Sukses

Apple Bersiap Luncurkan iPad Mini Gen 7, Bakal Rilis di Akhir 2023

Menurut rumor yang beredar, Apple dikabarkan berencana untuk merilis iPad Mini Gen 7 pada kuartal 4 tahun ini.

Liputan6.com, Jakarta - Apple dirumorkan sedang bersiap merilis iPad Mini Gen 7 sebelum akhir tahun ini. Informasi ini diketahui berdasarkan laporan terbaru dari DigiTimes.

Mengutip Mac Rumors, Sabtu (30/9/2023), laporan itu memperkirakan ada peningkatan pangsa pasar Apple berkat kehadiran iPad ukuran kecil di kuartal keempat, meski saat ini ada stagnansi. Adapun perangkat yang dimaksud kemungkinan adalah iPad Mini Gen 7

"Namun, pangsa tersebut akan berangsur-angsur meningkat selama paruh kedua karena kebutuhan penambahan inventaris Apple di kuartal ketiga dan pesanan untuk iPad ukuran kecil baru di kuartal keempat,” tulis laporan tersebut.

Disebutkan, DigiTimes memperoleh informasi tersebut dari pemasok yang memproduksi suku cadang iPhone dan produk Apple lainnya. Namun, mengingat ini masih sebatas rumor, tidak tertutup kemungkinan ada perubahan rencana. 

Meski begitu, Mark Gurman dari Bloomberg pada awal tahun 2023 melaporkan, kalau pembaruan iPad Mini dengan peningkatan spesifikasi yang kecil bukanlah hal mustahil. 

Pada Agustus 2023, pembocor lain yang dikenal sebagai ShrimpApplePro juga menyatakan, iPad Mini Gen 7 sedang dalam proses pengerjaan. Dijelaskan, mereka telah melihat bukti, kalau setidaknya ada satu model iPad baru yang akan hadir tahun ini.

Kendati demikian, analis Apple Ming-Chi Kuo sempat mengatakan, kalau iPad Mini Gen 7 kemungkinan besar akan mulai diproduksi secara massal pada kuartal pertama 2024. Ia pun memprediksi tidak ada model iPad baru yang rilis di tahun ini. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Rumor Soal iPad Lainnya Besutan Apple

Salin itu, belum lama ini Apple nyatakan kerja sama dengan pengembang game untuk menghadirkan pengalaman game konsol iPhone 15 Pro ke perangkat iPad dan Mac, menurut pernyataan eksekutif Apple dalam sebuah wawancara dengan IGN.

Saat mengumumkan iPhone 15 Pro, Apple menyoroti kemampuan GPU baru dari chip A17 Pro yang mendukung hardware-accelerated ray tracing, memungkinkan game konsol seperti Resident Evil 4 dan Assassin's Creed: Mirage dimainkan di iPhone.

Dikutip dari Mac Rumors, Senin (18/9/2023), ketika ditanya tentang kompatibilitas game ini dengan iPad dan Mac berbasis Apple Silicon, Wakil Presiden Arsitektur Platform Apple, Tim Millet, mengatakan para pengembang akan berkolaborasi dengan Apple untuk menjadikannya mungkin. 

Direktur Senior Perangkat Lunak GPU Apple, Jeremy Sandmel, menambahkan, manufaktur Apple Silicon untuk iPhone, iPad, dan Mac telah membuka peluang untuk menghadirkan game dengan kualitas rendering yang sama ke berbagai platform Apple.

Ini adalah salah satu langkah penting dalam pengembangan Apple untuk menciptakan platform yang  terpadu dalam hal grafik dan game. 

Chip A17 Pro ini juga memungkinkan penggunaan game yang sama dengan kualitas 'rata kanan' pada iPhone, iPad, dan Mac.

Pengembangan ini juga menyoroti kemungkinan generasi berikutnya dari perangkat iPad dan Mac yang akan didukung oleh chip M3 yang lebih canggih. Hal ini akan memungkinkan pengalaman gaming yang semakin mirip dengan konsol dan PC gaming.

Dengan dukungan dari chip A17 Pro yang canggih dan upaya kolaboratif dengan pembuat game, Apple berupaya membuat smartphone mereka sebagai platform gaming yang lebih menarik, serta menjadikan iPad dan Mac sebagai opsi yang lebih serius bagi para gamer.

3 dari 5 halaman

Efek USB Type C di iPhone 15

Seperti diketahui, seluruh model iPhone 15 mendukung DisplayPort melalui port USB-C. Berkatnya, perangkat ini mampu mengeluarkan video hingga resolusi 4K/60Hz ke layar eksternal yang mendukung DisplayPort atau TV dengan menggunakan kabel USB-C ke DisplayPort yang sesuai. 

Ini disebut sebagai perbaikan signifikan dibandingkan dengan iPhone sebelumnya yang menggunakan port Lightning, yang terbatas pada screen share hingga resolusi 1080p saat digunakan dengan adaptor Apple Lightning-ke-HDMI atau Lightning-ke-VGA.

Kemampuan DisplayPort pada perangkat ini membuka peluang baru bagi pengguna, termasuk memainkan game di layar eksternal dengan kualitas yang lebih baik. 

Masih dilaporkan Mac Rumors, ketika ditanya, apakah pemilik iPhone 15 Pro akan dapat memainkan game seperti Resident Evil 4 di layar eksternal, Direktur Senior Perangkat Lunak GPU Apple, Jeremy Sandmel, memberikan jawaban.

Menurutnya, teknologi seperti peningkatan skala MetalFX memungkinkan pemisahan antara resolusi tampilan dan resolusi game. Dengan begitu, permainan dapat berjalan pada frekuensi gambar yang tinggi dan kemudian meningkatkan resolusi sesuai dengan kebutuhan layar eksternal.

Meskipun iPhone belum menawarkan mode Extended Display secara resmi, pemilik iPhone dapat membagikan layar perangkat mereka ke layar eksternal melalui koneksi kabel dan juga menggunakan AirPlay. 

Dengan kemampuan DisplayPort ini, pengguna dapat mengoptimalkan pengalaman gaming mereka dengan menghubungkan iPhone 15 ke layar eksternal dan menikmati grafis yang lebih tinggi.

4 dari 5 halaman

iPhone 15 Pro, Ponsel Pertama Apple dengan RAM 8GB

Terlepas dari itu, iPhone 15 series baru saja diumumkan oleh Apple dalam ajang khusus bertajuk Wonderlust pada Rabu, 13 September 2023, dini hari WIB.

Dalam acara tersebut, Apple memperkenalkan empat model iPhone baru terdiri dari iPhone 15, iPhone 15 Plus, iPhone 15 Pro, dan iPhone 15 Pro Max.

 Walau perusahaan berbasis di Cupertino, AS itu sudah mengungkap hampir semua hal tetang iPhone 15 series, masih ada informasi yang belum diketahui oleh banyak pengguna.

Salah satunya adalah RAM yang dipakai di iPhone 15, iPhone 15 Plus, iPhone 15 Pro, dan iPhone 15 Pro Max.

Seperti biasa, Apple memang tidak pernah mengungkap detail tentang RAM yang dipakainya.

Banyak pihak yang penasaran apakah Apple menyematkan RAM lebih besar di iPhone baru mereka tersebut. Namun, laporan MacRumors mengungkap informasi tersebut.

Dilansir Mac Rumors, Kamis (14/9/2023), iPhone 15 Pro dan iPhone 15 Pro Max dilengkapi dengan RAM 8GB, meningkat dari iPhone 14 Pro yang hanya menggunakan RAM 6GB.

Selain menggunakan chipset A17 Pro ini, kemampuan RAM yang tinggi tentunya semakin meningkatkan performa ponsel dan multitasking pun bebas lag.

Kabar ini diperkuat lewat laporan salah satu peneliti kode software @aaronp613, dengan menyebutkan varian Pro dan Pro Max dilengkapi RAM 8GB.

Sementara itu, iPhone 15 dan iPhone 15 Plus hanya menggunakan RAM 6GB--sama seperti model iPhone 14 sebelumnya.

5 dari 5 halaman

Infografis: Kenaikan Jumlah Pengguna Media Sosial di Indonesia

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.