Sukses

Ekspresi Masam Jokowi Saat Sidak Jalan Rusak di Lampung Jadi Sorotan, Warganet: Pemda-nya Malu Enggak Sih

Muka masam Jokowi saat sidak jalan rusak di Lampung ini pun langsung menjadi sorotan dan menjadi perbincangan warganet di linimasa Twitter.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) memenuhi janjinya mengecek secara langsung jalanan rusak di Provinsi Lampung, Jumat (5/5/2023). Kunjungan itu lantas viral di berbagai platform media sosial.

Dari foto yang dibagikan oleh pihak Biro Pers Sekretariat Presiden, terlihat Jokowi didampingi oleh Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan di kursi belakang.

Terlihat melalui jendela belakang mobil berpelat 'Indonesia 1' yang terbuka, terlihat ekspresi masam Jokowi saat melintasi jalanan rusak di kawasan Jalan Terusan Ryacudu, Kabupaten Lampung Selatan.

Informasi, ungkapan muka masam sendiri sering digunakan untuk menggambarkan ekspresi muka yang terlihat tidak suka pada suatu hal kurang disukai, merasa tidak senang, dan sebagainya.

Muka masam Jokowi saat sidak jalan rusak di Lampung ini pun langsung menjadi sorotan, dan menjadi perbincangan banyak warganet hingga populer di lini masa Twitter.

Berikut adalah beberapa komentar warganet di lini masa Twitter.

"Pemda nya malu nggak sih?🙈," cuit @A****. Sedangkan akun @d**** menulis, "Hajar pakde."

"Klo sprti ini Dana APBDnya di ambil saja Pak @jokowi. Gubenurnya jadi Pak RT saja," kata @Z**** di platform media sosial milik Elon Musk itu.

Sedangkan akun @B**** menulis, "Gubernur atau bupati dtunjuk saja, biar kalau nggak beres bisa langsung dicopot."

"Terusin pak...sampe jalan2 desa yg di lewati , jgn hnya jalan besar nya...jalan kecil jga yg di lalui rakyat kecil," ujar @L**** di Twitter.

Disebutkan, kawasan tersebut adalah satu dari beberapa ruas jalan yang masuk agenda Presiden Jokowi ke Lampung pada hari ini.

Dari video yang dibagikan Fotografer Resmi Istana Kepresidenan, Agus Suparto, terlihat bagaimana kondisi mobil Mercedes-Benz S 600 Guard itu terlihat ajrut-ajrutan saat melintas di jalanan rusak di Kota Lampung.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Mobil Jokowi Susuri Jalanan Rusak di Lampung

Berdasarkan keterangan videonya, mobil Presiden Jokowi sedang melintasi Jalan Terusan Ryacudu Lampung. Sejumlah pasukan pengamanan presiden (Paspampres) tampak mengawal mobil yang ditumpangi Jokowi dari belakang.

Mereka menggunakan sepeda motor. Selain itu, di belakang juga terlihat iring-iringan mobil rangkaian kepresidenan lainnya.

Dari video yang diunggah, terlihat mobil Jokowi melewati jalan yang rusak parah. Mulai dari, ada lubang yang cukup besar, jalanan yang mengalami pengelupasan aspal, hingga jalanan yang masih bertanah dan berpasir.

Mobil Jokowi tampak melaju dengan kecepatan rendah pelan dan berhati-hati saat melewati jalanan rusak tersebut. Beberapa kali mobil Jokowi menghindari jalanan yang berlubang.

Sejumlah warga telah menunggu kehadiran Jokowi dengan berdiri di pinggir jalan. Jokowi pun menyempatkan membagi-bagikan baju kaus dari dalam mobilnya.

3 dari 3 halaman

Jokowi Minta Jalan Rusak di Lampung Segera Diperbaiki

Menurut dia, pemerintah baru mengumpulkan data-data soal jalan-jalan rusak parah yang ada di kabupaten/kota maupun provinsi. Jokowi menyadari anggaran di provinsi dan kabupaten/kota hanya sedikit yang ditujukan untuk infrastruktur. (Foto: Laily Rachev - Biro Pers Sekretariat Presiden)

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo atau Jokowi meminta agar jalan rusak di Provinsi Lampung, yang viral beberapa waktu lalu segera diperbaiki. Jokowi mengatakan Kementerian PUPR siap mengambil alih apabila pemerintah daerah setempat tak mampu memperbaiki jalan.

"Secepat-cepatnya dimulai (perbaikan jalan rusak), yang bisa yang kira-kira provinsi tidak memiliki kemampuan, kabupaten tidak memiliki kemampuan, ya akan diambil-alih oleh Kementerian PU, utamanya jalan yang rusak parah," jelas Jokowi usai meninjau Pasar Natar, Provinsi Lampung, Jumat (5/5/2023).

Kunjungan Jokowi ke Lampung bukan hanya untuk meninjau harga sembako di pasar. Jokowi juga akan mengunjungi jalan rusak di Lampung.

"Ya setelah ini (dari pasar), saya mau lihat jalan-jalan yang ada di Lampung," ujarnya.

Dia menekankan pentingnya perbaikan infrastruktur jalan untuk mendukung mobilitas orang dan barang. Jokowi menyampaikan biaya logistik akan tergantung pada infrastruktur yang ada.

"Ini melihat kita melihat inflasi, lihat harga-harga tapi juga ingin melihat infrastruktur utamanya jalan, karena ini menjadi kunci biaya logistik itu sangat bergantung baik tidaknya infrastruktur yang kita miliki," kata Jokowi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini