Sukses

Mark Zuckerberg Ingin Threads Punya 1 Miliar Pengguna, Capaian yang Tak Pernah Diraih Twitter

CEO Meta Mark Zuckerberg mengatakan Threads diharapkan bisa tembus 1 miliar pengguna, terang-terangan menyebut angka itu gagal dicapai oleh Twitter

Liputan6.com, Jakarta - Usai meluncurkan aplikasi Threads, CEO Meta Mark Zuckerberg tampaknya mulai blak-blakan untuk melakukan "serangan balik" ke media sosial pesaingnya Twitter, yang dimiliki Elon Musk.

Melalui akun Threads-nya @zuck, ia menyebut bahwa Threads ditargetkan untuk memiliki lebih dari satu miliar pengguna. Hal ini diungkapkan saat membalas pertanyaan soal apakah platform itu bakal mengalahkan Twitter.

"Ini akan memakan waktu, tapi saya pikir harus ada aplikasi percakapan publik dengan 1 miliar+ orang di dalamnya," kata Mark Zuckerberg, dikutip Kamis (6/7/2023).

"Twitter punya kesempatan untuk melakukan ini tapi belum berhasil. Semoga kami akan melakukannya," pungkas Zuckerberg.

Di hari pertama peluncurannya, Threads memang langsung kebanjiran pengguna. Terbaru, Zuckerberg juga mengklaim bahwa platform tersebut sudah meraup 10 juta pendaftaran dalam tujuh jam.

Sejauh ini, Elon Musk memang belum secara terang-terangan memanaskan persaingannya dengan Mark Zuckerberg untuk urusan media sosial.

Ia hanya memberikan emoji tertawa hingga keluar air mata, sebagai balasan atas cuitan yang menyebut bahwa aplikasi Threads dari Meta dibuat dengan menggunakan tombol "Ctrl", "C", dan "V" alias copy-paste Twitter. 

Selain itu, Elon Musk juga mengomentari unggahan soal email dari dirinya di 2018, yang menyatakan dia baru saja menghapus akun Instagram.

"Jauh lebih baik diserang oleh orang asing di Twitter, daripada menikmati kebahagiaan palsu dan menyembunyikan rasa sakit di Instagram," cuitnya di akun Twitter-nya.

Bertepatan dengan diluncurkannya aplikasi dari Instagram, yang disebut-sebut bakal menjadi pesaing berat Twitter, Threads, Mark Zuckerberg juga secara mengejutkan mengunggah sebuah meme di Twitter.

Mark Zuckerberg sendiri diketahui tidak aktif di akun Twitter-nya @finkd sekitar 11 tahun, hingga tiba-tiba, dia mengunggah sebuah meme hari ini, Kamis (6/7/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Tiba-Tiba Unggah Tweet Meme di Twitter

Adapun, meme yang diunggahnya adalah meme Spider-Man yang saling menunjuk ke Spider-Man lainnya, tanpa mengunggah teks atau keterangan apa-apa di cuitan tersebut.

Akun Twitter Mark Zuckerberg sendiri terakhir kali mengunggah Tweet pada 19 Januari 2012. Selain itu, akun dengan foto dirinya dalam warna hitam putih itu juga tidak memiliki tanda centang biru penanda verifikasi.

Selama ini, Mark Zuckerberg memang diketahui lebih aktif di Facebook dan Instagram, khususnya dalam menunjukkan kesehariannya, menuliskan opininya soal isu tertentu, atau memberikan info-info terbaru mengenai produk-produk dari Meta.

Aplikasi Threads dari Instagram sendiri ternyata berhasil menarik banyak perhatian pengguna internet, dalam beberapa jam usai diluncurkan.

Hal itu diketahui dari unggahan CEO Meta Mark Zuckerberg di akun Threads-nya dengan nama akun @zuck. Ia mengungkap, dalam hitungan jam, jumlah pendaftar Threads sudah mencapai jutaan.

3 dari 4 halaman

Threads Tembus 5 Juta Pendaftar di 4 Jam Pertama

Di dua jam pertama, jumlah pendaftar layanan ini disebut telah mencapai 2 juta. Sementara dalam empat jam pertama setelah diluncurkan, ada lima juta pendaftar yang bergabung di layanan ini.

"Baru saja melewati 5 juta pendaftar di empat jam pertama," tulis Mark Zuckerberg seperti dikutip dari akunnya, Kamis (6/7/2023). Menurut Mark, Threads memang dihadirkan sebagai ruang publik yang terbuka dan ramah untuk menjlain percakapan.

"Kami berharap bisa membawa keunggulan yang ada di Instagram, lalu menghadirkannya dalam pengalaman baru lewat teks, ide-ide, dan mendiskusikan apa yang ada di kepalamu," tulis Zuckerberg menjelaskan soal layanan Threads ini.

Sebagai informasi, pengumuman kehadiran Threads sebenarnya sudah dilakukan beberapa hari terakhir. Apalagi, lewat Instagram, pengguna juga bisa menghitung mundur kehadiran Threads.

4 dari 4 halaman

Bisa Buat Threads Jika Sudah Punya Akun Instagram

Mengingat aplikasi ini merupakan bagian Meta dan Instagram, pendaftar yang sudah memiliki akun Instagram bisa langsung melakukan pendaftaran. Aplikasi Threads sendiri kini sudah bisa diunduh melalui App Store dan Google Play Store.

Apabila pendaftar memakai username dari Instagram, secara otomatis, akun-akun yang telah diikuti akan bisa mengetahui apabila kita sudah memakai platform tersebut.

Saat pengguna pertama kali mendaftar Threads, mereka akan diberi saran apakah ingin mengikuti sejumlah akun sudah di-follow di Instagram. Nantinya, seluruh profil pengguna yang ditampilkan akan sama dengan Instagram, termasuk username dan foto profil.

Sama seperti Twitter, profil Threads juga akan menampilkan jumlah akun yang sudah di-follow termasuk unggahan yang sudah dibuat. Tampilan aplikasi Threads sendiri mirip dengan Twitter, tapi dengan desain yang lebih bersih dan sederhana.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.