Sukses

Jadwal Lengkap IESF 2023: Cek Kapan Timnas Indonesia Mobile Legends, Dota 2, serta Game Lainnya Bertanding

Simak jadwal lengkap timnas esports Indonesia di IESF World Esports Championship 2023, turnamen esports antarnegara terbesar dan tertua di dunia.

Liputan6.com, Jakarta - Timnas esports Indonesia akan berlaga di ajang IESF World Esports Championship 2023 di Iasi, Rumania pada 26 Agustus hingga 3 September 2023.

Jadi turnamen esports antarnegara terbesar dan tertua di dunia, IESF World Esports Championship telah diselenggarakan sejak tahun 2009.

Pada tahun ini, timnas esports Indonesia akan berpatisipasi di lima cabang game dipertandingkan dalam turnamen ini, yaitu Mobile Legends: Bang Bang (MLBB), Dota 2, eFootball, CS:GO, dan Tekken 7.

Berhasil menjadi juara umum pada IESF World Championship 2022 di Bali, Indonesia merupakan salah satu negara peserta paling diunggulkan.

Meski begitu, timnas esports Tanah Air tidak boleh jumawa dan menganggap remeh timnas negara lain. Diikuti oleh 104 peserta, kapan Garuda Muda akan bertanding?

Berikut adalah jadwal lengkap pertandingan timnas Indonesia di IESF World Esports Championship 2023:

Mobile Legends: Bang Bang

Timnas MLBB Indonesia diwakili oleh Bigetron Alpha sebagai pemenang seleksi nasional IESF WEC 2023. Tim ini terdiri dari Saken, Kyy, Xorizo, Moreno, Vynn, dan Kenn.

Sementara itu, Razeboy dan Falah bertindak sebagai coach dan assistant coach timnas esports Indonesia MLBB.

Mereka akan berhadapan dengan 15 tim lainnya dari berbagai benua, termasuk Filipina. Indonesia sendiri tergabung di Grup B, bersama dengan Kazakhstan, Turkiye, dan Amerika Serikat.

Jadwal Timnas Esports Indonesia MLBB

29 Agustus 2023

  • Amerika Serikat vs Indonesia - 14.00 WIB

30 Agustus 2023

  • Indonesia vs Turkiye - 14.00 WIB
  • Indonesia vs Kazakhstan - 20.00 WIB

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Dota 2

Dota 2. (Doc: EsportsOnly)

Timnas Dota 2 Indonesia terdiri dari You_K, Flappyy, Pota2, Hyde, Dreamocel, dan Womy.

Mereka akan berhadapan dengan 15 tim lainnya dari berbagai benua, termasuk Rumania selaku tuan rumah turnamen.

Timnas Dota 2 Indonesia tergabung dalam grup C bersama Argentina, Bulgaria, dan Mesir.

Jadwal Timnas Dota 2 Indonesia

26 Agustus 2023

  • Indonesia vs Bulgaria - 14.00 WIB
  • Indonesia vs Argentina - 18.30 WIB

27 Agustus 2023

  • Mesir vs Indonesia - 17.00 WIB

CS:GO

Timnas CS:GO Indonesia terdiri dari Neorah, Sandman777, Waste, Klipp, dan Marsyaftw. Bali dan Roseau bertindak sebagai coach dan assistant coach.

Timnas Indonesia tergabung dalam grup D bersama Amerika Serikat, Republik Ceko, Serbia, Algeria, dan Macedonia Utara.

Jadwal pertandingan timnas CS:GO Indonesia:

26 Agustus 2023

  • Serbia vs Indonesia - 17.00 WIB
  • Indonesia vs Macedonia Utara - 18.30 WIB
  • Indonesia vs Algeria - 18.30 WIB

27 Agustus 2023

  • Amerika Serikat vs Indonesia - 17.00 WIB
  • Indonesia vs Republik Ceko - 20.00 WIB

Sayangnya, untuk jadwal pertandingan Tekken 7 dan eFootball masih belum diumumkan oleh pihak penyelenggara IESF World Championship 2023 dan belum terpampang di Instagram PB ESI.

Kami akan meng-update daftar kedua game setelah PB ESI mengumumkan kapan kedua game akan dipertandingkan.

3 dari 4 halaman

Timnas Indonesia Incar 3 Medali Emas di IESF World Esports Championships 2023

<p>Timnas Indonesia Incar 3 Medali Emas di IESF World Esports Championships 2023. (Doc: PB ESI)</p>

Tim nasional (Timnas) esports Indonesia dijadwalkan berangkat ke Iasi, Rumania untuk mengikuti turnamen IESF 15th World Esp Championships 2023.

Rencananya, kejuaraan dunia IESF World Championships 2023 ini akan berlangsung mulai dari 26 Agustus hingga 3 September 2023.

Disebutkan, tim esports yang bertanding dalam turnamen dunia ini memperebutkan total uang hadiah sebesar USD 100.000 atau sekitar Rp 1,5 miliar.

Pada turnamen IESF World Esports Championships tahun ini, tim Indonesia memberangkatkan lima tim untuk bertanding di kategori Mobile Legends, CS: GO, eFootball, Tekken 7, dan Dota 2.

Tampil sebagai juara umum di IESF 2022, Pengurus Besar Esports Indonesia (PB ESI) menargetkan timnas esports Indonesia meraih tiga medali emas.

Hal ini diungkap oleh Ketua Harian PB ESI, Komisaris Jenderal Polisi Drs. Bambang Sunarwibowo, S.H., M.Hum., dalam acara pelepasan timnas esports Indonesia ke Rumania.

"Dari lima nomor kita ikuti tahun ini, minimal 3 medali emas," katanya. "Saya juga berharap atlet dan tim pendukung untuk tidak lengah, jaga kesehatan dan fokus selama bertanding di sana."

4 dari 4 halaman

Indonesia Juara Umum IESF 2022

<p>Timnas Dota 2 Indonesia juarai IESF WEC 2022 usai pecundangi Filipina. (Doc: PB ESI)</p>

Dalam gelaran IESF World Esports Championship 2022 yang digelar di Bali beberapa waktu lalu, Indonesia berhasil meraih gelar juara umum.

Indonesia meraih tiga emas dari nomor gim Dota 2, eFootball, dan Mobile Legends: Bang Bang (MLBB). Selain itu, disumbangkan juga satu medali perunggu dari Timnas Counter Strike: Global Offensive (CS:GO).

Gelaran Indonesia Esports Summit 2022 merupakan event yang diinisiasi langsung oleh Pengurus Besar Esports Indonesia (PB ESI). Seluruh dunia juga diklaim mengakui event tersebut sangat sukses diselenggarakan.

Ketua Harian PB Esport Indonesia, Komjen Pol Bambang Sunarwibowo dalam sambutannya saat penutupan, menyatakan apresiasinya terhadap IES maupun IESF Bali 14Th WEC.

"Standar baru menjadi 'showcase' wajah esports dunia sesungguhnya telah terselenggara dengan aman, lancar dan sukses, serta telah menjadi sarana pengembangan dan pemberdayaan bagi seluruh sektor," ujarnya.  

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.