Sukses

iPhone 15 Punya Pengaturan Battery Health Baru untuk Cegah Isi Daya Melebihi 80 Persen

iPhone 15 series memiliki pengaturan isi daya baru yang memungkinkan pengisian daya perangkat tak melebihi 80 persen, guna memperlambat penurunan battery health.

Liputan6.com, Jakarta - Persentase battery health selalu jadi perhatian buat pengguna iPhone. Seiring pemakaiannya battery health iPhone memang mengalami penurunan persentase.

Namun, Apple kini punya cara untuk memperpanjang usia battery health. Pada iPhone 15, Apple membenamkan kemampuan baru dalam hal pengisian daya, di mana Apple bisa membatasi pengisian daya agar tidak lewat dari 80 persen.

Kehadiran fitur ini bisa jadi opsi memperlambat penurunan battery health pada iPhone. Apalagi, pengguna iPhone kerap berupaya keras mengontrol setiap aspek pengalaman mereka dengan perangkat tersebut supaya bisa memakainya lebih lama.

Sebenarnya, Apple telah memiliki fitur manajemen daya baterai untuk memperpanjang usia baterai. Kini, Apple menghadirkan tombol baru untuk itu.

Berdasarkan informasi baru yang didapat oleh Joe Rossignol dari MacRumors, terkonfirmasi bahwa seluruh jajaran iPhone 15 memiliki pengaturan battery health baru.

Di sini, pengguna bisa memilih untuk menghentikan pengisian daya iPhone saat proses isi daya mencapai 80 persen, alih-alih setop saat isi daya capai 100 persen.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pengaturan Berbeda dengan Optimized Battery Charging

Pengaturan ini berbeda dengan fitur Optimized Battery Charging yang secara otomatis menghentikan pengisian daya iPhone setelah mencapai 80 persen, lalu lanjut isi daya hingga 100 persen, tepat sebelum pengguna bangun.

Lewat opsi baru ini, iPhone tak bisa isi daya hingga lebih dari 80 persen.

Sekadar informasi, isi daya baterai ponsel relatif efisien dari 0-80 persen, sementara 20 persen terakhir biasanya memerlukan lebih banyak energi dan menghasilkan lebih banyak panas.

 

 

3 dari 4 halaman

Disarankan Gunakan Optimized Battery Charging

Hal ini menyebabkan beberapa pengguna membiarkan baterai iPhone-nya berada di level 40 persen hingga 80 persen untuk menjaga persentase battery health-nya.

Kini, pengguna tak perlu waktu lama untuk memonitor pengisian daya dan menghentikan hingga 80 persen secara otomatis. Namun, Apple Insider lebih merekomendasikan pengguna memakai fitur Optimized Battery Charging alih-alih memakai pengaturan baru ini.

Pasalnya, jika menerapkan pengaturan baru ini, baterai akan terisi maksimal 80 persen dan pengguna tidak bisa mendapatkan kapasitas baterai penuh.

4 dari 4 halaman

Kapasitas Baterai iPhone 15 Naik Dibanding Pendahulu

Apple menyebut, jajaran iPhone 15 memiliki daya tahan baterai yang sama dengan iPhone 14. Namun, berdasarkan dokumen peraturan baru Tiongkok, terdapat peningkatan kapasitas baterai sebesar 2 persen pada iPhone 15 series dibandingkan pendahulunya.

Disebutkan, Apple memberikan peningkatan kapasitas baterai pada jajaran iPhone 15 sebesar 2,3 persen. Peningkatan kecil tersebut tidak diumumkan secara resmi oleh Apple, tetapi ditemukan dari database regulasi Tiongkok dan dipublikasikan oleh MySmartPrice.

Diberitakan oleh The Verge, seperti dikutip Senin (18/9/2023), Apple mengungkap jajaran iPhone 15 memiliki kemampuan daya tahan baterai yang sama dengan model tahun lalu. 

Perusahaan mengklaim iPhone 15 Pro Max memiliki daya tahan pemutaran video hingga 29 jam dan pemutaran audio hingga 95 jam, sedangkan 15 Pro memiliki daya tahan 23 jam untuk video dan 75 jam untuk audio.

Sementara itu, iPhone 15 Plus tahan 26 jam untuk pemutaran video dan 100 jam audio. Lalu iPhone 15 kuat hingga 20 jam dipakai untuk pemutaran video dan 80 jam memutar audio.

Namun, berikut ini adalah kapasitas baterai pada iPhone 15, yang sesuai dengan pengajuan peraturan. Di mana kabarnya kapasitas baterai iPhone 15 naik sekitar 2,3 persen dari iPhone 14:

  • iPhone 15 Pro Max memiliki baterai 4.422mAh / 17.109Wh dibandingkan dengan iPhone 14 Pro Max yang berkapasitas 4.323mAh.
  • iPhone 15 Pro memiliki baterai 3.274mAh / 12,70Wh dibandingkan dengan iPhone 14 Pro yang berkapasitas 3.200mAh.
  • iPhone 15 Plus memiliki baterai 4.383mAh / 16,950Wh dibandingkan dengan iPhone 14 Plus yang hanya 4.325mAh.
  • iPhone 15 memiliki baterai 3.349mAh / 12.981Wh dibandingkan dengan iPhone 14 yang hanya 3.279mAh.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.