Sukses

Internet Telkomsel Paling Ngebut di Mobile Broadband Ookla Speedtest Awards 2023

Telkomsel meraih sejumlah penghargaan di Ookla Speedtest Awards pada periode Januari sampai Juni 2023.

Liputan6.com, Jakarta - Telkomsel menyapu bersih penghargaan pada kategori mobile broadband dari Ookla Speedtest Awards 2023, untuk periode Januari sampai Juni 2023.

Penghargaan yang diraih yaitu pada kategori Best Mobile Network, Best Mobile Coverage, Fastest Mobile Network, Top-Rated Mobile Network, Best Mobile Video Experience, dan Best Mobile Gaming Experience.

Direktur Marketing Telkomsel Derrick Heng pun menyampaikan apresiasi atas laporan dan penghargaan yang telah diberikan oleh Ookla.

"Pengakuan ini merupakan hasil nyata dari kerja keras dan dedikasi Telkomsel dalam menghadirkan pengalaman konektivitas digital terbaik bagi seluruh pelanggan," ujarnya, mengutip siaran pers, Rabu (16/8/2023).

Dalam laporan Ookla periode Januari sampai Juni 2023, capaian Telkomsel di kategori Best Mobile Coverage mendapatkan skor 887.

Telkomsel dinilai sebagai operator yang memiliki cakupan infrastruktur yang merata dan mampu menyediakan konektivitas yang andal, termasuk di daerah dengan tantangan geografis.

Sekitar 98 persen pelanggan diklaim telah tercakup jaringan broadband 4G/LTE Telkomsel.

Di kategori Fastest Mobile Network, operator telekomunikasi plat merah ini mendapatkan capaian Speed Score 35,33 dengan rata-rata kecepatan download 26,74 Mbps dan kecepatan upload 12,98 Mbps.

Skor yang didapatkan di dua kategori itu juga membuat Telkomsel meraih predikat di kategori Best Mobile Network untuk ketiga kalinya.

Di Best Mobile Video Experience, Telkomsel mendapatkan Video Score 69,92. Sementara untuk kategori Best Mobile Gaming Experience, nilai yang didapatkan atau Game Score adalah di 76,45.

Sedangkan pada kategori Top-Rated Mobile Network, skor yang diraih Telkomsel dari Ookla adalah 3,8.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Telkomsel Selesaikan Upgrade Jaringan 3G ke 4G

Telkomsel sebelumnya juga telah menyelesaikan proses upgrade 3G ke 4G di 504 kota/ kabupaten di Indonesia. Proses ini dimulai sejak Maret 2022 lalu dan bertahap selesai pada Juni 2023.

Adapun seluruh teknologi jaringan 3G di lebih dari 49.000 BTS Telkomsel kini diperbarui menjadi berjaringan 4G.

Dengan selesainya upgrade jaringan 3G ke 4G ini, layanan internet Telkomsel yang mengkover lebih dari 96 persen wilayah populasi di Indonesia kini telah berjaringan 4G.

Selesainya upgrade jaringan 3G ke 4G ini juga membuat peningkatan jumlah pelanggan yang memakai uSIM 4G sebesar 84 persen (YoY), yang diikuti dengan pertumbuhan trafik payload 4G sebesar 14 persen (YoY).

Selain itu, dengan semakin meratanya jaringan broadband 4G/LTE di seluruh wilayah Indonesia, Telkomsel juga mencatatkan adanya persentase peningkatan jumlah device yang bermigrasi ke device 4G, yakni sebanyak 51 persen (YoY).

Hal ini didorong oleh kemudahan Telkomsel bagi pelanggan yang ingin menukarkan kartu SIM non-4G ke uSIM 4G melalui sejumlah kanal, adanya promo, hingga program bundling dengan smartphone yang lebih terjangkau.

 

3 dari 4 halaman

Proses Peningkatan Berjalan Lancar

Direktur Network Telkomsel, Nugroho mengatakan, sejak tahap awal jaringan 3G di-upgrade ke 4G, Telkomsel memprioritaskan kenyamanan aktivitas digital seluruh pelanggan.

"Seluruh proses peningkatan/pengalihan jaringan 3G ke 4G/LTE di 504 kota/kabupaten yang Telkomsel lakukan berjalan dengan lancar, tanpa kendala yang berarti," kata pria yang karib disapa Nugie ini.

Selain itu, guna menghadirkan beragam pengalaman aktivitas gaya hidup digital yang lebih seamless dan nyaman bagi seluruh pelanggan, Telkomsel juga terus melakukan peningkatan kualitas, kapasitas, serta pemutakhiran teknologi di seluruh jaringannya.

Salah satunya dengan memperkuat kapabilitas pemanfaatan teknologi VoLTE yang dapat memberikan layanan telepon dengan basis jaringan 4G/LTE.

Ini membuat pelanggan dapat menggunakan internet tanpa terputus baik itu browsing, bermain game, dan video streaming saat melakukan panggilan telepon.

Hingga saat ini layanan VoLTE telah tersedia di lebih dari 514 kota/kabupaten di seluruh Indonesia dan dapat digunakan pada lebih dari 100 tipe smartphone dari berbagai brand ternama.

4 dari 4 halaman

Infografis Era Teknologi 5G di Indonesia

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.