Sukses

KA Argo Semeru dan Argo Wilis Anjlok di Wates, Warganet: Semoga Tak Ada Korban Jiwa

Dua kereta api, KA Argo Semeru dan Argo Wilis, terlibat kecelakaan di Wates, Yogyakarta. Tidak ada korban jiwa, namun jalur rel terganggu. Simak tanggapan warganet di media sosial.

Liputan6.com, Jakarta - KA Argo Semeru dan Argo Wilis dikabarkan mengalami kecelakaan di Wates, Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, pada Selasa (17/10/2023) siang sekitar pukul 13.15 WIB.

Disebutkan, KA Argo Semeru relasi Surabaya Gubeng-Gambir dan KA Argo Wilis relasi Bandung-Surabaya Gubeng.

Akibat kecelakaan ini, kedua jalur rel antara Wates dan Sentolo tidak dapat dilalui untuk sementara waktu. PT KAI saat ini sedang berusaha melakukan evakuasi para penumpang di dua KA tersebut.

KAI saat ini sedang berusaha melakukan upaya evakuasi kepada para penumpang di 2 KA menggalami musibah tersebut,” kata EVP of Corporate Secretary KAI, Raden Agus Dwinanto Budiadji, dilansir kanal Bisnis Liputan6.com, Selasa (17/10/2023).

Vice President Public Relations KAI, Joni Martinus, mengatakan kepada media kejadian KA Argo Semeru dan KA Argo Wilis anjlok tidak ada korban jiwa.

"Pada kejadian ini tidak ad korban jiwa dan kami melakukan upaya rekayasa operasi untuk memperkecil dari dampak kejadian tesebut."

Kecelakaan KA Argo Semeru dan Argo Wilis di Wates ini pun menjadi perbincangan warganet di media sosial, khususnya di Twitter.

Banyak pengguna Twitter menyampaikan rasa prihatin dan harapan agar tidak ada korban jiwa. Berikut ini adalah beberapa komentar warganet di Twitter yang kami rangkum:

"Walah kenapa bisa derailed gitu? Semoga seluruh penumpang tidak kenapa-kenapa," tulis @j**** di media sosial Twitter.

Akun media sosial di X @i**** mencuitkan, "Semoga ga ada korban. biasanya kalo terguling gitu sebabnya kenapa ya? serius nannya 🥺."

"Innalilahi wa innailaihi rojiun 🥺 Semoga aja ga ada korban jiwa.. udah ada infonya belom kenapa bisa terguling dari lintasan gitu?" ujar @t**** di X.

"Semoga jiwa2 terselamatkan," cuit @n****.

"Ya Allah sereem nonton videonya pas serempetan, smg ga ada korban 🥺," kata @a****.

"Astaga.. Semoga semuanya baik2 aja dan gk ada korban. Aminnnnn🥹," ucap @i**** di media sosial Twitter alias X.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

KA Argo Semeru dan Argo Wilis Anjlok, Perjalanan Kereta Api Terganggu

EVP of Corporate Secretary KAI Raden Agus Dwinanto Budiadji mengatakan pihaknya melakukan rekayasa lalu lintas kereta yang melewati titik kecelakaan.

Langkah ini diambil untuk tetap melayani KAJJ relasi lainnya. Pada saat yang sama, tim KAI melakukan evakuasi dari kereta anjlok tersebut.

Upaya selanjutnya dari KAI adalah melakukan upaya evakuasi 2 rangkaian kereta api dan perbaikan jalur rel yang mengalami kerusakan," ujarnya.

Jalur Tak Bisa Dilewati

PT Kereta Api Indonesia (Persero) mengonfirmasi anjloknya KA Argo Semeru relasi Surabaya Gubeng-Gambir dan KA Argo Wilis relasi Bandung-Surabaya Guber di KM 520 + 4 petak jalan antara Stasiun Sentolo - Stasiun Wates pada Selasa (17/10) pukul 13.15.

Atas kejadian ini, dua jalur kereta api jarak jauh untuk sementara belum bisa dilewati.

"Kedua jalur rel antara Wates - Sentolo untuk sementara tidak dapat dilalui akibat kecelakaan tersebut," kata EVP of Corporate Secretary KAI Raden Agus Dwinanto Budiadji dalam keterangannya, Selasa (17/10/2023).

"KAI saat ini sedang berusaha melakukan upaya evakuasi kepada para penumpang di 2 KA yang menggalami musibah tersebut," sambungnya.

3 dari 4 halaman

Kronologi KA Argo Semeru Anjlok

<p>Kereta Argo Semeru mengalami anjlok di depan Stasiun Kalimenur lama, di kawasan Sukoreno, Kecamatan Sentolo, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, Selasa (17/10/2023). (Liputan6.com/ Dok Ist @fajardian)</p>

Menurut informasi yang didapat Liputan6.com, kereta anjlok tersebut terjadi sekitar pukul 13.15 WIB. KA Argo Semeru itu anjlok di petak lintas antara Stasiun Sentolo - Stasiun Wates KM 520+4.

Menanggapi kejadian ini, warganet di media sosial X alias Twitter pun ramai memperbincangkannya. Ada sejumlah foto hingga video di lokasi kejadian.

Beberapa foto memperlihatkan kondisi gerbong kereta yang miring ke samping jalur. Sebagian lainnya, memperlihatkan sejumlah orang yang diduga penumpang KA Argo Semeru berhamburan ke luar rangkaian.

4 dari 4 halaman

KA Argo Wilis Serempet Argo Semeru

Tak cuma foto, ada pula video yang memperlihatkan kondisi KA Argo Semeru. Kondisi tersebut ditambah tegang dengan adanya KA Argo Wilis yang melaju di jalur samping KA Argo Semeru yang anjlok.

"Ngeri juga ya lihat benda bergerak bertonase tinggi saling collision atau nyerempet kaya gini. Ini kondisi Argo Semeru udah anjlok diserempet berjalan langsung KA Argo Wilis," tulis salah satu warganet, @rzka***.

Warganet lainnya menunjukkan kondisi KA Argo Wilis yang hampir ikut terguling akibat menyerempet KA Argo Semeru.

"Tak hanya KA 17 Argo Semeru yang anjlog terguling. Disebelahnya juga terdapat KA 6 Argo Wilis rute Bandung - Surabaya Gubeng yang juga ikut nyaris terguling karena saat kejadian sama-sama berpapasan di lokasi," tulis akun @sahabat_ker***.

  

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini