Sukses

Google Resmi Luncurkan Android 14, Cek Deretan Fitur baru yang Hadir untuk Pengguna

Google resmi meluncurkan Android 14 untuk smartphone Pixel yang mendukung, dan perangkat lain akan menyusul di akhir 2023.

Liputan6.com, Jakarta - Google secara resmi meluncurkan Android 14 melalui event Made By Google di New York City, seperti dikutip dari Tech Crunch, Kamis (5/10/2023). Android 14 mulai diluncurkan ke perangkat Pixel yang sudah mendukung sistem operasi terbaru ini.

Selain Pixel, Android 14 juga akan hadir di beberapa perangkat lain, seperti HP Samsung Galaxy, iQOO, Nothing, OnePlus, Oppo, Realme, Sharp, Sony, Tecno, Vivo, dan Xiaomi akhir tahun 2023 ini. 

Google mengungkapkan, sistem operasi teranyar ini hadir dengan opsi penyesuaian baru, fitur aksesibilitas, dan banyak lagi. Perusahaan juga memperkenalkan cara baru untuk menyesuaikan perangkat dengan preferensi pribadi pengguna. 

Dijelaskan lebih lanjut, Android terbaru ini juga dirancang untuk memudahkan peralihan antar wallpaper, sekaligus memungkinkan pengguna dengan cepat membuat perubahan pada apa yang ingin dilihat di fitur At a Glance. 

Dengan pembaruan software ini, pengguna dapat pula mengatur pintasan di lock screen untuk mendapatkan akses sekali ketuk ke aplikasi atau tools favorit mereka.

Bersama dengan kehadiran Android 14 ini, Google juga memungkinkan pengguna memiliki langsung serangkaian opsi template lock screen baru yang terdiri dari font, widget, warna, termasuk formatnya. 

Google menuturkan, template ini menggunakan AI (kecerdasan buatan) untuk membuat perubahan berdasarkan situasi pengguna saat ini. Misalnya, jika area tempat pengguna berada akan mengalami cuaca buruk, layar kunci akan membuat widget cuaca lebih menonjol.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Fitur-Fitur Baru Untuk Foto Hingga Font Pada Android 14

Sebelumnya, pada Mei 2023, Google mengumumkan sedang mengerjakan wallpaper AI generatif yang dapat dibuat pengguna sesuai perintah. Dan kini, perusahaan mengumumkan bahwa fitur ini akan hadir pertama kali di Pixel 8 dan 8 Pro.

Dengan fitur ini, pengguna dapat memilih wallpaper di perangkat yang dibuat berdasarkan saran dari AI. 

Pembaruan Android 14 ini juga menghadirkan peningkatan pada kualitas foto dan kamera. Google mengumumkan, Android 14 mendukung gambar HDR dengan Ultra HDR, yang memanfaatkan dukungan Android 13 untuk video HDR.

Perusahaan mengatakan peningkatan baru ini menghadirkan warna-warna cerah pada foto dan menampilkan foto HD tanpa mengubah kualitas asli gambar.

Selain itu, pengguna dapat dengan cepat mengubah ukuran font teks di perangkat lewat menu Quick Settings

Google mengatakan, fitur ini mencegah teks yang sudah cukup besar menjadi lebih besar. Jadi, pengguna dapat membaca pada layar tanpa adanya teks yang terpotong atau tata letak halaman yang rusak.

3 dari 4 halaman

Android 14 Ramah Bagi Pengguna dengan Gangguan Penglihatan dan Pendengaran

Tidak hanya itu, Google mengumumkan Android 14 hadir dengan fitur sekaligus kemampuan baru bagi pengguna dengan gangguan penglihatan dan pendengaran. 

Perusahaan telah menjadikan kaca pembesar di Android 14 lebih intuitif, dengan kemampuan mencubit untuk memperbesar dan memperkecil layar hingga 100 persen.  

Selain itu, pengguna dapat mengubah ukuran kaca pembesar melalui panel Magnifier Settings. Di sana, pengguna juga dapat menyesuaikan seberapa besar layar yang ingin diperbesar. 

Android 14 menghadirkan alur penyiapan alat bantu dengar khusus yang memungkinkan pengalaman lebih intuitif saat menyambungkan alat bantu dengar.

Ada juga cara mudah untuk mengarahkan audio ke output yang berbeda, bersama dengan opsi untuk mengakses kontrol alat bantu dengar dari pintasan.

Pengguna juga dapat mengaktifkan Flash Notifications untuk mendapatkan kilatan cahaya visual saat menerima pemberitahuan.

Google mencatat bahwa suara notifikasi, dering, dan peringatan tidak efektif untuk semua pengguna. Maka dari itu, Google memperkenalkan opsi notifikasi baru. 

4 dari 4 halaman

Android 14 Berikan Kontrol Lebih Besar Kepada Pengguna

Pembaruan baru untuk Android ini juga memberikan kontrol lebih besar atas data pengguna. Misalnya, saat pengguna diminta memberikan izin pada aplikasi, pengguna akan diberi tahu saat aplikasi membagikan data lokasi dengan pihak ketiga. 

Google akan memberitahu pengguna, kemudian mereka dapat memutuskan apakah akan memberi akses atau tidak. Selain itu, Android 14 mendorong pengguna untuk menyetel PIN enam digit.

Hal ini tentu saja untuk meningkatkan keamanan perangkat. Setelah mengetikkan PIN enam digit (atau lebih panjang) yang benar, pengguna tidak perlu lagi menekan “enter”, karena perangkat akan terbuka secara otomatis.

Android 14 juga menghadirkan fitur lain seperti pembingkaian otomatis dalam panggilan video dan akses sekali ketuk ke kontrol Google Home.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.