Sukses

Cara Aktifkan eSIM di Oppo Find N2 Flip, Gampang Banget!

Selain mendukung kartu SIM biasa untuk kebutuhan komunikasi maupun koneksi internet, kamu juga bisa menggunakan eSIM di ponsel lipat Oppo Find N2 Flip.

Liputan6.com, Jakarta - Selain mendukung kartu SIM biasa untuk kebutuhan komunikasi maupun koneksi internet, kamu juga bisa menggunakan eSIM di ponsel lipat Oppo Find N2 Flip.

eSIM merupakan SIM digital yang memungkinkan kamu mengaktifkan paket internet tanpa menggunakan SIM fisik. Di Indonesia, ada tiga operator seluler yang menyediakan layanan eSIM. Antara lain Smartfren, Indosat Ooredoo, dan XL Axiata.

Untuk mengaktifkan eSIM, perangkat kamu harus terhubung ke jaringan internet atau Wi-Fi. Cara aktifkan eSIM di Oppo Find N2 Flip pun sangat mudah, berikut ini caranya.

    • Gulir layar ponsel dari atas ke bawah untuk menemukan menu 'Pengaturan'
    • Tekan ikon 'Pengaturan' yang ada di kanan atas layar
    • Pilih 'Mobile Network'
    • Pilih eSIM, lalu aktifkan indikatornya dengan tekan 'Enable'

<p>Cara Aktifkan eSIM di Oppo Find N2 Flip. Liputan6.com/Iskandar</p>

  • Tekan 'Add eSIM' dan 'Next'
  • Pindai QR Code dari operator seluler yang kamu pilih
  • Lalu aktifkan eSIM dengan menekan tombol 'Download'
  • Setelah itu, akan muncul nama operator seluler di menu eSIM, lalu tekan 'Enable'

<p>Cara Aktifkan eSIM di Oppo Find N2 Flip. Liputan6.com/Iskandar</p>

Demikian cara mengaktifkan eSIM di Oppo Find N2 Flip, gampang banget kan?

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Perbedaan eSIM dengan Kartu SIM Biasa

Embedded Subsriber Indentification Module atau eSIM muncul sebagai salah satu pengaruh perkembangan teknologi dari SIM card (kartu SIM). Meskipun keduanya sama-sama bekerja sebagai kartu SIM, terdapat beberapa faktor yang membedakan keduanya.

Kartu SIM umumnya mudah ditemukan di gerai penyedia pulsa di sekitar kita. Bentuk dari kartu pun berubah seiring waktu, sehingga muncul kartu SIM berukuran micro yang dipecah dari bentuk kartu standar.

Kini, peningkatan pada bidang teknologi berhasil menciptakan kartu SIM yang tidak memiliki bentuk fisik, berbeda dengan kartu SIM biasa terdahulu yang perlu diinput ke dalam slot kartu smartphone.

Karena eSIM tidak memiliki bentuk fisik, SIM ini pun terhindar dari bahaya kerusakan atau kehilangan. Ukuran eSIM pun sangat kecil dibandingkan kartu SIM sebelumnya, yaitu sekitar 6x5 mm dengan tebal 0,67 mm dan telah ditanam di dalam smartphone.

Jika kartu SIM dapat menyimpan nomor kontak di dalam penyimpanan kartu, eSIM akan menyimpan nomor kontak ke dalam sistem cloud yang disediakan oleh provider eSIM. Dengan ini, pengguna eSIM tidak perlu merasa khawatir nomor kontak hilang karena fisik dari kartu SIM yang rusak.

Penggunaan eSIM dinilai cukup praktis, dari pengguna yang tidak perlu membeli kartu SIM fisik dan hanya menggunakan barcode untuk mengaktifkan kartu, sampai sistem firewall yang dimiliki eSIM sehingga tidak mudah diretas.

 

3 dari 4 halaman

Oppo Find N2 Flip Hadirkan Fitur Speech-to-Text untuk Balas Pesan Langsung di Cover Screen

Oppo Find N2 Flip kembali mendapatkan pembaruan fitur sejak pertama kali diperkenalkan secara global pada Februari 2023. Kali ini, pembaruan yang dihadirkan akan memudahkan pengguna untuk membalas pesan yang diterima, langsung lewat layar depan.

Mengutip informasi dari situs resmi Oppo, Minggu (11/6/2023), fitur yang dimaksud adalah Speech-to-Text yang bisa dipakai pengguna untuk membalas pesan yang diterima secara lebih cepat. Sebab, pengguna Oppo Find N2 Flip tidak perlu membuka layar utama lebih dulu.

Seperti namanya, fitur ini akan mengubah perkataan pengguna menjadi teks. Lantas, teks tersebut dipakai untuk membalas pesan yang diterima pengguna Find N2 Flip.

Menurut Oppo, seluruh aplikasi yang memungkinkan quick reply dengan dukungan Speech-to-Text bisa langsung memanfaatkan fitur ini. Beberapa aplikasi yang sudah mendukung di antaranya adalah WhatsApp, Messengar, Messages Google, Telegram, dan Line.

Sebelumnya, Oppo turut meningkatkan fungsi layar depan atau cover display di smartphone layar lipat tersebut dengan menghadirkan widget khusus aplikasi Spotify. Widget ini dikembangkan eksklusif oleh Oppo bersama Spotify di Find N2 Flip.

Pembaruan ini akan memaksimalkan penggunaan cover screen di Find N2 Flip untuk aplikasi Spotify. Jadi, pengguna dapat mengontrol konten yang sedang diputarnya langsung di cover screen.

Seluruh tombol yang ada di aplikasi Spotify dapat langsung diakses di layar depan Find N2 Flip, termasuk tombol play, tombol heart, hingga rekomendasi konten lainnya, tanpa pengguna perlu membuka lagi smartphone mereka.

"Pembaruan ini menegaskan komitmen Oppo memberikan pengalaman terbaik bagi pemiliki Find N2 Flip, memungkinkan lebih banyak kebebasan untuk mengekspresikan diri dan kreativitas saat menggunakan cover screen 3,26 inci," tutur Head of Flagship Product Oppo Peter Dohyung Lee.

4 dari 4 halaman

Infografis Akhir Riwayat Ponsel Black Market di Indonesia. (Liputan6.com/Trieyasni)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.