Sukses

Bikin Heboh Internet, Ini 5 Monster Selain Loch Ness yang Bikin Geger

Simak artikel berikut ini untuk mengetahui daftar monster selain monster Loch Ness yang sempat bikin geger jagat internet.

Liputan6.com, Jakarta - Sosok monster Loch Ness kembali menarik perhatian. Alasannya, baru-baru ini, digelar perburuan monster tersebut secara besar-besaran.

Digelar di Skotlandia, pihak penyelenggara menyebut acara ini merupakan perburuan monster Loch Ness terbesar yang diselenggarakan selama 50 tahun. Para peserta yang berpartisipasi membawa beragam teknologi untuk mendukung perburuan.

Beberapa di antara mereka membawa sonar untuk memetakan dasar danau, drone pencitraan termal untuk memindai permukaan, serta hidrofon untuk mendengar suara aneh dari kedalaman.

Perlu diketahui, Loch Ness merupakan salah satu monster mitos yang menjadi perbincangan sejak lama. Namun tahukah kamu, ada pula beberapa monster mitos lain yang diperdebatkan keberadaannya.

Nah, apa saja monster selain Loch Ness yang masih menjadi pertanyaan banyak orang? Simak beberapa di antaranya:

  • Yeti

Yeti dikenal sebagai sosok manusia salju yang keji. Sosok ini disebut-sebut kerap terlihat di wilayah Himalaya, Siberia, hingga Asia Tengah dan Timur.

Meski belum pernah memiliki bukti nyata, sejumlah orang mengaku pernah melihat sosok Yeti. Berdasarkan laporan itu, sosok Yeti digambarkan memiliki tubuh seperti kera dengan tinggi yang melebihi rata-rata manusia normal.

Salah satu laporan yang sempat menarik perhatian adalah ketika ekspedisi tentara India menemukan jejak langkah laki yang diduga kuat sebagai Yeti. Di masa lalu, sejumlah laporan juga pernah mengaku menemukan jejak langkah dan rambut yang disebut sebagai milik Yeti.

  • Bigfoot

Bigfoot atau yang dikenal juga sebagai Sasquatch merupakan sosok monster yang dilaporkan muncul di wilayah Amerika Utara, seperti Amerika Serikat dan Kanada. Sosok ini disebut sebagai versi lain dari Yeti.

Sosok bigfoot diketahui pertama kali ditemukan pada 1811. Sama seperti Yeti, beberapa bukti temuan Bigfoot kebanyakan berupa jejak kaki atau rambut.

Namun yang menarik, sosok diduga Bigfoot sempat beberapa kali tertangkap kamera. Dari deskripsi yang beredar, Bigfoot merupakan primata yang memiliki tinggi dari 2 hingga 4,5 meter.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Selain Loch Ness, Ini Monster Lain yang Bikin Heboh

  • Chupacabra

Chupacabra merupakan makhluk yang popular di wilayah Amerika Latin. Makhluk ini digambarkan seperti anjing tapi tidak memiliki rambut.

Chupacabra disebut sebagai makhluk yang suka menyerang hewan ternak manusia, seperti kambing atau domba. Tanda serangan chupacabra biasanya dilihat dari kondisi korban.

Berbeda dari hewan yang memangsa korbannya, chupacabra biasanya hanya mengisap darah korban. Karenanya, tubuh korban ditinggalkan dalam kondisi darah yang sudah habis.

  • Titanoboa

Titanoboa merupakan ular raksasa yang disebut sempat mendiami hutan di Amerika Selatan. Ukuran ular ini disebut mencapai 13 meter, atau dua kali lipat dari ukuran ular anakonda atau python saat ini.

Ular ini diduga kuat pernah hidup di sekitar 50 hingga 60 juta tahun lalu. Namun, masih ada beberapa orang yang percaya kalau ular ini masih hidup di wilayah hutan Amazon.

  • Mermaid

Mermaid merupakan makhluk laut yang dikenal malu dan sangat waspada terhadap manusia. Sosok mermaid sudah dikenal sejak ribuan lalu.

Meski masih sebatas legenda, sosok mermaid selalu digambarkan sebagai makhluk setengah manusia, setengah ikan. Makhluk ini dikenal di banyak budaya, mulai dari Eropa hingga Asia dengan nama yang berbeda.

Bukti mermaid memang tidak banyak diketahui. Namun di era modern, ada beberapa video dan kisah dari orang-orang yang mengaku pernah bertemu dengan mermaid.

Salah satunya adalah kisah 10 penyelam di Hawaii pada 1998. Mereka mengaku melihat sosok wanita yang berenang bersama dengan lumba-lumba, tapi tidak menggunakan pakaian dan memiliki badan ikan.

3 dari 3 halaman

Foto Pertama Monster Loch Ness Dijepret Tahun 1933, Sempat Bikin Dunia Gempar

Kabar tentang penampakan monster di danau Loch Ness di Skotlandia terus menarik perhatian. Banyak yang penasaran tentang kebenaran hadirnya Nessie --sebutan untuk monster Loch Ness.

Foto-foto kemunculan monster Loch Ness ini pun ramai di internet. Entah foto-foto tersebut asli atau mungkin editan, yang pasti orang makin penasaran dan percaya keberaan monster Loch Ness benar adanya.

Lantas, kapan pertama kali monster ini muncul dan terfoto kamera?

Mengutip The Washington Post, Selasa (29/8/2023), foto pertama penampakan monster Loch Ness pertama kali dijepret oleh Hugh Gray pada 12 November 1933.

Foto tersebut dijepretnya saat dirinya tengah berjalan-jalan sepulang dari gereja di sekitar danau Loch Ness, dekat Inverness, Skotlandia, di mana aliran sungai Ness ke ujung utara.

Seperti yang dia katakan ke Scottish Daily Record, ia melihat sebuah benda berukuran besar muncul dari air, dua atau tiga kaki dari tempatnya berdiri.

Gray pun mengeluarkan kamera kotak Kodak besar-nya dan mengambil beberapa foto yang tampak seperti ekor binatang, di tengah air yang beriak, sebelum akhirnya benda tersebut menghilang dari pandangan.

Gray lalu mengirimkan cerita tentang pengalamannya melihat 'makhluk danau' itu ke surat kabar dan memberikan satu-satunya foto makhluk tersebut.

Ia meyakini telah menjepret makhluk misterius tersebut untuk pertama kalinya. Dia juga meyakini, makhluk yang terlihat sekilas itu telah berabad-abad ada di danau Loch Ness.

Cerita Gray memotret monster danau itu pun menambah deretan panjang laporan tentang makhluk misterius di danau Loch Ness, yang akrab disebut "Nessie". Foto jepretan Gray juga membantu memicu ketertarikan orang-orang di seluruh dunia.'

(Dam)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini