Sukses

Bekas Lipatan Layar Samsung Galaxy Z Fold 5 Disebut akan Tetap Terlihat

Setelah disebut akan menggunakan teknologi engsel berbentuk water drop, bocoran terbaru menunjukkan bahwa lipatan layar Galaxy Z Fold 5 mungkin bakal tetap terlihat jelas.

Liputan6.com, Jakarta - Samsung Galaxy Z Fold 5 tampaknya akan tetap memiliki lipatan layar yang mirip dengan pendahulunya. Informasi dari cuitan Ice Universe ini pun menimbulkan pertanyaan terkait kehadiran teknologi engsel tetesan air (water drop) yang sebelumnya beredar. 

Engsel baru itu dikabarkan mampu meminimalisir visibilitas lipatan. Sayangnya, bocoran terkini menunjukkan bahwa lipatan tersebut kemungkinan tidak akan mengalami perubahan signifikan tahun ini.

Menurut laporan Gizmochina, Jumat (2/6/2023), Samsung dikatakan sedang menguji ketahanan pada perangkat tersebut. Tes ini dilakukan untuk menilai keefektifan desain engsel baru itu.

Pada jajaran HP lipat Samsung sebelumnya, perusahaan asal Korea Selatan ini menggunakan engsel berbentuk U yang meninggalkan bekas lipatan. 

Menurut sejumlah pengguna, bekas lipatan yang sangat terlihat itu mengganggu dan membuat pengalaman mereka tidak mulus. 

Prediksi lain juga menyebutkan kemungkinan engsel Galaxy Z Fold 5 akan menggunakan engsel lama.

Di sisi lain, sebuah merek ponsel China telah menggunakan teknologi engsel water drop, yakni Oppo Find N2. Ponsel lipat ini pun menerima respons dan ulasan positif dari para pengguna karena memiliki lipatan yang hampir tidak terlihat. 

Kendati demikian, daya tahan tetap menjadi perhatian utama dari perkembangan industri ponsel lipat. Apalagi dengan aktivitas buka tutup layar yang masih dikhawatirkan memiliki efek buruk terhadap panel. 

Beralih ke spesifikasinya, Samsung Galaxy Z Fold5 dikabarkan akan menampilkan layar utama berukuran 7,6 inci dan layar penutup luar berukuran 6,2 inci. Keduanya menggunakan panel AMOLED dengan refresh rate 120Hz.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Rumor Spesifikasi Samsung Galaxy Z Fold 5

Di samping itu, dapur pacu ponsel ini akan ditenagai Qualcomm Snapdragon 8 Gen 2 SoC.

Untuk fotografi, konfigurasi kamera belakangnya dikabarkan memiliki lensa utama 50MP, lensa ultra-wide 12MP, dan lensa periskop 10MP yang menawarkan 3x optical zoom dan OIS. Sementara itu, kamera depannya menggunakan lensa 12MP.

Salah satu fitur baru yang hadir di Samsung Galaxy Z Fold 5 ini mencakup Gorilla Glass Victus 2 untuk meningkatkan daya tahan layarnya. Ponsel ini juga akan memiliki sertifikasi IPX8 untuk ketahanan terhadap air. 

Selain itu, perangkat ini pun dikabarkan akan mendukung fast charging 25W dan menjalankan sistem operasi Android 13 dengan Samsung One UI terbaru.

3 dari 4 halaman

Bocoran Samsung Galaxy Z Flip 5 Beredar

Berbicara soal ponsel lipat Samsung terbaru, beberapa waktu lalu beredar render CAD yang disebut sebagai bocoran desain Samsung Galaxy Z Flip 5. Gambar ini dibagikan oleh seorang leaker kenamaan, @OnLeaks. 

Berdasarkan render tersebut, terlihat salah satu perbedaan paling jelas adalah ukuran layar sekunder di bagian cover ponsel layar lipat tersebut.

Sebelumnya, Samsung hanya menyematkan layar berukuran 1,9 inci di Flip4. Sementara untuk HP Android baru tersebut bakal hadir dengan layar berukuran 3,2 inci.

Dengan ukuran layar lebih besar, Samsung berharap lebih banyak fungsinya ketimbang hanya sebatas menampilkan notifikasi, jam, hingga tanggal.

Saat dibuka, Galaxy Z Flip5 ini memiliki layar utama berukuran 6,7 inci dengan pengaturan dua kamera berfungsi sebagai lensa utama atau mengambil foto selfie.

4 dari 4 halaman

Layar Sekunder Galaxy Z Flip5 Lebih Besar dari Oppo Find N2 Flip

Lebih lanjut, CEO of Display Supply Chain Consultants (DSCC), Ross Young, mengatakan Galaxy Z Flip5 bakal hadir dengan layar sekunder lebih besar dari 3 inci.

Walau tidak disebut secara detail, tipster Ice Universe juga mengonfirmasi kabar tersebut.

Dia menyebutkan, ukuran layar sekunder Galaxy Z Flip5 bakal lebih besar daripada layar 3,26 inci yang terpasang di Oppo Find N2 Flip.

Balik ke Oppo Find N2 Flip, ponsel ini ditenagai prosesor Dimensity 9000+, layar lipat FullHD+ 6,8 inci dengan refresh rate 120Hz, dan baterai 4.300mAh.

Find N2 Flip memiliki tiga kamera (50MP primer + 8MP ultrawide + 32MP selfie), dan memiliki pembaca sidik jari tertanam di tombol daya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.