Sukses

Tak Cuma Sejuk, Samsung AC WindFree Ultra Juga Diklaim Bikin Rumah Bebas Debu dan Hemat Listrik

Samsung AC WindFree Ultra diklaim hemat energi, di mana konsumsi listriknya diklaim mulai 180Watt dan bisa dikendalikan dari smartphone dengan SmartThings.

Liputan6.com, Jakarta - Samsung Electronics Indonesia baru saja memperkenalkan air conditioner (AC) WindFree Ultra. Sesuai namanya, penyejuk udara ini dilengkapi teknologi WindFree cooling untuk menghadirkan kesejukan yang nyaman beserta air purification PM1.0 Filter yang dapat menyaring partikel halus dan 99,9% bakteri berbahaya.

“Samsung AC WindFree Ultra adalah paket lengkap AC dan air purification yang tidak hanya membuat ruangan Anda sejuk nyaman tanpa hembusan angin langsung tapi juga bebas dari debu dan bakteri berbahaya bagi kesehatan," kata Head of Air Conditioner Product Marketing, Samsung Electronics Indonesia, Donny Libra, melalui keterangannya, Selasa (4/7/2023).

Ia menuturkan AC ini juga hemat energi, konsumsi listriknya mulai dari 180Watt dan bisa dikendalikan dari smartphone dengan SmartThings.

Inovasi WindFree Cooling diklaim mampu menyebarkan udara sejuk ke seluruh ruangan melalui 23.000 lubang micro, untuk menghindari hembusan angin langsung yang tak nyaman.

Teknologi ini juga menghadirkan kenyamanan total bagi keluarga sembari menemani berbagai aktivitas, seperti berinteraksi, bekerja, dan belajar di rumah.

Samsung AC WindFree Ultra bahkan sudah dilengkapi Air Purification PM1.0 Filter yang mampu mensterilisasi lebih dari 99% bakteri berbahaya dan menyaring partikel halus seperti debu, bulu hewan, serat, dan debu rumah tangga hanya dalam 20 menit (dua kali lebih cepat dibandingkan PM2.5 Filter).

Terdapat pula laser sensor untuk mendeteksi kualitas kebersihan udara dan memiliki indikator status kualitas udara secara real-time.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pintar, Bisa Terhubung ke Smartphone

Samsung AC WindFree Ultra dapat terhubung ke smartphone melalui aplikasi SmartThings. Aplikasi tersebut membantu konsumen mengatur pengoperasian AC melalui smartphone sesuai kebutuhan.

Dengan aplikasi SmartThings pengguna juga dapat memonitor penggunaan listrik AC, menghitung estimasi biaya, menghemat energi dengan saving mode, dan mengingatkan pengguna jika penggunaan energi sudah melewati batas.

Fitur lain yang dimiliki SmartThings adalah Welcome Cooling di mana fitur tersebut berbasis GPS. Saat posisi pengguna sudah mendekati rumah, SmartThings akan memberikan notifikasi untuk menyalakan AC dari ponsel.

Fitur ini juga akan mengingatkan untuk mematikan AC saat pengguna keluar rumah dan lupa mematikan AC. Samsung AC WindFree Ultra bahkan sudah bisa dikontrol dengan perintah suara.

Dengan AI Auto Cooling, Samsung AC WindFree Ultra akan menganalisis berbagai data seperti kecepatan pendinginan, kelembaban udara, pendinginan yang paling nyaman, dan kondisi ruangan untuk kemudian menyarankan mode pendinginan yang paling sesuai dengan kebutuhan pengguna.

 

3 dari 4 halaman

Hemat Listrik, Daya Mulai dari 180W

Samsung AC WindFree Ultra mematahkan anggapan bahwa AC itu boros listrik. Dengan teknologi Digital Inverter, perangkat AC ini hanya membutuhkan pasokan daya mulai dari 180 Watt.

Pengguna akan menikmati penghematan listrik hingga 73%, sebab Digital Inverter akan mempertahankan suhu yang diinginkan tanpa sering mati dan hidup, sehingga mengurangi fluktuasi penggunaan listrik.

Digital Inverter pada Samsung AC WindFreeTM Ultra hadir dengan kipas yang 15% lebih besar, blade yang 31% lebih lebar, dan inlet yang 18% lebih lebar.

Dengan fitur-fitur ini, AC mampu melakukan pendinginan ke sudut demi sudut ruangan 45% lebih cepat dan menjangkau lebih jauh, sampai 15 meter.

Soal harga, Samsung AC WindFree Ultra dijual mulai Rp 8299.000 sampai Rp 13.599.000 dengan gratis jasa pemasangan dan paket pipa AC 5 meter untuk pembelian di Samsung.com.

4 dari 4 halaman

Infografis Serba-serbi Rumah Ramah Lingkungan. (Liputan6.com/Triyasni)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini