Sukses

Microsoft Tingkatkan Kinerja Notepad dan Snipping Tool di Windows 11

Windows 11 menguji coba penyimpanan otomatis Notepad dan perbaikan Snipping Tool.

Liputan6.com, Jakarta - Microsoft dikabarkan sedang menguji fitur-fitur baru untuk sistem operasi Windows 11, termasuk penyimpanan konten secara otomatis di Notepad dan Snipping Tool untuk mengambil tangkapan layar dengan lebih baik.

Dilaporkan dari The Verge, Senin (4/9/2023), Microsoft masih terus menyempurnakan gadget bawaan Windows 11, termasuk Notepad, clipping tools, dan sebagainya.

Microsoft sedang menguji penyimpanan konten teks Notepad secara otomatis yang akan membantu pengguna agar tidak perlu menyimpan file secara manual, dan perintah penyimpanan tidak akan muncul lagi saat pengguna menutup jendela.

Pengguna tetap dapat melanjutkan pengeditan dari konten asli saat membuka Notepad meskipun sebelumnya tidak menyimpan konten yang sedang dikerjakan.

Pembaruan yang dilakukan Microsoft ini berkenaan dengan banyaknya perangkat lunak pencatat yang telah memberikan layanan penyimpanan otomatis, dan Notepad siap mengimbanginya. Windows 11 akan dapat menyimpan konten teks Notepad secara otomatis di masa mendatang.

Pembaruan lainnya yang tengah diuji coba oleh Microsoft adalah Snipping Tool. Dalam pembaruan ini Snipping Tool dapat menangkap konten layar juga mendapatkan antarmuka perekaman yang lebih baik.

Selain itu, pengguna juga diberi kebebasan untuk memilih sumber audio dari layar yang direkam. Fitur-fitur baru ini saat ini sedang diluncurkan di saluran Canary dan Dev pada program penguji Windows, Windows Insider.

Perlu diketahui, Windows Insider adalah tempat berkumpulnya para anggota yang turut berkontribusi dalam uji coba pembaruan dan rencana perilisan fitur baru Windows. Kamu juga dapat bergabung dalam Windows Insider jika ingin.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Apa Itu Windows Insider?

Meskipun pembaruan Windows 11 2022 telah dirilis, Microsoft masih terus berupaya meningkatkan versi terbarunya. Perusahaan ini sering meluncurkan versi pratinjau publik kepada anggota Program Windows Insider, yang memungkinkan mereka menguji dan mengomentari pembaruan fitur.

Dilansir Computerworld, terdapat empat saluran dalam Windows Insider.

1. Saluran Canary

Ini merupakan tempat perubahan platform dipratinjau.

2. Saluran Dev 

Saluran ini menjadi tempat fitur-fitur baru diperkenalkan untuk pengujian awal. Saluran ini adalah yang terbaik bagi pengguna teknis dan pengembang dan build di dalamnya mungkin tidak stabil dan bermasalah.

3. Saluran Beta

Pada saluran ini, pengguna akan melihat lebih banyak fitur canggih yang akan dirilis berikutnya. Microsoft mengatakan masukan pengguna di saluran ini akan memiliki dampak paling besar.

4. Saluran Pratinjau Rilis

Saluran ini adalah tempat uji coba akhir sebelum akhirnya pembaruan fitur dirilis.

3 dari 4 halaman

Pembaruan Notepad dan Snipping Tool Diuji Coba di Windows Insider

Mengutip blog.windows.com, Windows menguji coba pembaruan Notepad dan Snipping Tool di Windows Insider. Pembaruan pada Snipping Tool ini dilakukan untuk memudahkan peralihan antara pengambilan tangkapan layar dan perekaman layar tanpa harus membuka aplikasi.

Dengan adanya pembaruan ini, kamu hanya perlu menekan tombol Print Screen/PrtSc atau Win + Shift + S pada keeyboard untuk membuka bilah capture untuk pemotongan. Atau kamu juga bisa coba pintasan keyboard Win + Shift + R untuk merekam layar.

Microsoft juga meningkatkan pengalaman perekaman layar berdasarkan masukan dari pengguna, dengan memperkenalkan dukungan untuk merekam audio PC dan voice over secara opsional menggunakan mikrofon. 

Pengaturan aplikasi baru memungkinkan pengguna dapat mengonfigurasi pengaturan perekaman audio default untuk rekaman layar baru dan memilih alat perekam sesuai keinginan.

Dilansir sumber yang sama, Notepad mengalami pembaruan, yakni secara otomatis menyimpan pekerjaan kamu. Notepad akan secara otomatis memulihkan tab yang dibuka sebelumnya serta konten dan pengeditan yang belum disimpan di seluruh tab yang terbuka tersebut.

Pengguna juga dapat mematikan fitur ini di pengaturan aplikasi jika ingin memulai dari awal setiap kali membuka Notepad.

4 dari 4 halaman

Bergabung ke Windows Insider Untuk Menguji Coba Pembaruan Windows

Kamu tertarik untuk berkontribusi dalam uji coba pembaruan Windows? Ini dia cara bergabung dengan Windows Insider. Dilansir learn.microsoft.com, Jumat (1/9/2023), hal pertama yang harus kamu lakukan untuk dapat melakukan uji coba dalam Program Windowws Insider adalah mendaftar.

Kamu dapat mendaftar di situs web resmi dengan akun Microsoft. Pastikan akun kamu adalah akun yang sama yang kamu gunakan untuk layanan Microsoft lainnya. Selanjutnya, terima persyaratan Perjanjian Program dan Pernyataan Privasi dan kirimkan.

Setelah itu, instal Windows Insider Preview Builds di perangkat kamu. Untuk proses instalasi, buka Settings > Update & Security > Windows Insider Program di perangkat Windows 10. Kemudian klik tombol Get Started dan pilih + untuk menghubungkan akun Microsoft yang kamu daftarkan dan melanjutkan.

Ikuti petunjuk di layar untuk memilih pengalaman dan saluran yang kamu inginkan, tinjau Pernyataan Privasi dan ketentuan program, konfirmasi, dan pilih Restart Now atau Restart Later untuk menyelesaikan penyiapan perangkat.

Setelah perangkat dimulai ulang, pastikan setelan data disetel ke tingkat yang tepat. Setelah kamu memeriksa pengaturan data, buka Settings > Update & Security > Windows Update dan klik tombol Check for updates untuk mengunduh versi Pratinjau Insider terbaru berdasarkan pengaturan yang kamu pilih. 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.