Sukses

WhatsApp Segera Hadirkan 3 Fitur Baru, Apa Saja?

WhatsApp akan memberikan tiga fitur yang akan bermanfaat bagi pengguna aplikasi, baik di Android maupun iPhone. Simak fitur barunya berikut ini.

Liputan6.com, Jakarta - Kemudahan penggunaan WhatsApp menjadikannya salah satu aplikasi chatting yang paling banyak digunakan. Platform ini terus memberikan berbagai pembaruan berupa fitur atau perbaikan masalah tertentu untuk meningkatkan pengalaman pengguna.

Mengutip informasi dari Tech Radar, Sabtu (6/5/2023), WhatsApp akan memberikan tiga fitur yang akan bermanfaat bagi penggunanya.

Pembaruan fitur WhatsApp ini mencakup peningkatan fitur polling atau polls, caption untuk foto yang akan diteruskan ke kontak lain, dan transfer riwayat obrolan tanpa penyimpanan cloud.

Pembaruan fitur polls dan keterangan foto akan digulirkan pada update aplikasi di iOS maupun Android. Menurut WhatsApp, keduanya akan tersedia untuk semua pengguna dalam beberapa minggu mendatang. 

Karena itu, pengguna perlu menunggu versi terbaru atau memeriksa App Store dan Play Store untuk melihat opsi pembaruan yang ada. Untuk mengetahui lebih lanjut, simak penjelasan lengkap mengenai ketiga fitur baru yang akan hadir di aplikasi WhatsApp berikut ini.

1. Peningkatan Fitur Polls untuk Cegah Kecurangan Suara

Meskipun hanya akan digunakan dalam situasi tertentu, peningkatan fitur polls dapat bermanfaat bagi group chat ketika menentukan suatu kesepakatan.

Menyadari kepentingan tersebut, WhatsApp berupaya untuk mencegah anggota mengubah hasil polling dengan memberikan lebih dari satu suara.

Tak hanya itu, update fitur baru WhatsApp ini juga akan memudahkan pengguna ketika mencari hasil polling. Melalui ikon pencarian, hasil polling juga akan muncul ketika kita mencari sesuatu.

Ketika membuat polling, pembuat akan mendapatkan notifikasi saat orang lain memberikan suara. Kemudian, jumlah total orang yang telah berpartisipasi dalam polling tersebut juga akan ditampilkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. Bisa Tambahkan Caption untuk Foto dan Dokumen yang akan Diteruskan

Untuk pembaruan kedua, peningkatan hadir dalam proses berbagi foto atau dokumen. Fitur baru ini memungkinkan pengguna menambahkan deskripsi untuk pesan yang diteruskan (forward) ke kontak lain. 

Jika foto atau dokumen telah memiliki keterangan, pengguna bisa mengedit deskripsi tersebut sebelumnya meneruskannya kembali.

Hal ini juga akan berlaku dalam proses pengiriman dokumen. Dengan demikian, pengguna bisa leluasa memberikan konteks dan informasi tambahan tentang gambar atau dokumen yang akan diteruskan.

Meskipun bukan peningkatan besar, pembaruan ini tidak dapat dikatakan sepele karena dapat bermanfaat bagi aktivitas chatting pengguna. Obrolan juga dapat berjalan lebih efisien, karena pengguna dapat mengirim konteks dan lampiran secara bersamaan.

3 dari 4 halaman

3. Pencadangan Riwayat Obrolan ke Ponsel Lain Tanpa iCloud atau Google Drive

Di samping dua pembaruan fitur di atas, WhatsApp juga akan memungkinkan penggunanya mentransfer riwayat obrolan ke ponsel lain tanpa menggunakan layanan cloud, yakni Google Drive dan iCloud.

Proses ini akan dapat dilakukan di dalam aplikasi WhatsApp untuk Android maupun iPhone.

Update ini tentu akan sangat berguna bagi mereka yang tidak berlangganan layanan tersebut untuk menambah penyimpanan. Versi gratis dari iCloud sendiri hanya memberikan batas 5GB dan membatasi pencadangan riwayat obrolan ke iPhone lain. 

Diketahui, proses transfer hanya memerlukan pendaftaran nomor di WhatsApp. Kemudian, ponsel lama digunakan untuk memindai kode QR yang tampil di ponsel baru untuk memulai proses transfer riwayat obrolan.

Sayangnya, untuk saat ini fitur tersebut baru tersedia untuk penguji WhatsApp Beta dan programnya telah ditutup untuk penguji baru. Untuk memeriksa apakah pengguna masih bisa bergabung dengan beta, pengguna android bisa mengakses profil pada Play Store.

Pilih ‘Kelola aplikasi dan perangkat yang diinstal’, lalu lihat apakah opsi ‘Bergabung dengan beta’ masih tersedia.

4 dari 4 halaman

WhatsApp Uji Coba Opsi untuk Memutar GIF Secara Otomatis di Android

Di sisi lain, baru-baru ini WABetaInfo melaporkan WhatsApp Beta 2.23.10.2 untuk Android akan menghadirkan sedikit perubahan. Dikabarkan, aplikasi perpesanan ini sedang menguji coba opsi yang memungkinkan GIF diputar secara otomatis.

Meskipun GIF umumnya bergerak berulang-ulang, pembaruan ini hanya akan memutarnya satu kali. Setelah itu, tulisan 'GIF' akan muncul seperti biasa dan pengguna perlu meng-klik gambar jika ingin memutarnya lagi.

Dilansir GSM Arena, Rabu (3/5/2023), opsi ini dapat menjadi pembaruan yang tepat karena terkadang animasi yang dimainkan berulang-ulang dapat mengganggu kenyamanan pengguna dalam obrolan. 

Bagi anggota program WhatsApp TestFlight, pengguna mungkin sudah bisa mencoba fitur baru WhatsApp ini. Namun, belum ada informasi lebih lanjut apakah opsi tersebut akan segera dirilis dalam update berikutnya.

Di sisi lain, platform ini terus mengembangkan berbagai fitur yang dapat meningkatkan pengalaman pengguna. Salah satunya adalah mode 'Side by side' yang sedang diuji coba untuk pengguna tablet Android.

Sebagai informasi, mode ini dapat menampilkan beberapa chat WhatsApp sekaligus, sehingga memudahkan aktivitas obrolan pengguna dengan banyak orang dalam waktu yang sama. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.