Sukses

Hands-on Oppo Find N2 Flip, Cover Screen Besar dengan Engsel Tanpa Celah

Smartphone layar lipat Oppo Find N2 Flip dipastikan akan segera meluncur di pasar ponsel Indonesia, dengan menawarkan desain compact, fleksibel, dan engsel tanpa celah ketika ditutup.

Liputan6.com, Jakarta - Smartphone layar lipat Oppo Find N2 Flip dipastikan akan segera meluncur di pasar ponsel Indonesia, dengan menawarkan desain compact, fleksibel, dan engsel tanpa celah ketika ditutup.

Hal itu berkat desain engsel teardrop terbaru, yang juga membuat lipatan (crease) di tengah layar utama smartphone lebih tersembunyi atau nyaris tak terlihat.

Ketika dibuka, kedalaman lipatan pada layar utama hanya 0.11 mm/ 1.29°, yang secara signifikan lebih dangkal bahkan hampir tersembunyi jika dibandingkan ponsel lipat lainnya.

Hal paling menonjol saat kali pertama melihat Oppo Find N2 Flip secara langsung adalah tampilan layar penutup (cover screen) yang lebih besar dari ponsel lipat lain.

Oppo Find N2 Flip adalah smartphone clamshell dengan cover screen terbesar di pasaran saat ini, berukuran 3,26 inci berorientasi portrait dengan jenis panel AMOLED.

Dengan layar depan yang lebih besar, pengguna bisa melihat notifikasi pesan hingga tujuh baris. Pengguna juga bisa menggunakannya sebagai jendela bidik saat mengambil foto dan membalas pesan dengan cepat tanpa harus membentangkan layar utama ponsel lipat ini.

<p>Selfie menggunakan layar depan Samsung Galaxy Z Flip4 [kiri] dab Oppo Find N2 Flip [kanan]. Liputan6.com/Iskandar</p>

Perlu dicatat, kamu hanya bisa membalas pesan melalui respons cepat. Jika pesan atau notifikasi terlalu panjang, kamu harus membuka smartphone.

<p>Notifikasi pesan teks di layar depan Oppo Find N2 Flip [kiri] Samsung Galaxy Z Flip4 [kanan]. Liputan6.com/Iskandar</p>

<p>Memutar lagu di Spotify menggunakan cover screen Oppo Find N2 Flip. Liputan6.com/Iskandar</p>

Layar kecil pada smartphone layar lipat ini juga bisa menampilkan sejumlah widget dan informasi penting lainnya seperti jam, kalender, hingga informasi cuaca. Bahkan kamu bisa memilih daftar lagu di Spotify, langsung dari cover screen.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Ringkas dan Ringan

Sama seperti smartphone layar lipat dengan model clamshell lainnya, Find N2 Flip ringkas dan ringan sehingga mudah dibawa ke mana pun dan cocok bagi kamu yang memiliki mobilitas tinggi.

Oppo Find N2 Flip memiliki dimensi bodi 85,5 x 75,2 x 16 mm ketika dilipat dan 166,2 x 75,2 x 7,5 mm saat dibentangkan. Untuk bobotnya sendiri hanya sekitar 191 gram.

Oppo Find N2 Flip hadir dalam dua balutan warna: Astral Black dan Moonlit Purple. Tim Tekno Liputan6.com kebetulan mendapatkan varian Astral Black dengan lapisan matte yang berstektur agak kasar sehingga tidak licin, tak mudah meninggalkan bekas sidik jari, dan tidak gampang terlepas saat digenggam.

Desainnya juga tampak mewah dengan lapisan luar engsel mengkilap berlogo 'Oppo' nan elegan, juga diperkuat frame aluminum yang solid.

<p>Oppo Find N2 Flip. Liputan6.com/Iskandar</p><p>Oppo Find N2 Flip. Liputan6.com/Iskandar</p><p>Oppo Find N2 Flip. Liputan6.com/Iskandar</p>

Di bagian kanan ponsel terdapat tombol volume dan tombol power dengan sensor fingerprint. Lalu, ada slot kartu SIM, konektor USB-C, mikrofon, dan lubang speaker di bagian kiri bodi. Juga tersemat satu lubang mikrofon di bagian atas.

<p>Oppo Find N2 Flip. Liputan6.com/Iskandar</p>
<p> </p>

Sementara di sisi bagian kiri bodi terlihat clean atau tidak terdapat tombol atau lubang apapun.

<p>Oppo Find N2 Flip. Liputan6.com/Iskandar</p>

Yang membuatnya tampak makin premium adalah tersematnya logo Hasselblad yang berdampingan dengan logo Oppo di bagian cover. Oppo menekankan daya tarik high-end smartphone layar lipat baru, lengkap dengan kamera belakang yang dilengkapi fitur-fitur ala Hasselblad seperti XPAN. 

3 dari 4 halaman

Layar Utama 6,8 Inci dengan Lipatan Nyaris Tak Terlihat

Seperti yang telah kami singgung di atas, layar utama Oppo Find N2 Flip nyaris tanpa lipatan ketika dibentangkan secara penuh. Ya, smartphone layar lipat pada umumnya memiliki lipatan yang timbul di area engsel (hinge) atau di bagian tengah layar.

Lipatan layar pada Find N2 Flip bisa dibilang terlihat lebih samar jika dibandingkan dengan bekas lipatan di ponsel layar lipat lain dengan model clamshell.

<p>[kiri-kanan] Layar utama Oppo Find N2 Flip dan Samsung Galaxy Z Flip4 saat dibuka sepenuhnya. Liputan6.com/Iskandar</p>

Namun, perlu dicatat bahwa bekas lipatan di layar utama Find N2 Flip tetap akan kentara apabila dilihat dari sudut tertentu

Oppo mengklaim, lipatan layar yang nyaris tersembunyi berkat konstruksi engsel berbentuk mirip tetesan air (teardrop). Selain bisa menyamarkan bekas lipatan, engsel berbentuk teardrop juga bisa merapatkan layar utama ketika dilipat.

<p>Teknologi engsel smartphone layar lipat Oppo Find N2 Flip. Dok: Oppo Indonesia</p>

Dengan demikian, material kecil seperti debu tak mudah masuk ke dalam celah engsel sehingga layar utama tak mudah tergores akibat gesekan benda asing.

<p>[kiri-kanan] Samsung Galaxy Z Flip4 dan Oppo Find N2 Flip dalam kondisi layar dilipat menjadi dua. Liputan6.com/Iskandar</p>

Layar utamanya sendiri memiliki panel AMOLED 6,8 inci dengan kecerahan maksimum 1.600 nits. Hal ini membuat layarnya tetap terlihat jelas di berbagai kondisi, bahkan ketika berada di bawah sinar matahari langsung.

<p>Layar utama Oppo Find N2 Flip. Liputan6.com/Iskandar</p>

Bukan itu saja, browsing dan bermain game di smartphone juga terasa sangat mulus berkat refresh rate 120 Hz dan kecepatan refresh variabel menggunakan teknologi Low-Temperature Polycrystalline Oxide (LTPO).

Teknologi LTPO mempunyai kemampuan adaptif untuk menyesuaikan refresh rate layar berdasarkan kebutuhan secara mendasar sehingga lebih hemat daya.

<p>Engsel Oppo Find N2 Flip. Liputan6.com/Iskandar</p><p>Memegang Oppo Find N2 Flip seperti layaknya camcorder untuk mengambil video. Liputan6.com/Iskandar</p>

Layar Oppo Find N2 Flip juga bisa dimiringkan 90 derajat. Hal ini memungkinkan kamu untuk menggunakannya sebagai tripod saat mengambil foto. Kamu juga bisa memegang smartphone seperti layaknya camcorder untuk mengambil video.

4 dari 4 halaman

Infografis Akhir Riwayat Ponsel Black Market di Indonesia. (Liputan6.com/Trieyasni)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini