Sukses

Selamat Hari Raya Waisak Trending Topic, Doa dan Harapan Warganet Banjiri Linimasa Twitter

Liputan6.com, Jakarta - Pada hari ini, 4 Juni 2023, umat Buddha di berbagai negara di dunia sedang merayakan Hari Raya Waisak. Seperti perayaan besar atau momen penting lainnya, ucapan selamat Hari Raya Waisak jadi trending topic.

Berdasarkan pantauan tim Tekno Liputan6.com, Minggu (4/6/2023), keyword Selamat Hari Raya Waisak sudah bertengger di posisi kedua trending topic di Twitter.

Selain itu, keyword terkait Hari Raya Waisak, seperti Buddha, #VesakDay, dan Sabbe Satta Bhavintu Sukithata mulai beranjak naik di trending topic.

Selain itu, warganet juga sekaligus menyampaikan harapan mereka di hari peringatan tiga peristiwa suci dalam kehidupan Buddha Gautama.

Tiga peristiwa penting yang dinamakan Trisuci Waisak ini yaitu kelahiran, pencapaian pencerahan sempurna, dan kemangkatan Sang Buddha.

Berikut adalah cuitan warganet di platform media sosia Twitter, dalam rangka memperingati Hari Raya Waisak 2023 ini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Jokowi: Selamat Hari Raya Waisak untuk Umat Buddha

Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengucapkan Selamat Hari Raya Waisak melalui akun Instagram pribadinya, Minggu (4/6/2023). (Foto: tangkapan layar akun IG Jokowi)

Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengucapkan Selamat Hari Raya Waisak 2023 kepada seluruh umat Buddha di seluruh Indonesia. Dia mendoakan agar semua masyarakat hidup bahagia.

"Kepada saudara-saudaraku Umat Buddha, selamat memperingati Hari Raya Waisak. Semoga semua makhluk hidup berbahagia," kata Jokowi melalui akun Instagramnya @jokowi, Minggu (4/6/2023).

Jokowi mengatakan, pada perayaan Hari Raya Waisak, sejumlah biksu dari berbagai negara berjalan kaki ribuan kilometer menuju Candi Borobudur di Jawa Tengah. Dia senang para biksu tersebut mendapat penerimaan yang hangat di sepanjang jalan.

"Sejumlah biksu dari berbagai negara berjalan kaki menempuh ribuan kilometer menuju Candi Borobudur di Magelang, Jawa Tengah," ujar dia.

"Para biksu ini melakukan ritual Tudhong dari Thailand, Malaysia, Singapura, sampai ke Indonesia dan mendapatkan penerimaan yang hangat dan ramah di sepanjang jalan," sambung Jokowi.

3 dari 3 halaman

Ritual Thudong Jelang Waisak

Para bikkhu menjalani ritual thudong, yakni berjalan kaki menuju Candi Borobudur untuk menjalankan prosesi Tri Suci Waisak. (dok. InJourney)

Sebelumnya, jelang Waisak, para biksu memulai ritual thudong atau merenungkan sifat-sifat luhur dari Sang Buddha Gautama. Dalam ritual ini, para biksu berjalan kaki dari Thailand ke Candi Borobudur yang terletak di Magelang, Jawa Tengah.

Selama beberapa bulan berjalan kaki dari Thailand, para biksu Thudong ini merasakan kepanasan sampai kehujanan. Namun hal tersebut tidak menyurutkan semangat mereka untuk mencapai Candi Borobudur, salah satu candi terbesar umat Buddha yang juga menjadi tempat ibadah mereka.

Setelah kurang lebih tiga bulan berjalan kaki dari Thailand ke Candi Borobudur yang terletak di Magelang, Jawa Tengah, akhirnya para biksu yang menjalani ritual thudong ini sampai di tempat tujuan.

Sebanyak 32 biksu tiba di Candi Borobudur. Mereka naik ke atas candi sambil menangis terharu.

  

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.