Sukses

Tertarik Pakai Chatbot Bard AI Besutan Google? Ini 3 Tips Efektif untuk Memanfaatkannya

Pelajari tiga tips efektif dalam menggunakan Bard AI dari Google, mulai dari analisis gambar hingga bantuan dalam pemrograman dan liburan.

Liputan6.com, Jakarta - Google telah meluncurkan chatbot AI besutannya sendiri yakni Bard. Meski platform ini masih dalam tahap uji coba, Google sudah membuka aksesnya untuk masyarakat umum. 

Sama seperti platform chatbot AI lainnya seperti Microsoft Bing dan ChatGPT OpenAI, pengguna bisa menuliskan pertanyaan atau perintah mereka, untuk kemudian direspon atau dijawab oleh Bard.

Yang menarik, chatbot AI ini juga sudah bisa dicoba oleh pengguna di Indonesia, meski belum mendukung pemakaian dalam Bahasa Indonesia. Baru-baru ini, Google pun telah membagikan beberapa tips bagi mereka yang ingin memanfaatkan Bard dengan lebih efektif. 

Nah, apa saja hal yang bisa kamu manfaatkan dengan pemakaian Google Bard? Simak informasinya berikut ini seperti dikutip dari Mashable, Rabu (23/8/2023). 

Berikut ini 3 tips berguna bagi Anda untuk memaksimalkan chatbot AI ini:

  • Analisis dan Buat Gambar

Google menyebut pengguna bisa mengunggah dan memanfaatkan Bard untuk menganalisis gambar, termasuk memberikan informasi lebih lanjut mengenai gambar tersebut.

Sebagai contoh, kamu dapat meminta Bard membuat konten yang terinspirasi dari gambar tersebut atau mengurai gambar catatan tulisan tangan menjadi ringkasan melalui email.

  • Coding

Selain itu, Bard bisa sangat bermanfaat bagi para developer software. Sebab, Google telah menyiapkan halaman khusus yang mengulas kemampuan Bard dalam coding.

Bard juga dapat membantu dalam menjelaskan potongan kode, terutama jika kamu sedang belajar pemrograman untuk pertama kalinya atau memerlukan bantuan dalam memahami hasil dari suatu blok kode.

  • Rencanakan Liburan dengan Lebih Mudah

Bard juga dapat membantu Anda merencanakan perjalanan liburan berdasarkan minat Anda. Semakin detail informasi yang Anda berikan, semakin baik pula rencana perjalanan yang dapat Bard buat untuk Anda.

Sekadar informasi, tahun ini ditandai dengan berkembangnya teknologi chatbot AI, termasuk Bard dari Google, ChatGPT dari OpenAI, dan chatbot dari Microsoft Bing. Karenanya, perlu diingat bagi kamu yang menggunakannya untuk tetap waspada dalam membagikan informasi. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pakar Ungkap Kecerdasan Buatan AI Permudah Aksi Kejahatan Siber

Seperti diketahui, kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI) merupakan teknologi mempermudah hidup manusia apabila dimanfaatkan dengan baik. Sayangnya, AI teryata juga dapat mempermudah aksi kejahatan siber melalui chatbot tiruan ChatGPT.

Chatbot tiruan dengan fitur kriminal ini muncul di dark web dan dapat diakses dengan biaya bulanan dirasa masuk akal, termasuk pembayaran satu kali selayaknya ChatGPT.

Dikutip dari New York Post, Rabu (15/08/2023), perusahaan keamanan siber SlashNext menemukan berbagai chatbot dark web, termasuk DarkBERT, WormGPT, dan FraudGPT.

Chatbot itu disebut mampu membuat penipuan phishing dan pesan palsu melalui gambar sangat meyakinkan.

Dengan demikian, penjahat siber akan memanfaatkan chatbot mereka untuk membuat akun samaran hingga meminta bank memberikan informasi penting nasabahnya kepada mereka. 

Jenis penipuan ini bukan hal baru dalam dunia maya, tapi Lisa Palmer, seorang ahli strategi AI untuk perusahaan konsultan AI Leaders, memperingatkan penipuan ini sekarang lebih mudah dilakukan karena kecerdasan buatan.

"Ini adalah jenis kejahatan yang dapat disesuaikan dengan sejumlah besar target sekaligus. Para penipu dapat merancang kampanye massal dengan tingkat personalisasi yang tinggi, alih-alih membuatnya satu per satu," katanya. 

Menurut pakar keamanan siber, kemampuan meniru identitas merupakan masalah yang sedang jamak tersebut. Terlebih, dengan gambar dan suara palsu, jenis penipuan ini tidak hanya rentan bagi orang tua, tapi juga instansi besar. 

Menurut Palmer, penjahat dapat mengumpulkan data terkait bisnis tertentu yang memungkinkan mereka melakukan ancaman yang disertai dengan permintaan tebusan hingga perusakaan reputasi. 

Meskipun demikian, Palmer akui tak akan mudah untuk menuntut pihak chatbot AI ilegal ini ke lembaga hukum.

Selain itu, chatbot AI ilegal ini juga bisa memudahkan seseorang tanpa keterampilan teknologi tinggi melakukan tindakan ilegal dalam dunia siber. Berbeda dari chatbot resmi seperti ChatGPT yang bisa membatasi perintah ilegal dari penggunanya. 

3 dari 4 halaman

Pakar Uji AI ChatGPT untuk Deteksi Kejahatan Siber Phishing, Begini Hasilnya

Sebelumnya, chatbot AI ChatGPT dilaporkan telah mendemonstrasikan kemampuannya dalam membuat email phishing bahkan menulis malware. Meski begitu, apakah mereka bisa dipakai untuk mendeteksi kejahatan tersebut?

Pakar Kaspersky baru-baru ini melakukan eksperimen untuk melihat seberapa jauh kemampuan ChatGPT dalam mendeteksi tautan phishing, serta pengetahuan keamanan siber yang dipelajarinya selama pelatihan.

Para pakar ini menguji GPT-3.5 Turbo, model yang mendukung ChatGPT, pada lebih dari 2.000 tautan yang dianggap sebagai phishing oleh teknologi anti-phishing Kaspersky, dan menggabungkannya dengan ribuan URL aman.

Dalam siaran pers, dikutip Selasa (2/5/2023), Kaspersky menyatakan bahwa tingkat deteksi bervariasi, tergantung pada perintah yang digunakan.

Eksperimen ini pun menggunakan dua pertanyaan yang diajukan ke chatbot AI buatan OpenAI tersebut yaitu: "Apakah tautan ini mengarah ke situs web phishing?" dan "Apakah tautan ini aman untuk dikunjungi?"

Hasilnya, ChatGPT mendapatkan tingkat deteksi 87,2 persen dan tingkat positif palsu 23,2 persen untuk pertanyaan "Apakah tautan ini mengarah ke situs web phishing?"

Sementara di pertanyaan "Apakah tautan ini aman untuk dikunjungi?", chatbot itu mendapatkan tingkat deteksi di 93,8 persen. Namun, tingkat positif palsunya juga lebih tinggi yaitu di angka 64,3 persen.

"Sementara tingkat deteksi sangat tinggi, tingkat positif palsu terlalu tinggi untuk segala jenis aplikasi produksi," kata Kaspersky.

4 dari 4 halaman

Teknologi AI di ChatGPT Bikin Aktivitas Hacker Lebih Hemat Biaya

Meskipun tingkat keamanan tinggi, pengguna masih mungkin menyalahgunakan ChatGPT.

Sejauh ini OpenAI memang memberlakukan sejumlah batasan, sehingga peretas harus mengatasi lebih banyak kendala untuk mengakses ChatGPT karena perang di Ukraina. Namun, batasan-batasan ini tidak membuat hacker berhenti mencoba memanfaatkannya untuk tujuan jahat.

"Mem-bypass OpenAI yang membatasi akses ke ChatGPT untuk negara tertentu adalah hal yang mudah. Saat ini kami melihat peretas di Rusia mencoba melewati geofencing ChatGPT untuk tujuan jahat," kata para ahli keamanan siber.

Mereka juga meyakini, para peretas mencoba menggunaan ChatGPT untuk tujuan jahat. Apalagi, penjahat siber menyukai ChatGPT karena teknologi AI di belakangnya bisa membuat pekerjaan peretas lebih hemat biaya.

Saat ini, banyak hacker yang mencoba mendapatkan keuntungan dari popularitas tools yang kian meningkat ini. Misalnya, ada aplikasi di App Store yang berpura-pura menjadi chatbot.

Biaya langganan aplikasi ini sekitar USD 10 per bulan. Aplikasi serupa juga ditemukan di Google Play Store dengan biaya USD 15 per penggunaan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini