Sukses

Warganet Geram Lihat Gubernur Lampung Tepuk Tangan dan Senyum Semringah Saat Jokowi Ambil Alih Perbaikan Jalan Rusak

Warga Twitter menyoroti reaksi Gubernur Lampung tepuk tangan dan tersenyum semringah ketika Jokowi mengatakan Pemerintah Pusat akan mengambil alih perbaikan sejumlah jalan rusak di Lampung.

Liputan6.com, Jakarta - Lagi-lagi Gubernur Lampung Arinal Djunaidi menjadi sorotan di berbagai ranah media sosial, mulai dari Twitter, Instagram, hingga TikTok.

Sebelumnya, Gubernur Lampung Arinal Djunaidi ini dikritik pedas oleh warganet saat dirinya mengunjungi lokasi pembangunan jalan rusak sebelum kunjungan Presiden Jokowi.

Alih-alih pakai mobil, orang nomor satu di Provinsi Lampung itu lebih memilih menggunakan helikopter.

Terkini, warga Twitter menyoroti reaksi Gubernur Lampung tepuk tangan ketika Jokowi mengatakan Pemerintah Pusat akan mengambil alih perbaikan sejumlah jalan rusak di Lampung.

"Masyarakat harus tahu ada tanggung jawab jalan nasional itu di pemerinntah pusat. Jalan provinsi itu ada di gubernur, jalan kabupaten itu di bupati dan walikota," jelas Jokowi saat mengecek jalan rusak parah di Kabupaten Lampung Tengah, Provinsi Lampung, Jumat (5/5/2023).

"Tapi ini karena memang sudah lama, ya akan diambil alih oleh pemerintah pusat," sambungnya.

Selain disambut gembira oleh warga sekitar, dan terlihat Gubernur Lampung Arinal Djunaidi tersenyum semringah dan bertepuk tangan berdiri di belakang Jokowi dalam video yang diunggah ke kanal YouTube Sekretariat Presiden.

"Alhamdulilah," ucap Arinal saat mendengar omongan Jokowi soal Pemerintah Pusat ambil alih perbaikan jalan rusak di Lampung.

Sontak reaksi dan ucapan Arinal Djunaidi itu langsung menyulut reaksi hebat dari pengguna sosial media, khususnya di ranah Twitter.

Berikut komentar pedas warganet tentang reaksi Gubernur Lampung malah tepuk tangan dan tersenyum semringah saat Jokowi ambil alih perbaikan jalan rusak. "Pak basuki tetap cool walau sebenar nya kesel tapi ini opini gw aja sih siapa yg gak kesel tiba2 tepuk tangan," kata @a**** di Twitter.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Warganet Kritik Reaksi Gubernur Lampung Soal Jalan Rusak

Sementara itu, akun Twitter lainnya mengungkap bagaimana Arinal Djunaidi terlihat tidak memiliki malu saat mendengar kabar tersebut.

"Gak punya urat malu!", tulis akun @e****. Warganet dengan akun @J**** berujar, "Shame on you woiii...ssmpe2 presiden harus turun tangan ngurusin urusan daerah, kepala daerah ngapain? Duit anggaran daerah kemana?"

"Yg baju coklat itu lagi salting , binggung , ndredeg... Lihat kan gak direken sama Pak Bas dan Pak Erick😁... Yg baju coklat lagi menghibur kegundahan hati dan jiwanya," cuit @r****.

"Kalau jalan rusak dan gubernur gak perduli, terus dia jadi pejabat gunanya apa?," tulis @H****.

Akun @u**** menulis di platform media sosial itu, "Budaya malu menghilang, harusnya sadar diri dapat jabatan dan disumpah pula, bukannya membangun daerahnya sendiri, kalau tdk mampu atau kurang anggaran, kan bisa pengajuan. Lucu malah tepuk tangan, kalau semua gubernur seperti anda, mending gk usah ada gubernur kalik 😄."

"Tepuk tangan hanya untuk menutupi rasa malu? Percuma punya gubernur nggak bisa kerja," ucap @t****.

Akun @A**** mencuitkan, "Dih ga punya malu! Tolong tindak lanjutnya pak jangan smp keputusan bapak membuat cemburu provinsi lain, pemimpin yg benar2 kerja, banyak APBD daerah lain yg kecil tp mampu membangun infrasturktur dgn baik dr dana desa yg sdh diberikan PP @jokowi @KemenPU @KPK_RI."

3 dari 4 halaman

Ekspresi Masam Jokowi Saat Sidak Jalan Rusak di Lampung

Jokowi menekankan pentingnya perbaikan infrastruktur jalan untuk mendukung mobilitas orang dan barang. Dia menyampaikan biaya logistik akan tergantung pada infrastruktur yang ada. (Foto: Laily Rachev - Biro Pers Sekretariat Presiden)

Presiden Joko Widodo (Jokowi) memenuhi janjinya mengecek secara langsung jalanan rusak di Provinsi Lampung, Jumat (5/5/2023). Kunjungan itu lantas viral di berbagai platform media sosial.

Dari foto yang dibagikan oleh pihak Biro Pers Sekretariat Presiden, terlihat Jokowi didampingi oleh Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan di kursi belakang.

Terlihat melalui jendela belakang mobil berpelat 'Indonesia 1' yang terbuka, terlihat ekspresi masam Jokowi saat melintasi jalanan rusak di kawasan Jalan Terusan Ryacudu, Kabupaten Lampung Selatan.

Informasi, ungkapan muka masam sendiri sering digunakan untuk menggambarkan ekspresi muka yang terlihat tidak suka pada suatu hal kurang disukai, merasa tidak senang, dan sebagainya.

Muka masam Jokowi saat sidak jalan rusak di Lampung ini pun langsung menjadi sorotan, dan menjadi perbincangan banyak warganet hingga populer di lini masa Twitter.

4 dari 4 halaman

Berikut adalah beberapa komentar warganet di lini masa Twitter.

Jokowi tinjau kerusakan jalan di Lampung (Twitter/@jokowi)

"Pemda nya malu nggak sih?🙈," cuit @A****. Sedangkan akun @d**** menulis, "Hajar pakde."

"Klo sprti ini Dana APBDnya di ambil saja Pak @jokowi. Gubenurnya jadi Pak RT saja," kata @Z**** di platform media sosial milik Elon Musk itu.

Sedangkan akun @B**** menulis, "Gubernur atau bupati dtunjuk saja, biar kalau nggak beres bisa langsung dicopot."

"Terusin pak...sampe jalan2 desa yg di lewati , jgn hnya jalan besar nya...jalan kecil jga yg di lalui rakyat kecil," ujar @L**** di Twitter.

Disebutkan, kawasan tersebut adalah satu dari beberapa ruas jalan yang masuk agenda Presiden Jokowi ke Lampung pada hari ini.

Dari video yang dibagikan Fotografer Resmi Istana Kepresidenan, Agus Suparto, terlihat bagaimana kondisi mobil Mercedes-Benz S 600 Guard itu terlihat ajrut-ajrutan saat melintas di jalanan rusak di Kota Lampung.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.