Sukses

Bocoran Desain Lenovo Legion Go Beredar, Gabungan Steam Deck dan Nintendo Switch

Bocoran Lenovo Legion Go beredar. Perangkat ini kabarnya akan punya controller yang dapat dilepas seperti Nintendo Switch.

Liputan6.com, Jakarta - Lenovo dikabarkan mau meluncurkan konsol genggam gaming buatan mereka sendiri, di tengah ramainya tren handheld gaming seperti Asus ROG Ally, Steam Deck, hingga Ayaneo.

Baru-baru ini, tampilan dari desain perangkat yang diberi nama Legion Go itu muncul di internet.

Dari gambar yang dibagikan oleh Windows Report, Lenovo Legion Go bakal punya desain yang mirip seperti Steam Deck dan ROG Ally, namun controller-ya dapat dilepas seperti Nintendo Switch.

Bagian controller Legion Go juga memiliki pencahayaan RGB di sekitar joystick. Fitur tersebut dilengkapi trackpad untuk menavigasi interface yang memakai Windows 11.

Meski belum ada spesifikasi yang diungkap, mengutip GSM Arena, Selasa (22/8/2023), Lenovo Legion Go diperkirakan akan memakai chipset AMD Ryzen 7040 Phoenix.

Perangkat Lenovo Legion Go ini katanya akan punya layar sentuh 8 inci dengan bezel yang cukup tipis, meski belum ada bocoran resolusi atau refresh rate-nya untuk sekarang.

Selain itu, terdapat slot kartu microSD, headphone jack, tombol power dan volume serta port USB-C di bagian atas perangkat, serta satu lagi port USB-C di bagian bawah perangkat.

Bagian belakang perangkat handheld gaming ini juga disebut-sebut akan datang dengan kickstand bawaan dengan merek Legion, serta kelihatannya memiliki bagian pembuangan panas di atas bodi belakangnya.

Meski begitu, mengingat bocoran Lenovo Legion Go ini bukanlah berita resmi dari Lenovo, patut ditunggu bagaimana langkah dari perusahaan PC tersebut untuk meramaikan tren handheld gaming.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Lenovo Sempat Garap Legion Play

Dikutip dari Engadget, dalam rumor yang sebelumnya beredar, Lenovo sempat membuat protipe dari perangkat gaming genggam bernama Legion Play.

Mengutip CNET, di 2021, Lenovo Legion Play, handheld garapan mereka yang pernah dilaporkan oleh Liliputing, dikabarkan tidak pernah rilis meskipun sempat beredar bocorannya.

Lenovo Legion Play merupakan perangkat handheld yang berorientasi cloud berbasis Android, yang mirip Logitech G Cloud atau Razer Edge. Perangkat ini tidak pernah dirilis ke publik.

Meski belum jelas apakah akan rilis atau tidak, dengan naiknya tren gaming handheld yang sukses dipegang Asus ROG Ally dan Steam Deck, bisa menjadi momen yang tepat bagi Lenovo untuk meramaikan kompetisi.

Terkait kabar burung ini, pihak Lenovo tidak memberikan komentar apa-apa. Jadi, gamer pun tampaknya harus menunggu informasi lanjutan soal ini.

3 dari 4 halaman

Netflix Rilis Aplikasi Kontroler Game di iOS

Di sisi lain, Netflix meluncurkan aplikasi kontroler baru yang didedikasikan untuk perangkat iOS.

Mengutip informasi dari Engadget, Kamis (10/8/2023), aplikasi ini hadir dengan nama Netflix Game Controller. Aplikasi ini memungkinkan pengguna aplikasi Netflix memanfaatkan smartphone atau tablet sebagai gamepad ketika dihubungkan dengan TV.

Pengguna nantinya bisa memainkan game lewat layanan Netflix di TV, lalu mengontrolnya melalui perangkat mobile. Meski aplikasi ini sudah bisa diunduh, informasi lengkap mengenai fungsinya belum banyak diungkap.

 

4 dari 4 halaman

Netflix Serius di Pasar Game

Sebagai contoh, Netflix tidak memberikan informasi deretan game yang mendukung aplikasi ini. Begitu pula dengan cara kerja proses pairing dari aplikasi ini dengan TV, termasuk kemungkinan kehadiran aplikasi ini di perangkat Android.

Kehadiran aplikasi ini diketahui menunjukkan keseriusan Netflix dalam menggarap pasar game. Untuk diketahui, Netflix Games telah mempublikasikan hampir 70 judul game selama dua tahun terakhir.

Beberapa di antaranya bisa diakses melalui aplikasi Netflix di perangkat mobile, termasuk konsol gaming.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.