Sukses

Speedrunner SupaScared Pecahkan Rekor Starfield, Tamatkan Game RPG Antariksa dalam 50 Menit

Speedrunner SupaScared berhasil menamatkan game RPG antariksa Starfield hanya dalam waktu 50 menit dengan menggunakan beberapa teknik khusus

Liputan6.com, Jakarta - Starfield, game RPG antariksa terbaru buatan Bethesda sudah bisa dimainkan oleh gamer sejak 6 September 2023. Selain tersedia di PC Windows dan Xbox Series X|S, Starfield juga bisa dimainkan secara gratis melalui layanan Xbox Game Pass.

Selang sehari dirilis secara global, ternyata tidak semua gamer memilih untuk menikmati pemandangan dan petualangan di Starfield. Beberapa ada yang ingin menawatkan game milik Bethesda ini dengan waktu singkat atau speedrun.

Salah satu speedrunner tersebut adalah SupaScared, di mana dirinya berhasil menyelesaikan game baru milik Bethesda ini hanya dalam waktu kurang dari satu jam.

Dalam video yang diposting ke kanal YouTube-nya, terlihat bagaimana SupaScared menamatkan game Starfield di mode New Game Plus (NG+) hanya dalam waku 50 menit 56 detik, dikutip dari PC Gamer, Kamis (7/9/2023).

NG+ adalah mode di mana gamer bisa memulai game dari awal dengan level karakter sama seperti saat menamatkan game sebelumnya. Hal ini tentu saja memudahkan gamer untuk mengalahkan musuh-musuh yang ada di game.

SupaScared menggunakan beberapa teknik untuk mempercepat permainannya, seperti bunny hopping dengan menggunakan Starfield boost pack, melewati dialog-dialog tidak penting, dan menghindari pertempuran sebisa mungkin.

Tak hanya itu, dirinya juga mendapatkan senjata bagus dari Sarah (salah satu NPC di dalam game). Dengan senjata ini, SupaScared dapat menghabisi musuh dalam game Starfield waktu singkat.

Speedrun ini tentu saja sangat mengesankan, mengingat Starfield adalah game open world penuh dengan konten. Namun, SupaScared tidak puas dengan pencapaiannya ini. Dia berencana untuk menurunkan waktunya menjadi sekitar 30 menit di konsol Xbox Series X.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Game Starfield Cetak Rekor Jumlah Pemain Sebelum Resmi Rilis 6 September 2023

<p>Cek Spesifikasi Minimum dan Rekomendasi Game Starfield di PC Windows. (Doc: Bethesda)</p>

Meski baru dirilis hari ini, Rabu (6/9/2023), tapi ternyata game Starfield besutan Bethesda sudah menggaet sekitar 2 juta pemain sebelum resmi diluncurkan.

Berdasarkan laporan dari PlayTracker, angka tersebut berdasarkan pemain Starfield yang sudah menjajal gim RPG fiksi ilmiah itu selama masa early access atau akses awal.

Mereka yang sudah mendapatkan akses awal adalah para pembeli versi Premium, di mana pemain sudah dapat memainkannya lima hari sebelum dirilis secara resmi.

Mengutip Dot Esports, sampel data pengguna dari PlayTracker mencatat, game Starfield sudah mencapai 1 juta pemain di Steam, serta 1 juta pemain di Xbox sehari sebelum dirilis.

Selain itu, mengutip Gamerant, berkat capaian pemain selama early access, Starfield berhasil masuk ke 10 game yang paling dimainkan di platform Steam.

Data dari SteamDB menyebut, game dari pembuat Skyrim dan Fallout ini mencapai puncaknya di angka 248.632 pemain secara bersamaan.

Angka tersebut menempatkan Starfield sebagai game keenam yang paling banyak dimainkan di platform Valve ini, kurang dari 24 jam menjelang rilis resminya.

Judul-judul lain yang ada di atasnya adalah gratis untuk dimainkan, dengan satu-satunya pengecualian adalah Baldur's Gate 3 yang juga mencetak rekor di Steam.

Bedanya, Baldur's Gate 3 baru dirilis eksklusif untuk PC, tapi Starfield diluncurkan juga di konsol Xbox.

Sejauh ini, rekor terbesar yang pernah didapatkan oleh Bethesda adalah game Fallout 4, dengan puncaknya 472.962 pemain secara bersamaan dalam lima hari perilisannya, pada bulan November 2015.  

3 dari 4 halaman

Harga Starfield di PC

Starfield (Bethesda Softworks)

Starfield sendiri baru dirilis secara eksklusif untuk PC Windows dan Xbox Series X/S. Gim ini juga akan tersedia di layanan streaming Xbox Game Pass sejak hari pertama peluncurannya.

Untuk PC, kamu sudah dapat menemukan gim Starfield melalui platform Steam. Berikut ini harga game buatan Bethesda Softworks tersebut:

  • Starfield Edisi Standar - Rp 759.000
  • Starfield Digital Premium Edition - Rp 1.099.000

Adapun, untuk konten yang ada di Starfield Digital Premium Edition mencakup:

  • Base Game
  • Shattered Space Story Expansion (apabila sudah dirilis)
  • Hingga 5 hari early access (sebelum peluncuran resmi)
  • Constellation Skin Pack: Equinox Laser Rifle, Spacesuit, Helmet dan Boost Pack
  • Akses ke Starfield Digital Artbook dan Original Soundtrack 
4 dari 4 halaman

Spesifikasi Game Starfield di PC Windows

Game Starfield. (Twitter/StarfieldGame)

Buat gamer PC, ada baiknya terlebih dulu melihat apakah perangkat yang kamu miliki sudah memenuhi syarat memainkan Starfield berikut ini. Berikut spesifikasi perangkat yang dibutuhkan untuk memainkan game ini, seperti dikutip dari Steam:

Spesifikasi Minimal Starfield

  • OS: Windows 10 version 21H1 (10.0.19043)
  • CPU: AMD Ryzen 5 2600X, Intel Core i7-6800K
  • RAM: 16 GBGPU: AMD Radeon RX 5700, NVIDIA GeForce 1070 Ti
  • DirectX: Version 12
  • Penyimpanan: 125 GB *butuh SSD

Spesifikasi Direkomendasikan Starfield

  • OS: Windows 10/11CPU: AMD Ryzen 5 3600X, Intel i5-10600K
  • RAM: 16 GBGPU: AMD Radeon RX 6800 XT, NVIDIA GeForce RTX 2080
  • DirectX: Version 12
  • Penyimpanan: 125 GB *butuh SSD

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.