsung Galaxy Z Flip5 Jadi Salah Satu Penemuan Terbaik 2023 Versi Majalah TIME

Samsung Galaxy Z Flip5 dinobatkan sebagai salah satu Best Inventions 2023 (Penemuan Terbaik 2023) versi majalah TIME.

Liputan6.com, Jakarta - Samsung Galaxy Z Flip5 dinobatkan sebagai salah satu Best Inventions 2023 (Penemuan Terbaik 2023) versi majalah TIME.

Pantauan Tekno Liputan6.com di laman majalah TIME, Senin (30/10/2023), ada 200 produk inovatif yang masuk dalam daftar Best Inventions 2023.

Ponsel lipat Samsung Galaxy Z Flip5 sendiri masuk dalam kategori Consumer Electronics, bersanding dengan Apple Watch Ultra 2, Canon MS-500, Sony FX3, dan lainnya.

Setiap tahun selama lebih dari dua dekade, editor TIME menyoroti produk dan ide baru yang paling berpengaruh dalam edisi Penemuan Terbaik 2023.

"Untuk menyusun daftar tahun ini, kami meminta nominasi dari editor dan koresponden TIME di seluruh dunia. Melalui proses pendaftaran online, kami memberikan perhatian khusus pada bidang yang sedang berkembang, seperti AI, energi ramah lingkungan, dan keberlanjutan," tulis majalah TIME.

Setelah itu, sejumlah tim yang terlibat dalam penilaian kemudian mengevaluasi setiap produk berdasarkan sejumlah faktor utama, termasuk orisinalitas, keberhasilan, ambisi, dan dampak.

Untuk diketahui, Samsung Galaxy Z Flip 5 memiliki layar depan berukuran 3,4 inci Super AMOLED 720 x 74 serta telah mendukung refresh rate 60Hz. Flex Window terbaru ini 3,78 kali lebih besar dari generasi sebelumnya, menawarkan berbagai kapabilitas bagi pengguna.

Dengan layar depan yang lebih besar ini, maka makin banyak widget yang bisa ditampilkan di cover screen Samsung Galaxy Z Flip 5. Selain itu, kontrol widget-nya juga jadi lebih gampang, misalnya dengan cara melakukan pinch dengan jari untuk Multi Widget View.

Perbedaan paling terlihat dari seri sebelumnya adalah tidak terlihatnya lagi celah saat ponsel dalam mode tertutup atau dilipat, di mana Flex Hinge ini turun hingga 2mm di 15,1 mm (dibandingkan Flip4 di 17,1 mm), karena menggunakan sistem waterdrop.

Adapun, dimensi Samsung Galaxy Z Flip 5 adalah 71.9 x 165.1 x 6.9mm saat dibuka dan 71.9 x 85.1 x 15.1mm saat ditutup, dengan bobot cuma 187 gram.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Kamera dan Fitur Kamera Galaxy Z Flip 5

Di sektor kamera utama, Samsung juga menghadirkan kamera Ultrawide 12MP f2.2, bersama kamera wide 12MP f1.8 yang sudah mendukung fitur Optical Image Stabilization (OIS). Untuk kamera dalamnya (kamera selfie), menggunakan kamera 10MP F2.2.

Seperti yang sudah-sudah pengguna juga dapat melakukan selfie menggunakan layar depan dengan ponsel tertutup. Bedanya, kali ini pengguna akan dimanjakan dengan Flex Window yang lebih besar.

Pengguna bisa mengambil gambar dari berbagai angle yang kreatif secara hands-free menggunakan FlexCam, atau melihat dan mengedit foto pun cepat dan mudah dengan Flex Mode.

Fitur lain adalah Quick View di Flex Window, untuk meninjau, mengatur tone warna, atau menghapus gambar dengan mudah.

Pengguna juga bisa merekam dengan mulus saat bergerak dengan SuperSteady untuk menstabilkan kamera. Fitur lain adalah Auto Framing, untuk memastikan tidak ada orang yang ketinggalan dalam frame.

Samsung juga menghadirkan fitur Dual Preview, sehingga pengguna bersama orang lain bisa mendapatkan hasil foto dan video yang oke dari sisi manapun. Fitur FlexCam ini juga memudahkan Flip5 digunakan dengan cara dipegang seperti sebuah camcorder.

Fitur anyar lainnya adalah Flex Mode Panel, di mana pengguna bisa mengkustomisasi panel untuk kendali yang lebih banyak, pada aplikasi-aplikasi yang didukung. Terdapat juga Full-screen dalam Flex Mode, serta Multi Window quick launch di perangkat ini.

Prosesor yang dipakai sendiri adalah Snapdragon 8 Gen 2 dengan kemampuan Multi Frame Processing.

3 dari 4 halaman

Spesifikasi Lainnya

Galaxy Z Flip5 hadir dengan peningkatan solusi artificial intelligence (AI) melengkapi pengalaman kamera yang powerful dan membuat setiap foto menjadi lebih hidup.

Kemampuan Nightography di sini juga telah ditingkatkan, sehingga mampu mengoptimalkan hasil foto dan video berdasarkan kondisi pencahayaan di sekitar.

Algoritma Image Signal Processing (ISP) yang didukung AI mampu mengoreksi noise yang biasa muncul di kondisi gelap seraya meningkatkan kualitas detail dan tone warna. Foto dari jarak yang jauh pun lebih jernih dengan digital zoom 10x.

Spesifikasi Samsung Galaxy Z Flip5 lainnya, smartphone ini hadir dengan baterai 3.700 mAh dengan kemampuan fast charging 25W. Perangkat ini juga datang dengan One UI 5.1.1.

Samsung mengungkapkan, perangkat ini bakal dirilis dalam varian warna reguler yaitu mint, graphite, lavender, dan cream, serta warna blue, grey, green dan yellow yang akan jadi varian warna eksklusif untuk dijual secara online di Samsung.com.

Bersama dengan Galaxy Z Fold 5, Z Flip 5 juga telah teruji 200.000 kali lipatan oleh Bureau Veritas, terlindungi Corning Gorilla Glass Vitus 2, serta telah tersertifikasi IPX8

Samsung juga meluncurkan sejumlah varian aksesoris baru untuk Galaxy Z Flip 5, misalnya Flipsuit Case, Clear Gadget Case, Silicone Case with Ring, hingga Flap Eco-Leather Case.

4 dari 4 halaman

Infografis Akhir Riwayat Ponsel Black Market di Indonesia. (Liputan6.com/Trieyasni)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini