Sukses

iPhone 15 Siap Diproduksi Massal, Foxconn Naikkan Bonus Karyawan

Foxconn memutuskan untuk menambah jumlah karyawan pabrik dan meningkatkan bonus bagi pekerja saat ini.

Liputan6.com, Jakarta - Apple disebut-sebut sudah meminta pabrik perakitan iPhone, Foxconn, untuk mulai produksi massal ponsel iPhone 15.

Guna memenuhi target jadwal peluncuran iPhone 15, Foxconn memutuskan untuk menambah jumlah karyawan pabrik dan meningkatkan bonus bagi pekerja saat ini.

Mengutip Gizchina, Selasa (30/5/2023), mulai 29 Mei karayawan baru bakal menerima bonus lebih besar dari sebelumnya yang hanya USD 425 (Rp 6,3 juta) per orang.

Berdasarkan data resmi dari Zhengzhou, bonus maksimum untuk karyawan baru adalah sekitar USD 500 atau Rp 7,5 juta per orang.

Selain kenaikan bonus, Foxconn juga menaikkan upah per jam untuk pekerja per jam menjadi 2 yuan (sekitar USD 0,31/Rp 4 ribu) per jam.

Dengan pengumuman Foxconn ini, dapat menjadi tanda iPhone 15 kemungkinan besar akan mulai dijual sesuai dengan prediksi, yakni September 2023.

Diketahui, Apple akan memperkenalkan empat model penerus iPhone 14 tersebut, mulai dari iPhone 15, iPhone 15 Plus, iPhone 15 Pro, dan iPhone 15 Pro Max.

Berdasarkan bocoran yang ada saat ini, semua model iPhone 15 itu akan tampil dengan Dynamic Island, konektor USB-C, dan prosesor Apple A17.

Sayangnya, hanya model iPhone 15 Pro Max saja yang mengalami peningkatan dalam hal fotografi dengan kamera periskop zoom 6x.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Peluncuran iPhone 15 Terancam Ditunda Gegara Stok Kamera 48MP Terbatas

Gambar render iPhone 15 Pro menunjukkan varian warna merah tua (9to5mac)

Di sisi lain, Apple dijadwalkan bakal meluncurkan lini iPhone 15 pada kisaran September 2023. Akan tetapi, rilis penerus iPhone 14 series itu kemungkinan bakal molor dari jadwal biasanya.

Hal ini gara-gara terjadi masalah dalam ketersediaan atau stok sensor kamera utama untuk iPhone 15. Diketahui, Apple disebutkan akan memasang lensa 48MP--dari iPhone 14 Pro dan Pro Max--ke dalam model iPhone 15 versi standar.

"Apple bakal menghadapi tantangan dalam pasokan komponen kamera tertentu, sehingga menyebabkan peluncuran ponsel tersebut ditunda," ucap analis Jeff Pu, sebagaimana dikutip dari Gizchina, Selasa (16/5/20230.

Pu juga menyatakan kurang optimis tentang perilisian iPhone 15 dan iPhone 15 Plus. Dia menjelaskan, "Apple dapat menghadapi tantangan dalam memasok sensor 48MP sesuai jadwal."

 

 

3 dari 4 halaman

iPhone 15 Ultra

Foto yang digadang-gadang merupakan konsep desain iPhone 15 Ultra (Foto: GSM Arena/ Twitter Jonas Daehnert @PhoneDesign).

Diharapkan, kedua iPhone 15 tersebut bakal diluncurkan bersamaan dengan iPhone 15 Pro dan 15 Pro Max pada September 2023 mendatang.

Berdasarkan informasi yang beredar di internet, seri iPhone 15 akan hadir dengan peningkatan signifikan dalam komponen kameranya jika dibandingkan dengan iPhone 14.

Salah satu yang paling terlihat jelas adalah dengan model iPhone 15 Ultra. Seri ini disebut-sebut hadir dengan lensa telefoto periskopik, dengan kemampuan zoom optik hingga 10x.

Kabarnya, semua ponsel iPhone 15 mungkin memiliki zoom periskopik dengan kemampuan zoom hingga dua kali lipat. Apple juga melengkapi ponsel ini dengan sensor baru Sony.

Disebutkan, sensor baru buatan Sony ini bakal meningkatkan lensa kamera untuk menangkap lebih banyak cahaya saat malam hari yang menjadi masalah deretan iPhone saat ini.

4 dari 4 halaman

Apple Bakal Lengkapi iPhone 15 Pro dengan Tombol Aksi

Bocoran desain iPhone 15 Pro yang beredar dengan tampilan tombol volume dan mute baru. (Twitter/ShrimpApplePro)

Lebih lanjut, iPhone 15 series yang akan diumumkan pada September 2023 semakin ramai jadi perbincangan di internet.

Sebelumnya, Apple lebih memilih tombol solid-state untuk pengaturan volume di HP iPhone 15 Pro Max dan Pro.

Tak hanya itu, duo ponsel teranyar milik perusahaan besutan Steve Jobs ini juga bakal mengadopsi Action Button terinspirasi dari Apple Watch Ultra untuk tombol mute.

Apple disebut-sebut tidak akan melengkapi seri iPhone 15 Pro ini dengan tombol solid-state dan Action Button terkait masalah teknis, sebagaimana dikutip dari GSM Arena, Rabu (3/5/2023).

Akan tetapi, bocoran baru rendar CAD seri iPhone 15 Pro dan Pro Max dari 9toMac itu ternyata tetap mempertahankan Action Button di bodi ponsel.

Di render CAD itu dengan jelas menunjukkan, tombol mute digantikan oleh Tombol Aksi atau Action Button dimana pengguna dapat menyesuaikan fungsinya--seperti di Apple Watch Ultra.

(Ysl/Tin)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.