Sukses

Samsung Persiapkan Galaxy Z Flip 5 Edisi Retro, Bakal Segera Rilis?

Samsung sedang menyiapkan desain baru Galaxy Z Flip 5 Retro Edition, hadir dengan skema warna biru dan bingkai matte yang memberikan tampilan klasik.

Liputan6.com, Jakarta - Samsung Galaxy Z Flip 5 disebut-sebut telah diterima dengan baik oleh para kritikus dan konsumen sejak diluncurkan pada bulan Juli 2023 lalu.

Kini, Samsung dikabarkan berencana merilis varian baru smartphone layar lipat populer Samsung Galaxy Z Flip 5 yang diberi nama Edisi Retro. Informasi ini dikutip dari lapor Gizmochina, Minggu (22/10/2023).

Bocoran desain Samsung Galaxy Z Flip 5 Retro Edition sebelumnya telah dipublikasikan oleh blog MSPowerUser. Dalam blog tersebut dipamerkan bodi ponsel dengan panel belakang berwarna biru dan bingkai matte. Desain tersebut memberikan tampilan retro pada ponsel yang menarik bagi sebagian konsumen.

Disebutkan pula, edisi retro Galaxy Z Flip 5 akan mengingatkan kita pada masa lalu, tetapi dengan sentuhan modern.

Penting untuk dicatat bahwa Galaxy Z Flip 5 Retro Edition pada dasarnya hadir dengan warna yang berbeda dari Galaxy Z Flip 5 versi standar. Tidak ada perubahan lain pada perangkat keras atau perangkat lunak ponsel. 

Artinya, smartphone ini memiliki layar penutup OLED 3,4 inci, pembaca sidik jari yang dipasang di samping, pengaturan kamera ganda, port USB Type-C, prosesor Snapdragon 8 Gen 2 for Galaxy, RAM 8GB, ruang penyimpanan 256GB, dan kapasitas baterai 3.700mAh.

Meski begitu, Galaxy Z Flip 5 Retro Edition dipastikan akan menarik sebagian konsumen yang mencari smartphone layar lipat dengan desain unik untuk tampil stylish. Apalagi ditambah skema warna biru dan bingkai matte yang menonjolkan tampilan klasik.

Kabarnya, dalam beberapa minggu mendatang, Samsung Galaxy Z Flip 5 Retro Edition ini akan memasuki pasar. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Samsung Hadirkan Galaxy Z Flip 5 dan Z Fold 5 Edisi Khusus BMW

Soal edisi khusus dari Galaxy Z Flip 5, sebelumnya Samsung dan brand otomotif premium BMW menggelar kolaborasi dengan meluncurkan edisi khusus dari dua HP layar lipat terbarunya, Galaxy Z Fold 5 dan Galaxy Z Flip 5.

Dua edisi spesial smartphone ini dirilis di Indonesia dan bisa didapatkan di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2023 yang digelar di ICE BSD, Tangerang. Acara ini digelar pada 10 sampai 20 Agustus 2023 lalu.

Mengutip siaran pers, Minggu (13/8/2023), Samsung memberikan Galaxy Z Flip5 secara khusus bagi mereka yang melakukan pembelian BMW X5, sebagai apresiasi terhadap pelanggan setiap BMW.

Paket bundling ini terdiri dari 1 unit BMW X5, 1 unit Galaxy Z Flip5 BMW Special Edition, Casing Galaxy Z Flip5 BMW Special Edition, Travel Adapter 25W, Universal Travel Adapter, dan Samsung BMW Key Chain.

Samsung Galaxy Z Fold 5 dan Z Flip5 BMW Special Edition sendiri hanya bisa didapatkan selama event GIIAS 2023 berlangsung.

Galaxy Z Fold 5 BMW Special Edition dijual dengan harga Rp 27.599.000, sementara Galaxy Z Flip 5 BMW Special Edition dijual dengan harga Rp 18.299.000.

Kedua harga yang ditawarkan Samsung ini merupakan harga khusus, yang jika diakumulasikan akan mendapat keuntungan pembelian hingga Rp 2.200.000.

3 dari 4 halaman

Samsung Rilis Galaxy Z Fold 5 Edisi Thom Browne September 2023 Lalu

Masih tentang edisi spesial dari Samsung Galaxy Z Flip 5, pada September 2023 lalu, Samsung menghadirkan seri kolaborasi, Samsung Galaxy Z Fold 5 dengan fashion designer Amerika Thom Browne.

Menghadirkan tema elegan, klasik, dan premium, Samsung Galaxy Z Fold 5 mendukung pengguna yang ingin tampil berbeda dan lebih fashionable. Samsung Galaxy Z Fold 5 edisi Thom Browne merupakan edisi khusus dan terbatas dan hanya tersedia di Tiongkok, Hong Kong, Taiwan, Thailand, Filipina, Vietnam, dan Indonesia.

Samsung Galaxy Z Fold 5 edisi ini dijual dalam bentuk paket box, dengan menyertakan set smartphone dan Galaxy Watch 6. 

Smartphone Android ini hadir dengan perpaduan gaya fashion yang khas dan teknologi mutakhir. 

Terinspirasi dari kemegahan dan kemewahan acara bertema black-tie, Galaxy Z Fold 5 hadir dengan detail desain ikonis dan sempurna. Tidak hanya itu, Samsung edisi Thom Browne ini juga menampilkan elemen khas black pebble leather dan detail grosgrain.

Detail tiga buah garis berwarna merah, putih, dan biru juga menunjukkan ciri khas Thom Browne. Semua elemen tersebut diperjelas dengan bingkai hitam, engsel dan cincin emas di sekitar lensa kamera.

Samsung Galaxy Z Fold 5 semakin terlihat klasik dengan dilengkapi casing kulit unik dan S Pen edisi khusus yang stylish.

4 dari 4 halaman

Materi Daur Ulang 3 Kali Lipat Lebih Banyak

Di samping itu, Samsung masih membawa konsep yang ramah lingkungan, serta mengklaim menghadirkan tiga kali lipat lebih banyak materi daur ulang di Galaxy Z Flip 5 dan Fold 5 tersebut.

Perusahaan asal Korea Selatan itu menyebut, salah satu dampak adanya perubahan iklim adalah musim kemarau yang berkepanjangan yang tengah melanda Indonesia.

Samsung pun mengatakan mereka sadar keadaan ini membutuhkan langkah mendesak, demi menjaga kesejahteraan bumi beserta isinya, dengan menghadirkan produk yang lebih ramah lingkungan.

Menurut perusahaan, dikutip dari siaran pers, Selasa (19/9/2023), Galaxy Z Fold 5 dan Galaxy Z Flip 5, hadir dengan inovasi berupa penggabungan pemanfaatan limbah daur ulang dan material baru.

MX Product Marketing Senior Manager Samsung Electronics Indonesia Verry Octavianus mengatakan, kedua perangkat ini hadir dengan 15 komponen dengan materi daur ulang.

Menurut Verry, hal ini "artinya 3 kali lipat lebih sadar lingkungan dibandingan seri sebelumnya ditambah lagi dengan kemampuan upgrade OS hingga 4 kali."

Dibandingkan dengan generasi sebelumnya, Galaxy Z Fold 5 dan Z Flip 5 hadir dengan material daur ulang yang lebih beragam di lebih banyak komponen internal maupun eksternal.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.