Sukses

Apple Rilis 24 Ringtone Baru di iOS 17, Pengguna iPhone Kini Punya Lebih Banyak Pilihan

Setelah satu dekade, akhirnya Apple menambahkan nada dering baru pada iOS 17 yang baru saja digulirkan untuk para pengguna.

Liputan6.com, Jakarta - Apple telah mengumumkan akan memperbarui pilihan nada dering iPhone. Hal ini tentu menjadi kabar baik bagi pengguna iPhone yang mungkin sudah bosan dengan varian nada dering lama. 

Sebagai informasi, terakhir kali Apple merilis nada dering baru secara masif adalah pada tahun 2013, bersama peluncuran iOS 7. Setelah itu, perubahan nada dering menjadi cukup jarang, dan mungkin terlupakan.

Sementara di pembaruan kali ini, iOS 17 membawa 24 nada dering baru, memberikan pengguna lebih banyak pilihan untuk mengubah nada dering mereka, seperti dikutip dari Gizmodo Australia, Kamis (28/9/2023). 

Berdasarkan laporan, Apple telah memikirkan dengan baik desain dan kualitas nada dering baru ini. Sebab, nada dering ini hadir dengan umpan balik haptic yang lebih kuat dan beberapa nada dering yang memiliki nuansa yang unik.

Nada dering baru di iOS 17 ini tentu memungkinkan pengguna mengganti suasana ponsel mereka, sekaligus memberikan elemen personalisasi yang lebih besar. 

Selain 24 nada dering baru, Apple juga menambahkan 12 nada peringatan baru. Nada-nada ini berfungsi lebih baik untuk notifikasi yang lebih pendek, seperti teks dan peringatan aplikasi, daripada nada dering yang lebih panjang.

Dengan pembaruan ini, pengguna iPhone tentu memiliki pengalaman yang lebih unik dan menarik saat ponsel mereka berdering. Adapun beberapa daftar nada dering tersebut adalah Arpeggio, Breaking, Canopy, Chalet, Chirp, Daybreak, dan Departure.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Deretan Emoji Baru Bakal Hadir di iOS 17: Jamur Coklat, Burung Phoenix hingga Rantai Patah

Selain nada dering baru, iOS 17 juga membawa sejumlah emoji unik yang dapat kamu pakai. Seiring dengan Apple yang telah mengumumkan iPhone 15, Unicode Consortium secara resmi menyetujui sederetan karakter emoji baru yang akan ditambahkan ke ponsel mulai 2024.

Unicode 15.1 yang disetujui meliputi emoji burung phoenix, buah lemon, jamur coklat, kepala mengangguk (yes) dan kepala menggeleng (no), hingga rantai patah.

Mengutip MacRumors, Kamis (21/9/2023), ada empat kombinasi emoji keluarga baru beserta dengan pembaruan emoji enam orang yang kini memiliki arah menghadap yang berbeda, baik menghadap kanan atau kiri.

Pilihan arah menghadap kepala ini bisa dipakai dengan emoji orang berjalan, orang berlari, orang berlutut, orang dengan tongkat putih, orang dengan kursi roda manual, dan orang dengan kursi roda bermotor.

Sementara itu, pembaruan Unicode kerap kali menyertakan beberapa karakter emoji, sehingga update Unicode 15.1 skalanya lebih kecil dibandingkan update Unicode tahun-tahun sebelumnya.

Namun, Unicode 15.1 menambahkan sejumlah karakter non-emoji baru untuk digunakan di Tiongkok. Setelah karakter emoji baru disetujui, pembuat smartphone seperti Apple butuh waktu beberapa bulan merancang karya seni untuk emoji tersebut dan menambahkannya ke iOS 17.

3 dari 4 halaman

Baru akan Rilis di Update iOS 17 Berikutnya

Kemungkinan update emoji baru ini bakal digulirkan di versi iOS 17 yang akan datang.

Sebelumnya pada tahun lalu, Apple menambahkan emoji baru ke update iOS 16.4 yang dirilis Februari 2023. Untuk itu, perusahaan mungkin mengikuti timeline serupa pada 2024 ini.

Adapun perubahan emoji tahun lalu mencakup wajah gemetar, hati merah muda, hati biru muda, keledai, rusa besar, angsa, sayap, ubur-ubur, eceng gondok, kacang polong, jahe, seruling, maracas, hingga burung hitam.

4 dari 4 halaman

Infografis: Konsumsi Media

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.