Sukses

Bermain Tanpa s1mple, NAVI Cetak Rekor Baru di Turnamen Counter Strike 2 IEM Sydney 2023

Tim Counter-Strike 2 NAVI peccahkan rekor 30 kill tanpa kehadiran s1mple di ajang IEM Sydney 2023

Liputan6.com, Jakarta - Tim NAVI baru-baru ini bermain tanpa legenda mereka, s1mple. Namun, mereka berhasil mendominasi pertandingan profesional Counter-Strike 2 (CS2) pertama di IEM Sydney, dengan 30 kill dari Justinas "jL" Lekavicius.

IEM Sydney 2023 telah dimulai dengan pertandingan Best of 1 pertama mereka, salah satunya adalah laga NAVI melawan Apeks. Namun, NAVI mengalami beberapa kendala.

Bintang mereka, pemain sekaligus pengguna AWP terbaik di dunia, Oleksandr "s1mple" Kostyliev, tidak dapat hadir karena masalah visa. Hal ini berarti pelatih kepala mereka, Andrij "B1ad3" Gorodensky, harus menggantikan posisinya.

Terlepas dari masalah susunan pemain, tim ini benar-benar mendominasi pertandingan profesional CS2 pertama mereka melawan Apeks.

Sosok yang menjadi pahlawan dalam pertandingan ini adalah jL, yang kontribusinya terasa di hampir setiap ronde di map Mirage. Demikian menurut laporan Dexerto, dikutip Rabu (18/10/2023). 

Pemain yang baru bergabung pada pertengahan 2023 ini membuat rekor 30 kill dalam sebuah pertandingan terkoneksi LAN pertama di CS2.

jL mendapatkan kill ke-30 di ronde terakhir map Mirage, menjatuhkan Damjan "kyxsan" Stoilkovski di A site CT dari Palace dengan headshot yang akurat membunuh lawan.

Kekalahan tersebut sangat menyakitkan bagi Apeks, bukan hanya karena mereka gagal memanfaatkan kondisi kurang pemain dari NAVI, namun juga karena fakta bahwa jL ialah pemain penting bagi mereka tahun lalu.

Meskipun B1ad3 memiliki tugas besar yang belum dia jalani sejak kualifikasi FACEIT Major 2018 dengan FlipSid3 Tactics, dia berhasil menunjukkan kemampuannya. 

Meskipun rating-nya tidak sebaik yang diharapkan, yakni hanya 0.44, hal ini menjadikannya menduduki posisi terendah, meskipun terkadang dia juga membantu timnya dengan mengambil AWP untuk tim. 

Kendati NAVI bermain tanpa pelatih, mereka berhasil mengamankan kemenangan yang penuh tantangan dengan skor akhir 13-9 dari tim asal Inggris, Apeks.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Valve Rilis Counter-Strike 2 di Steam

Seperti yang kita ketahui, kabar tentang peluncuran Counter-Strike 2 dengan berbagai perbaikan dan peningkatan yang signifikan tentu sangat menggembirakan bagi para penggemar Counter-Strike.

Mesin Source 2 dari Valve membawa berbagai perbaikan grafis dan gameplay yang diharapkan dapat meningkatkan pengalaman bermain game, seperti dikutip dari GSM Arena, Sabtu (30/9/2023).

Beberapa peningkatan dihadirkan, mulai dari asap volumetrik, grafis baru, peta yang disegarkan, dan termasuk gameplay lainnya tentu akan memberikan penyegaran dan nuansa baru dalam game ini.  

Selain itu, fakta kalau Counter-Strike 2 tetap gratis untuk dimainkan akan membuatnya lebih mudah diakses oleh pemain baru dan penggemar lama.

Penting juga untuk dicatat kalau Valve telah memindahkan semua skin dari Counter-Strike: Global Offensive (CS:GO) ke Counter-Strike 2. Jadi, pemain yang memiliki koleksi skin mahal dapat tetap menikmatinya di dalam game yang baru ini.

Semua perbaikan dan peningkatan ini disebut mungkin akan membantu menjaga ketertarikan dan popularitas Counter-Strike dalam komunitas pemain, sekaligus mempertahankan basis pemain yang telah ada selama bertahun-tahun. 

Hal ini juga menunjukkan komitmen Valve untuk terus mengembangkan dan mendukung seri Counter-Strike.

Kehadiran Counter-Strike 2 ini digambarkan Valve sebagai, "perbaikan untuk setiap sistem, setiap konten, dan setiap bagian dari pengalaman Counter-Strike." Game FPS ini telah rilis di Steam, dan sudah dapat dimainkan.

Valve juga menggambarkan kehadiran Counter-Strike 2 sebagai lompatan teknis terbesar dalam sejarah Counter-Strike. Perusahaan juga menjanjikan update dan fitur baru selama bertahun-tahun.

3 dari 5 halaman

Spesifikasi PC untuk Main Counter-Strike 2

Meski begitu, perilisan Counter-Strike 2 kemarin merupakan tes terbatas. Sementara, game lengkapnya diprediksi akan dirilis pada musim panas 2023. Saat ini, CS2 akan gratis dimainkan para gamers, selama masa tes terbatas.

"Selama periode pengujian terbatas ini, kami akan mengevaluasi sejumlah fitur untuk menemukan apakah ada masalah sebelum perilisan globalnya," kata pihak Valve.

Lebih lanjut Valve juga menyebut, Counter-Strike 2 yang hadir musim panas mendatang merupakan pembaruan gratisan untuk CS:GO.

Dalam video berjudul "Leveling Up The World", Valve menyebut, peta game ini akan hadir dengan tampilan baru tetapi keterampilan gamer lawas bisa sangat bermanfaat di update game baru tersebut.

Valve juga menyebut ada tiga tingkatan peta atau maps dalam game. Pertama level "touchstone" yang mirip dengan Dust II, yang hadir dengan perubahan visual kecil tetapi tidak berubah.

Peta ini juga akan membuat orang merasakan gameplay baru dalam pengaturan yang sudah dikenal. Lalu ada maps CS:GO yang telah ditingkatkan atau dirombak, seperti Source 2. 

4 dari 5 halaman

Counter-Strike 2 Tak akan Bisa Dimainkan di MacOS dan PC Lawas

Sayangnya, sejumlah PC lawas dan perangkat Mac tampaknya tidak akan bisa memainkannya.

Melalui laman dukungan Steam, Valve mengatakan bahwa ke depannya, Counter-Strike 2 secara ekslusif hanya akan mendapatkan dukungan di Windows dan Linux 64-bit.

 Adapun hardware lawas yang masih memakai DirectX 9 dengan sistem operasi 32-bit serta macOS, tidak akan mendapatkan dukungan untuk gim penerus Counter-Strike: Global Offensive (CS:GO) ini.

"Seiring kemajuan teknologi, kami telah membuat keputusan sulit untuk menghentikan dukungan untuk perangkat keras lama, termasuk DirectX 9 dan sistem operasi 32-bit," kata Valve.

"Demikian pula, kami tidak lagi mendukung macOS. Jika digabungkan, jumlah tersebut mewakili kurang dari satu persen pemain aktif CS:GO," ujar perusahaan induk Steam itu, dikutip Rabu (11/10/2023).

Meski begitu, Valve masih mengizinkan pemain dengan PC lawas dan Mac untuk memainkan CS:GO versi lama alias legacy version, namun hanya akan mendapatkan dukungan sampai 1 Januari 2024.

Menurut Valve, versi legacy CS:GO ini akan jadi "versi beku dari CS:GO", di mana mereka akan punya semua fitur dari CS:GO kecuali matchmaking resmi.

Valve sendiri resmi meluncurkan Counter-Strike 2 atau CS2, sebagai pengganti dari judul dari seri Counter-Strike sebelumnya yaitu Counter-Strike: Global Offensive alias CS:GO.

Sekadar informasi, diluncurkan pada Kamis (28/9/2023), gamer sudah dapat menemukan CS2 melalui platform Steam milik Valve.

5 dari 5 halaman

Infografis dampak bermain video game berlebihan (Liputan6.com/Abdillah)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini