Sukses

Nuxcle, Startup yang Konversi Kendaraan Konvesional ke Kendaraan Listrik dari Bahan Daur Ulang Menang di NextDev Telkomsel

Startup pengembangan kendaraan listrik Nuxcle, menjadi Best of the Best Startup dalam NextDev tahun ke-8 yang diadakan oleh Telkomsel

Liputan6.com, Jakarta - Perusahaan rintisan atau startup Nuxcle dinobatkan sebagai Best of the Best Startup dalam Program NextDev Telkomsel tahun ke-8.

Pengumuman ini disampaikan dalam NextDev Final Pitching, yang berlangsung bertepatan dengan rangkaian konferensi teknologi NextDev Summit pada 7 sampai 8 Juni 2023 yang lalu.

Startup Nuxcle mengembangkan kendaraan listrik berupa skateboard listrik, electric bikes (prototipe), dan electric scooter (prototipe), serta membuka layanan konversi kendaraan listrik untuk kendaraan roda dua konvensional di Indonesia dengan menggunakan bahan daur ulang.

Nuxcle dinilai membantu masyarakat membantu masyarakat untuk menghemat lebih dari 5 kali lipat biaya bulanan untuk pembelian bahan bakar, sembari memperlambat laju pemanasan global dengan menerapkan konsep ekonomi sirkular yang berfokus pada reducing, reusing, dan recycling.

Dengan prestasi yang diraih, startup ini akan mendapatkan reward berupa dana hibah untuk pengembangan, serta penguatan fundamental bisnis ke depan.

Direktur Marketing Telkomsel Derrick Heng, seperti mengutip siaran pers, Minggu (11/6/2023) mengatakan, melalui NextDev, Telkomsel berharap dapat memperkuat fundamental bisnis dan dampak positif dari early-stage digital startup Indonesia.

"Dengan fondasi startup yang sustainable serta semakin kuat bersama NextDev, Telkomsel bersama ekosistem startup nasional dapat berkolaborasi memberikan dampak signifikan bagi inklusi ekosistem digital, dengan pemanfaatan teknologi terkini," ujarnya.

"Selamat kepada Nuxcle yang telah membuktikan diri menjadi Best of The Best Startup di pelaksanaan Program NextDev tahun ke-8," tuturnya menutup pernyataan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Semakin Fokus dengan Tujuan

CEO Nuxcle Arif Fajar Saputra, lebih lanjut mengataan, NextDev dikenal sebagai rangkaian program untuk startup yang memiliki rekam jejak sangat baik, dalam membimbing dan membuka akses koneksi, serta networking potential.

"Melalui NextDev, kami mendapatkan banyak insight tentang industri dan B2B yang membuat fokus kami semakin tajam. Sebelum mengikuti rangkaian program ini, kami belum terfokus pada tujuan tertentu karena ingin mengerjakan banyak hal," kata Arif.

"Namun, setelah mengikuti rangkaian Program NextDev, kami semakin fokus dengan tujuan kami dan membuka peluang bagi kami untuk berkembang serta memberikan dampak lebih terhadap lingkungan maupun sosial," tambahnya.

NextDev tahun ke-8 digelar mulai September 2022 dengan tema #SustainBeyondExpectation.

Program ini diikuti 233 startup digital potensial dari seluruh Indonesia, dengan fokus pada trek Game and Gaming Platform, Health and Education, Tourism and Creative Economy, serta Green and Clean Tech.

Melalui proses kurasi dan seleksi, sebanyak 40 startup terpilih mengikuti fase NextDev Talent Scouting, dan 12 terbaik di antaranya lolos untuk berpartisipasi dalam program inkubasi NextDev Academy selama 3 bulan.

3 dari 4 halaman

4 Startup Terbaik dari Tiap Sektor

Di akhir rangkaian Acara NextDev Summit, 4 startup pilihan kemudian melakukan final pitching dan mempersembahkan pemaparan inovasi terbaik mereka di hadapan para juri NextDev.

Bersamaan dengan pelaksanaan NextDev Summit, 12 startup yang berpastisipasi pada fase NextDev Academy mengikuti Sesi Business Matching & Investors Meet Up bersama Telkomsel, institusi pemerintahan dan ekosistem BUMN, investor swasta, dan para pemodal ventura.

Berdasarkan penilaian para investor dari aspek business modelling, marketing, product development, investment pitch, hingga team/people/finance, terpilih 4 startup terbaik dari tiap sektor.

Mereka adalah Hisa Games pada trek Game and Gaming Platform, Fisiohome pada Health and Education, Shieldtag pada Tourism and Creative Economy, serta Nuxcle pada Green and Clean Tech. Pada NextDev tahun ke-8 ini, Hisa Games juga dinobatkan sebagai Favorite Startup.

4 dari 4 halaman

Tentang Program NextDev

Sebagai informasi, NextDev merupakan salah satu dari program Corporate Social Responsibility (CSR) Telkomsel bertujuan menjadi impact incubator dalam memperkuat fundamental bisnis dan impact dari early-stage digital startup Indonesia.

Sejak 2015, diklaim lebih dari 5.000 startup digital di seluruh Indonesia telah terlibat dengan kegiatan NextDev Talent Scouting.

Lebih dari 100 startup juga sudah dibantu oleh para mentor ahli dan modul pengembangan startup NextDev Academy, serta konferensi tahunan NextDev Summit juga telah secara rutin terlaksana sejak 2018.

(Dio/Dam)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.