Sukses

Tokopedia Catat Peningkatan Transaksi Kurban Online Jelang Idul Adha 2023

Tokopedia mencatat adanya peningkatan transaksi kurban online menjelang Idul Adha 2023, baik untuk kurban kambing dan kurban sapi.

Liputan6.com, Jakarta - Tokopedia mencatat adanya kenaikan transaksi hewan kurban menjelang Idul Adha 2023. Kenaikan ini terjadi untuk transaksi kurban sapi atau kurban kambing.

Menurut Sales and Marketing Senior Lead Tokopedia Bayu Aditya, peningkatan ini menunjukkan tinggi antusiasme masyarakat untuk melakukan kurban online.

"Tokopedia mencatat transaksi sapi kurban melalui fitur Qurban di Tokopedia mengalami peningkatan hampir 30 persen, sedangkan transaksi pembelian kambing kurban meningkat hampir 70 persen," tutur Bayu dalam keterangan resmi yang diterima, Rabu (28/6/2023).

Lebih lanjut Bayu menuturkan, Tokopedia juga mencatat ada beberapa wilayah yang mengalami peningkatan tertinggi dalam hal jumlah pembeli kurban. Beberapa daerah itu adalah Aceh, Sumatera Utara, dan Bali.

Di wilayah itu, menurut Bayu, rata-rata peningkatan mencapai lebih dari dua kali lipat. Sementara Jambi, NTB, dan Sulawesi merupakan wilayah dengan peningkatan transaksi pembelian kurban online hampir tiga kali lipat.

"Ini didorong oleh berbagai nilai tambah fitur Qurban di Tokopedia untuk masyarakat, yaitu praktis, ekonomis dan amanah," tutur Bayu. Tokopedia juga melibatkan berbagai lembaga kemanusiaan terpercaya untuk mengelola qurban ini.

Lembaga tersebut adalah BAZNAS, Dompet Dhuafa, Rumah Zakat, Eco Qurban, PKPU Human Initiative, Inisiatif Zakat Indonesia (IZI) dan Palmyra Internasional.

"Laporan proses kurban juga akan diberikan secara transparan. Jadi, masyarakat yang berkurban online lewat Tokopedia bisa mengetahui status hewan kurban mereka, termasuk sebelum dan sesudah penyembelihan, serta pendistribusiannya," ujarnya menjelaskan.

Nantinya, serfikat kurban juga akan dikirimkan melalui email dan notifikasi sebagai bukti sah. Bagi kamu yang ingin membeli hewan kurban di Tokopedia, simak langkah-langkahnya berikut ini:

  • Buka situs web Tokopedia, lalu klik Kategori di sebelah kotak pencarian, klik Halal Corner, kilk Qurban
  • Di aplikasi Tokopedia, ketik Qurban di kotak pencarian, lalu klik hasil paling atas
  • Selanjutnya, kamu tinggal memilih hewan kurban sesuai kebutuhan. Ada kambing atau sapi
  • Lalu, kamu perlu memiih jenis kambing atau sapi sesuai angka yang paling cocok denganmu
  • Berikutnya, isi data orang yang ingin berkurban
  • Terakhir, kamu tinggal menentukan metode pembayaran

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Tokopedia Tingkatkan Partisipasi Perempuan di Industri Teknologi Lewat START Women in Tech 2023

Di sisi lain, Tokopedia sebelumnya memberikan kesempatan belajar yang tak terbatas bagi talenta digital agar dapat berkontribusi pada perekonomian nasional melalui Tokopedia Academy. Salah satu programnya adalah START Women in Tech.

Program START Women in Tech merupakan konferensi teknologi tahunan. Konferensi ini menjadi upaya Tokopedia untuk meningkatkan partisipasi perempuan dalam dunia kerja di bidang teknologi yang masih terbilang sedikit.

Hal tersebut didukung oleh pernyataan Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia (KPPPA RI), yang menyebut peran perempuan di bidang STEM (Science, Technology, Engineering dan Mathematics) masih minim.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) pada tahun 2022, proporsi perempuan yang menduduki posisi manajerial di Indonesia telah mencapai angka 32,26 persen. Meski perkembangannya positif, proporsi perempuan pada posisi tersebut masih tertinggal dari laki-laki. 

“Lewat Tokopedia Academy, kami berupaya meningkatkan jumlah, kapasitas dan kapabilitas talenta digital Indonesia, serta mencapai pemerataan pengetahuan lewat teknologi,” jelas Tokopedia Academy Lead, Rossy Triana Iskandar, dalam virtual media briefing, Jumat (16/6/2023).

Adapun START Women in Tech 2023 mengusung tema “A Way Forward and Beyond for Women in Technology”. Konferensi tersebut menghadirkan sejumlah pembicara perempuan ahli teknologi yang akan berbagi wawasan tentang peran perempuan di industri tersebut.

Melalui program ini, peserta akan mengikuti berbagai kegiatan, seperti Keynote Sessions, Inspiring Talk Show, dan Breakout Rooms. Ketiga kegiatan ini bermanfaat bagi peserta untuk belajar dari kurikulum, berlatih, hingga bertukar wawasan dengan para pemimpin perempuan di bidang teknologi.

 

3 dari 4 halaman

Diskusi Langsung Bersama Pegiat Teknologi

Sebagai salah satu pembicara di START Women in Tech 2023, Founder & CEO Generation Educators (GenEd), Anggaris Anggia Cininta, membagikan pengalamannya dalam menggeluti industri teknologi.

Anggaris memiliki jam terbang dalam mengembangkan perusahaan edtech guna memberdayakan dan meningkatkan peran guru dalam melahirkan generasi murid yang kritis, kreatif, dan inovatif. 

“Lewat program seperti START Women in Tech, para pegiat teknologi terutama perempuan bisa saling menginspirasi dan berdiskusi langsung untuk berbagi pengalaman di industri ini,” tutur Anggaris pada kesempatan yang sama. 

4 dari 4 halaman

Sediakan Pembelajaran Gratis

Konferensi START Women in Tech 2023 merupakan hasil kolaborasi antara Tokopedia Academy dan Generation Educators (GenEd).

Acara ini akan diselenggarakan secara hybrid pada Sabtu, 17 Juni 2023, pukul 09.00-16.30 WIB, melalui kanal streaming video Tokopedia Play, Official YouTube Tokopedia atau Inside Tokopedia, serta website Tokopedia Academy. 

Bagi masyarakat yang ingin mengikuti rangkaian acara START Women in Tech 2023, mereka dapat mendaftarkan diri secara gratis melalui website Tokopedia Academy.  

Di samping itu, pelajar yang baru lulus juga direkomendasikan untuk mengikuti kegiatan Tokopedia Academy. Sebab, ada banyak ilmu dan eksposur tentang dunia teknologi yang bisa didapatkan. 

Rossy menjelaskan, sebagian besar program Tokopedia Academy juga dilakukan secara virtual dan semua pembelajaran akan direkam. Harapannya, peserta dapat melakukan self learning dari rekaman dan modul yang bisa diakses secara gratis melalui website Tokopedia Academy.

(Dam)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini