Sukses

Pengguna iPhone Bisa Jajal Pengalaman Pakai Samsung Galaxy Z Fold 5 Lewat Aplikasi Try Galaxy

Ingin tahu seperti apa rasanya memiliki smartphone lipat? Samsung memperkenalkan situs web "Try Galaxy" yang memungkinkan pengguna iPhone merasakan pengalaman menggunakan Galaxy Z Fold 5.

Liputan6.com, Jakarta - Samsung baru saja mengumumkan pembaruan untuk aplikasi bernama "Try Galaxy". Aplikasi ini dirancang khusus bagi pengguna perangkat non-Android seperti Phone agar bisa merasakan bagamaina rasanya memiliki smartphone layar lipat.

Lewat aplikasi Try Galaxy ini, pengunjung akan diperlihatkan kegunaan dari layar besar yang dimiliki Samsung Galaxy Z Fold 5. Seperti diketahui, Samsung Galaxy Fold terbaru memiliki Layar Lipat 6,2 inci dan ketika dibuka seperti buku akan menjadi layar 7,6 inci.

Mengutip situs resminya, Selasa (22/8/2023), untuk bisa memakai aplikasi ini, diperlukan dua iPhone. Lalu, kedua iPhone tersebut harus memiliki aplikasi Try Galaxy yang sudah ditambahkan ke layar utama. 

Untuk mengunduh aplikasi ini, pengguna tinggal mengunjungi situs Try Galaxy dan memindai kode QR yang tersedia. Ketika mulai memakai aplikasi ini, satu iPhone akan memunculkan kode tertentu yang perlu dimasukkan ke iPhone lainnya. 

Hal ini dilakukan untuk memulai sinkronisasi antar kedua perangkat. Dari situ, tampilan satu layar akan dibagi ke dua iPhone tersebut sehingga bisa menggambarkan pengalaman memakai layar besar seperti di Galaxy Fold 5.

Kendati demikian, fitur yang dihadirkan masih terbatas pada simulasi tampilan layar Galaxy Z Fold 5. Beberapa di antaranya adalah game Air Hockey, panduan multitasking, atau melihat video yang dibagi di antara dua layar. 

Fitur mencoba Galaxy Fold ini adalah yang merupakan versi terbaru pada web Samsung. Sesuai namanya, aplikasi ini memang ditujukan sebagai strategi pemasaran dari Samsung untuk pengguna non-Android seperti iPhone. 

Sebagai informasi, di pertengahan tahun ini, Samsung telah meluncurkan generasi kelima dari perangkat lipatnya. Ada dua model yang diperkenalkan perusahaan asal Korea Selatan tersebut, yakni Galaxy Z Fold 5 dan Galaxy Z Flip 5. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pre-order Samsung Galaxy Z Flip 5 dan Galaxy Z Fold 5 Melejit, Ini Warna Paling Laris

Setelah meluncurkan Galaxy Z Flip 5 dan Galaxy Z Fold 5 melalui Galaxy Unpacked 2023 di Seoul pada 26 Juli lalu, Samsung langsung menggelar preorder kedua ponsel layar lipat ini.

Pre-order dilakukan mulai 26 Juli dan akan berakhir 17 Agustus 2023. Saat ini, menyisakan tiga hari masa pre-order, Samsung Electronics Indonesia menyebut preorder mereka naik ketimbang generasi sebelumnya perangkat ini.

Dikatakan oleh Head of MX Product Marketing Samsung Electronics Indonesia Sevia Gofar, pihaknya melihat antusiasme konsumen atas kedua foldable phones ini.

“Antusiasme masyarakat Indonesia untuk preorder foldable phone kami 1,5 kali dibandingkan versi foldable phone kami sebelumnya,” kata Selvia, saat meluncurkan Galaxy Z Flip 5 dan Galaxy Z Fold 5 di Jakarta, Selasa (15/8/2023).

Selvia tidak menyebut angka penjualan kedua ponsel tetapi menurutnya, hingga minggu ketiga sejak PO dibuka, ada peningkatan angka pre-order.

Ia juga memaparkan masing-masing versi Galaxy Z Flip5 dan Galaxy Z Fold5 yang paling laris.

Untuk Galaxy Z Flip5, versi warna Mint adalah yang paling favorit. Sementara untuk Galaxy Z Fold5, Phantom Black jadi yang terfavorit di kalangan pembeli.

Sekadar informasi, Galaxy Z Flip 5 dirilis dalam varian warna reguler yaitu mint, graphite, lavender, dan cream, serta warna blue, grey, dan yellow yang akan jadi varian warna eksklusif untuk dijual secara online.

Sementara, Galaxy Z Fold 5 hadir dengan varian warna Icy Blue, Phantom Black dan Cream, serta eksklusif online di Samsung.com warna Gray dan Blue.

Adapun harga perangkat ini adalah:

Adapun Galaxy Z Flip 5 hadir dalam dua opsi memori:

  • Galaxy Z Flip 5 8/512GB: Rp 17.999.000
  • Galaxy Z Flip 5 8/256GB: Rp 15.999.000

Sementara, Galaxy Z Fold 5 datang dengan tiga opsi memori yang dibanderol:

  • Galaxy Z Fold 5 12/1TB: Rp 29.999.000
  • Galaxy Z Fold 5 12/512GB: Rp 26.999.000
  • Galaxy Z Fold 5 12/256GB: Rp 24.999.000
3 dari 4 halaman

Samsung Beberkan Alasan Desain Galaxy Z Fold 5 Tak Banyak Berubah

Samsung merilis smartphone layar lipatnya, Galaxy Z Flip 5 dan Galaxy Z Fold 5 di Indonesia. Sebelumnya perusahaan asal Korea Selatan ini telah menggelar Galaxy Unpacked di Seoul untuk memperkenalkan deretan ekosistem Samsung Galaxy terbarunya.

Pembelian langsung ke toko bakal dilakukan pada 18 Agustus 2023, atau sehari setelah masa preorder selesai di tanggal 17 Agustus 2023.

Pada perangkat layar lipat kali ini, Samsung membawa peningkatan dari segi desain yang diperbarui. Perubahan desain yang cukup revolusioner bisa dilihat jelas pada smartphone layar lipat Galaxy Z Flip 5.

Perubahan dari sisi desain begitu kentara pada ponsel layar lipat ini, pasalnya, layar depan alias cover screen Galaxy Z Flip 5 dibuat 3,78 kali lebih besar dibandingkan pendahulunya, Galaxy Z Flip 4.

Kini, cover screen atau yang oleh Samsung disebut sebagai Flex Window ini memiliki ukuran 3,4 inci dari sebelumnya hanya 1 inci lebih. Imbasnya, dengan layar depan lebih besar, pengguna bisa membalas pesan WhatsApp atau menonton Netflix tanpa harus membuka ponsel lipat.

Galaxy Z Flip 5 juga tidak lagi ada rongga saat dilipat. Kini, perangkat tersebut bisa terlipat sempurna sehingga menjadikannya lebih presisi saat dilipat.

Galaxy Z Fold 5 yang dirilis Samsung juga menawarkan teknologi engsel serupa yang membuat perangkat ini bisa terlipat sempurna tanpa adanya rongga atau celah, seperti pada model-model sebenarnya.

Sayangnya secara kasat mata, perubahan desain HP Galaxy Z Fold 5 tidak begitu revolusioner dibandingkan para pendahulunya. Apa kata Samsung soal hal ini? 

4 dari 4 halaman

Peningkatan di Masing-Masing Generasi Fold dan Flip

Diungkapkan oleh MX Product Marketing Senior Manager Samsung Mobile, Samsung Electronics Indonesia, Verry Octavianus, dalam menghadirkan produk-produknya, Samsung selalu berupaya memenuhi kebutuhan konsumen.

"Semuanya dikembalikan ke konsumen. Saat Galaxy Z Flip ke Galaxy Z Flip 3, itu Samsung memberikan seluruh hal yang dibutuhkan pengguna. Sementara untuk Fold 1 hingga Fold 5, konsumen happy dengan desain, namun kami tetap mendengarkan seluruh masukan konsumen," kata Verry ditemui saat peluncuran Galaxy Z Flip 5 dan Galaxy Z Fold 5 di Jakarta, Selasa (14/8/2023).

Salah satu masukan yang diberikan konsumen mengenai Galaxy Z Fold series, kata Verry, adalah tentang bobotnya.

"Konsumen happy dengan desain, lalu ada masukan perangkat terlalu berat. Kami pun memangkas hampir 40 gram bobot perangkat ini dan jadilah saat ini Galaxy Z Fold 3 memiliki bobot 253 gram," kata Verry. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.