Sukses

Deretan Aplikasi Gratis untuk Berkomunikasi dengan Lancar saat Traveling di Luar Negeri

Para traveler, merapat! ingin tetap lancar berkomunikasi dengan keluarga, ikuti tips-tips berikut ini.

Liputan6.com, Jakarta - Para traveler, merapat! Atau kalian yang ingin jalan-jalan tapi takut tidak bisa berkomunikasi dengan orang-orang yang kamu tinggalkan di rumah, ini dia tips yang suatu saat akan kalian butuhkan.

Untuk mengakses pesan secara gratis saat kalian traveling ke luar negeri, kalian bisa menyambungkan perangkat kalian ke Wi-Fi atau gunakan kartu SIM lokal.

Dengan cara ini, kalian sudah dapat saling berkirim pesan atau berkirim kabar dengan melakukan panggilan telepon tanpa dikenakan biaya tambahan dari operator seluler kalian.

Tidak hanya itu, kami rekomendasikan beberapa aplikasi media sosial yang dapat kalian gunakan selama melakukan perjalanan luar negeri.

Beberapa di antaranya tentu saja sudah tidak asing lagi bagi kalian sebagai pengguna media sosial yang aktif.

1. Gunakan Facebook Messenger

Facebook Messenger merupakan aplikasi media sosial yang sangat mendukung untuk berkirim pesan secara instan. Tidak hanya pesan teks, kalian juga dapat mengirimkan foto, video, ataupun rekaman audio melalui aplikasi ini.

Namun, untuk penggunaannya, kalian perlu menghubungkan perangkat kalian dengan Wi-Fi jika tidak ingin membayar data atau kuota internet yang cukup mahal.

Karena perlu terhubung dengan jaringan internet, tentu saja kelancaran koneksi internet juga menjadi penentu kelancaran komunikasi kalian.

2. Bagi Pengguna iPhone Bisa Memanfaatkan iMessage

Sama seperti facebook Messenger, aplikasi iMessage juga dapat kalian gunakan untuk berkomunikasi saat berkunjung ke luar negeri.

Dan untuk bisa aktif dengan aplikasi ini, kalian perlu menghubungkan perangkat kalian dengan Wi-Fi atau gunakan kartu SIM lokal.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Sayangnya, iMessage Hanya Dapat Digunakan dalam Perangkat iPhone

Berbeda dengan Facebook Messenger yang dapat digunakan pada perangkat apapun, untuk aplikasi yang satu ini hanya dapat digunakan oleh pengguna iPhona saja.

Berikut adalah langkah-langkah untuk mengaktifkan iMessage pada perangkat kalian.

  • Buka 'Pengaturan'
  • Ketuk 'Pesan'
  • Pastikan tombol di sebelah iMessage diaktifkan.

3. WhatsApp

Aplikasi ini merupakan aplikasi yang sudah banyak digunakan dan populer. WhatsApp dapat digunakan dalam perangkat apapun, baik Android ataupun iOS, baik smartphone maupun laptop sekalipun. Jadi siapapun dan kapanpun dapat dengan mudah mengakses aplikasi ini.

Sama seperti aplikasi-aplikasi sebelumnya, dengan menggunakan WhatsApp kalian perlu menghubungkan perangkat kalian dengan Wi-Fi atau koneksi data.

Dan sebelum menggunakan aplikasi ini, pastikan kalian telah menginstalnya di perangkat kalian. Berikut kami sajikan langkah-langkah yang dapat kalian ikuti jika kalian belum memiliki aplikasi WhatsApp di perangkat kalian.

  • Instal aplikasi WhatsApp melalui Google Play Store atau App Store.
  • Setelah selesai menginstal, buka aplikasi WhatsApp di layar kalian, kemudian baca semua Layanan dan Kebijakan Privasi WhatsApp.
  • Selanjutnya, klik 'Setuju dan Lanjutkan'.
  • Masukan nomor ponsel kalian yang aktif dan akan digunakan.
  • Masukan kode verifikasi yang dikirim oleh WhatsApp.
  • Kemudian lakukan pengaturan pada profil kalian, beri izin akses kontak, dan selesai.
3 dari 4 halaman

Telegram Juga Menjadi Solusi Berkomunikasi yang Dapat Kalian Pilih

4. Telegram

Telegram adalah aplikasi berkirim pesan gratis yang akan sangat berguna saat kalian bepergian ke luar negeri. Aplikasi ini menawarkan layanan perpesanan yang andal dan cepat, sekalipun di area dengan koneksi internet yang terbatas.

Dengan komunikasi yang hemat biaya, enkripsi end-to-end untuk privasi (seperti pada aplikasi WhatsApp), dan fitur obrolan grup serta perpesanan offline, Telegram sangat membantu kalian selama dalam perjalanan.

5. Lakukan Panggilan Wi-Fi Melalui HP

Untuk melakukan panggilan Wi-Fi, caranya sangat mudah. Kalian hanya perlu melakukan beberapa langkah pengaturan seperti berikut ini. Dan setiap perangkat, baik Android maupun iPhone, memiliki cara yang sedikit berbeda.

Untuk melakukan panggilan Wi-Fi melalui perangkat iPhone, langkah-langkah yang perlu kalian lakukan adalah klik pada 'Pengaturan', klik Seluler', pilih 'Panggilan Wi-Fi', aktifkan 'Panggilan Wi-Fi di iPhone ini', kemudian klik 'Aktifkan Panggilan Wi-Fi'.

Sedangkan pada perangkat Android, kalian klik 'Pengaturan', klik 'Jaringan dan Internet', klik 'Jaringan Seluler', klik 'Lanjutkan', klik 'Panggilan Wi-Fi', kemudian aktifkan 'Panggilan Wi-Fi'.

4 dari 4 halaman

Terakhir, Tips Aman Saat Menggunakan Wi-Fi

Mrnghubungkan perangkat kalian dengan Wi-Fi di tempat umum dan tempat yang tidak kalian kenali tentu saja memerlukan kewaspadaan. 

Sebelum menghubungkan perangkat kalian dengan salah satu jaringan Wi-Fi yang kalian temukan, pastikan telusuri dengan cermat. Jika kalian menemukan beberapa jaringan dengan nama yang sama, itu bisa jadi adalah router Wi-Fi dual band.

Router Wi-Fi dual band menghasilkan dua jaringan terpisah, yang masing-masing beroperasi 2,4Hz dan 5GHz. Pastikan sistem operasi perangkat kalian metakhir, sehingga potensi kerentanan yang bisa dieksploitasi oleh peretas akan dihilangkan.

Selain itu, kalian juga dapat menginstal aplikasi VPN untuk mengenkripsi koneksi internet kalian. Dengan langkah ini, peretas tidak dapat mengintai apa saja yang kalian kirim dan yang kalian terima.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.