Sukses

Dosen ATVI Rilis Buku Soal Era Digital dan Perubahan Budaya Masyarakat

Peluncuran dan bedah buku ini diselenggarakan atas kerja sama Akademi Televisi Indonesia (ATVI), dengan Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa-Kemendikbud.

Liputan6.com, Jakarta - Dalam dunia pendidikan tinggi, aktivitas menulis menjadi salah satu aspek penting yang harus dimiliki oleh para dosen. Hal ini diutarakan oleh Direktur Akademi Televisi Indonesia (ATVI), Dr. Melitina Tecoalu, S.E., M.M.

Dia menjelaskan, dosen perguruan tinggi, khususnya para dosen ATVI perlu memiliki aktivitas dan kebiasaan menulis terus menerus. Hal ini termasuk menulis untuk jurnal ilmiah, buku teks, dan buku bacaan bagi mahasiswa dan masyarakat umum.

Aktivitas dan kreativitas menulis harus menjadi bagian dari passion atau Renjana dalam kosa Bahasa Indonesia.

Kata "Renjana" sendiri diambil dari Bahasa Sansekerta yang dapat diartikan sebagai keinginan kuat untuk tiada henti melakukan sesuatu yang menyenangkan, dalam hal ini adalah aktivitas menulis.

Menulis dengan passion dapat menghasilkan karya yang lebih bermutu dan berdampak positif pada perkembangan pendidikan tinggi di Indonesia.

Menulis dan mempublikasikan karya dalam bentuk jurnal atau buku memiliki peran penting bagi para dosen, terutama dalam konteks Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Melitina menjelaskan, Tri Dharma Perguruan Tinggi terdiri dari tiga pilar utama, yaitu pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. Menulis adalah salah satu bagian dari pilar penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.

“Buku yang dibedah ini, jadi legacy bagi para dosen ATVI, karena dapat dibaca siapa pun, di mana pun, dan kapan pun. Ini akan abadi,” papar Melitina ketika memberikan sambutan pada acara peluncuran dan bedah buku “Perspektif Komunikasi, Media Digital, dan Dinamika Budaya” di Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa-Kemendikbud, Rawamangun, Jakarta Timur, Rabu (17/05/2023).

Peluncuran dan bedah buku ini diselenggarakan atas kerja sama Akademi Televisi Indonesia (ATVI), dengan Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa- Kemendikbud.

Sedangkan bertindak sebagai moderator adalah Dr Dewi Puspita, S.S., M.A. dari Pusat Pengembangan dan Pelindungan Bahasa dan Sastra; dan selingan hiburan berupa musikalisasi puisi oleh Komunitas Van Der Wijck.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Buku "Perspektif Komunikasi, Media Digital, dan Dinamika Budaya" Kaya Ragam Konten dan Karakteristik

Sementara Sekretaris Hafidz Muksin, S.sos, M.Si mengatakan, buku “Perspektif Komunikasi, Media Digital, dan Dinamika Budaya” ini dari sisi konten dan karakteristik cukup beragam baik menyangkut cara membuat konten digital, begaimana membuat live streaming yang bagus, bisnis di era digital, jurnalisme warga, hingga soal alih wahana.

"Buku ini memberi nuansa dan wacana sangat lengkap bagi kita semua. Ini bermanfaat bagi komunitas Bahasa dan sastra di Badan Bahasa ini dan tak kalah penting bagi generasi milenial," katanya.

Apalagi di Badan Bahasa punya Duta Bahasa tersebar di semua provinsi, dimana mereka adalah talenta terbaik secara khusus diberi dukungan dan fasilitasi untuk membuat konten-konten media kreatif yang bertemakan bahasa dan sastra, entah itu untuk penguatan literasi, kelestarian bahasa dan intenasionalisasi Bahasa Indonesia.

“Teknologi itu berkembang cepat, menguasai teknologi informasi itu sangat penting, juga memperbaruinya. Karena itu, buku ini memberi banyak petunjuk dan contoh bagaimana kita menguasai dan memanfaatkan teknologi dengan baik dan positif,” tambah Hafidz.

Editor buku ini, Suradi, MSi menjelaskan latar belakang dan proses kreatif lahirnya buku “Perspektif Komunikasi, Media Digital, dan Dinamika Budaya” ini sebagai bagian dari proses kegiatan menulis para dosen ATVI. Beragamnya tema yang diangkat dalam buku ini memang dimaksdukan memberikan kesempatan bagi para dosen untuk menuangkan pemikiran dan keahliannya yang selama ini diberikan kepada mahasiswa dalam perkuliahan.

“Dukungan kolega dosen, pimpinan ATVI, dan pimpinan penerbit Prenada Media, membuat proses penulisan dan penerbitan buku berjalan lancar. Juga kolaborasi dengan Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa sangat apik, sehingga peluncuran dan bedah buku dalam rangka Dies Natalis ATVI ke-25 sangat menarik,” ungkap Suradi yang juga dosen ATVI.

 

3 dari 5 halaman

Paradoks Era Digital

(ilustrasi)

Sementara itu ahli komunikasi dan juga dosen ATVI, drs. Eduard Depari, MA mengungkapkan keresahannya menyikapi perkembangan masyarakat di era digital yang semakin menuntut kecepatan dan kebaruan. Kita melihat di tengah masyarakat, polarisasi berkembang, apalagi saat kontestasi politik baik Pilpres maupun Pilkada dan pemilihan anggota legislative pusat dan daerah.

“Membedah buku “Perspektif Komunikasi, Media Digital, dan Dinamika Budaya” karya para dosen ATVI ini, kita seolah dihadapkan pada paradok,” ujar Eduard.

"Di satu sisi akses untuk beragam informasi sangat terbuka luas, tetapi saat bersamaan, semangat dan kebiasaan membaca masyarakat sangat lemah.Ini diperparah dengan intervensi media televise yang menawarkan beragam acara dan dapat dilihat di berbagai platform via HP."

Eduard yang mantan Direktur ATVI ini juga mengungkapkan, polarisasi di masyarakat semakin tajam karena peran media sosial tidak terkendali, terutama media social di tangan mampu membeli dan mengkonsumsi tapi tidak mampu mengendalikan pesannya .

Dia menekankan pentingnya literasi membaca atau reading literacy, yaitu bagaimana kemampuan mengendalikan informasi. Lemahnya kebiasaan membaca akan menumpulkan kemampuan berfikir kritis. Karena ketidakmampuan berfikir kritis itu mengakibatkan ketidak mampuan membedakan fakta, opini, hoaks dan informasi yang menyesatkan.

Dalam paparan akhirnya, Eduard menilai tepat pengambilan judul dengan kata perspektif komunikasi, dan media digital, tepat, lalu perspektifnya di mana? Perspektif komunikasi media digital Kita dapat lihat karakter media digital.

Dia memungkinkan banyak hal terjadi dan pada saat bersamaan bisa diakses dan digunakan bersama. “Sayangnya akses informasi itu tidak digunakan secara bermanfaat, informasi apa yang dibaca,” kata Eduard.

 

4 dari 5 halaman

Dinamika Budaya

(ilustrasi)

Pembahas bedah buku ini, dosen Jurusan Desain ITB, Prof Yasraf Amir Piliang melihat aspek budaya dalam konteks perkembangan media digital. Dia menyebutkan buku ini mengulas banyak dimensi media digital, keresahan buku ini adalah proses digitalisasi.

”Pendekatan multi disiplin dan metodenya melihat peluang-peluang bagi proses kretif, tapi tujuan pengayaan keilmuan bidang komunikasi media digital,” katanya.

Yasraf melihat banyak sisi soal era digital saat ini. Misalnya bagaimana perbedaan antara media mainstream lama dengan media digital lebih praktis. Dengan perkembangan terakhir yang mencerminkan multi komunikasi, siapapun bisa membuat konten dan menilai konten lain melalui media digital.

Dimensi budaya yang nyata terasa saat ini lanjut Yasraf, misalnya sebelumnya kita menganggap kehidupan itu bagaikan waktu kronologis dilukiskan dari babakan masa lalu, masa kini dan masa depan.

Tetapi saat ini kita sebut sebagai waktu chronoscopic, tidak lagi kronologis. Jadi sifat chronoscopic yaitu kita bisa berkomunikasi (atau hidup) di satu tempat sama (di layar TV/Komputer) meski tempatnya berjauhan, hingga lintas negara. Perubahan budaya berkomunikasi saat ini juga mengubah sikap dan persepsi kita tentang dimensi kehudupan.

Yang menarik juga diungkapkan Yasraf, bagaimana perubahan cara berkomunikasi yang menyangkat tulisan dalam WA atau Twitter. Di WA atau Twitter, hampir semua dilakukan dengan mempersingkat kata, “Jangan-jangan lama –kelamaan orang ingin membuat skripsi, tesis ataupun disertasi dengan singkat saja,” kata Yasraf bergurau.

Begitu juga dimensi lain dari pola komunikasi melalui pesan di media sosial justru bukan lagi mementingkan konten komunikatif dan baik, tapi bagaimana konten pesan itu segera dibalas.

“Jadi yang penting itu membalas apa saja, bukan memperhatikan pesan sebetulnya sangat pokok,” ujar Yasraf.

5 dari 5 halaman

Buku Karya Dosen ATVI Mendapatkan Apresiasi

Ilustrasi Mobile App | unsplash.com/@priscilladupreez

Sedangkan pembahas Dr. Ahmad Khoironi A, S.Hum., M.A, Anggota KKLP Pembahu (Pembinaan Bahasa Hukum) dari Badan Pembinaan Bahasa dan Sastra, membedah buku ini dengan tema Dunia Komunikasi dari Sudut Pandang Linguistik, Pemilihan Bahasa dan Budaya.

Dia membagi tiga kerangka komunikasi yaitu komunikasi dan Bahasa dalam kajian linguistik, sistematika penulisan artikel sosial-humaniora, dan pembinaan Bahasa dalam ranah tulis.

Diakui oleh Khoiri, tidak mudah untuk menuangkan gagasan/ide atau suatu hal dalam bentuk tulisan yang mudah dibaca dan dimengerti banyak orang. “Jadi Mendedah pikiran kita dalam sebuah buku yang komunikatif itu sulit. Karena itu saya apresiasi karya buku ini sebagai legacy dari para dosen ATVI,” katanya.

Khoironi mengulas Komunikasi dan Bahasa. Komunikasi itu katanya yaitu proses komunikasi yang menjelaskan siapa, mengapa, kepada siapa melalui saluran apa, sedangkan Bahasa yaitu sistem komunikasi antaranggota masyarakat berupa simbol bunyi yang dihasilkan oleh alat ucap manusia. “Komunikasi dapat berjalan efektif jika topik relevan, lawan tutur satu frekuensi dan cara bertutur baik,”katanya.

(Ysl/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini