Sukses

Perkuat Layanan, Apple Bakal Rilis Aplikasi Kesehatan Berbasis AI

Apple dikabarkan akan menghadirkan layanan kesehatan berbasis kecerdasan buatan untuk meningkatkan kondisi pengguna.

Liputan6.com, Jakarta - Apple dikabarkan tengah mengembangkan layanan aplikasi kesehatan berbasis AI atau kecerdasan buatan. Menurut laporan Bloomberg, layanan ini nantinya akan berbayar dan bisa membantu pengguna meningkatkan kesehatannya.

Mengutip informasi dari The Verge, Kamis (27/4/2023), layanan kesehatan ini memiliki kode nama Quartz. Nantinya, layanan ini akan memanfaatkan kecerdasan buatan dan data dari Apple Watch untuk memberikan saran serta program pelatihan yang sesuai dengan kondisi masing-masing pengguna.

Layanan tersebut bisa membantu pengguna untuk meningkatkan kualitas tidur, latihan olahraga yang dilakukan, hingga kebiasaan makan. Kendati demikian, layanan Apple ini tidak akan diumumkan di 2023, melainkan di tahun depan.

Bloomberg juga menyebut, aplikasi ini akan menjadi satu dari beberapa inisiatif layanan kesehatan yang dikembangkan Apple. Selain layanan Quartz ini, Apple juga disebut akan menghadirkan aplikasi Health khusus untuk iPad sebagai bagian dari iPadOS.

Selain kesehatan fisik, Apple juga disebut akan menghadirkan aplikasi untuk mendukung kesehatan mental. Sebagai informasi, dalam beberapa tahun terakhir, Apple terus memperluas layanan kesehatan besutannya.

Sebagai contoh, Apple telah memperkenalkan fitur pemantau meminum obat di tahun lalu. Lalu, Apple juga telah menghadirkan layanan Fitness Plus sebagai layanan video panduan olahraga berbayar untuk para penggunanya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

iOS 17 Akan Benamkan Fitur Sideloading Apps untuk iPhone, Apa Itu?

Di sisi lain, Worldwide Developer’s Conference 2023 (WWDC 2023) yang berlangsung pada 5-9 Juni 2023, disebut akan menjadi acara Apple terbesar dalam sejarah.

WWDC 2023 juga digadang-gadang sebagai acara di mana Apple akan merilis headset VR/AR generasi pertamanya. Selain itu, Apple juga akan mengungkap iOS 17.

Meskipun demikian, Apple diperkirakan tidak akan memperkenalkan banyak fitur baru pada iOS 17. Namun fitur yang akan ditampilkan Apple akan menarik perhatian. Demikian sebagaimana dikutip dari Gizchina, Selasa (25/4/2023).

Misalnya, menurut laporan terbaru, Apple akan menempatkan elemen untuk mengaktifkan sideloading apps di iPhone. Sideloading adalah proses meletakkan file (biasanya aplikasi) di perangkat dari sumber selain App Store.

Setiap tahun, acara WWDC bulan Juni menghadirkan pembaruan tahunan ke sistem operasi utama Apple. Perubahan pada iOS adalah yang paling banyak menjadi sorotan.

Namun kali ini, perubahan yang akan dilakukan Apple di iOS 17 akan lebih condong ke kepatuhan peraturan ketimbang memperkenalkan banyak fitur baru.

3 dari 5 halaman

iOS 17 Tidak Akan Bawa Perubahan Besar-Besaran

Laporan tersebut berasal dari koresponsen Bloomberg, Mark Gurman, yang mengonfirmasi bahwa Apple akan memperkenalkan iOS 17 bersama macOS 14, iPadOS 17, dan pembaruan watchOS 10 yang signifikan.

Menurut Gurman, iPadOS dan iOS sepertinya tidak akan mendapatkan fitur baru yang besar. Sebaliknya, mereka akan membawa perbaikan kecil untuk memenuhi permintaan pengguna.

Selain itu, Gurman mengatakan bahwa Apple akan membuat lebih banyak kejutan di luar WWDC dengan mengerjakan perombakan iOS.

Apple sebelumnya melaporkan sedang mempersiapkan diri untuk perubahan undang-undang Uni Eropa, dan juga Undang-Undang Pasar Digital yang akan berlaku pada tahun 2024. Tindakan ini pada dasarnya memaksa Apple untuk mengizinkan toko aplikasi pihak ketiga. Lewat iOS 17, Apple bersiap untuk mematuhinya.  

4 dari 5 halaman

Ini Jajaran iPhone dan iPad yang Tidak Kebagian Update iOS 17, Ada iPhone X dan iPhone 8

Dalam WWDC 2023 yang akan digelar bulan Juni mendatang, Apple akan mengumumkan iOS 17. Menjelang pengumuman tersebut, terdapat rumor baru yang mengklaim bahwa iOS 17 dan iPadOS 17 tidak akan lagi mendukung beberapa perangkat Apple versi lama. 

Rumor itu juga menyebut salah satu tipe iPhone yang akan kehilangan dukungan untuk mendapatkan update iOS terbaru ini adalah iPhone X. 

Mengutip dari 9to5Mac, Rabu (12/4/2023), desas-desus ini berasal dari seorang pengguna Twitter anonim yang sebelumnya sempat mengungkapkan tentang informasi pembaruan software Apple secara detail. Dalam cuitannya, update iOS 17 dan iPadOS 17 tidak akan tersedia untuk perangkat berikut : 

  • iPhone 8
  • iPhone 8 Plus
  • iPhone X
  • iPad (generasi ke-5)
  • iPad Pro 9,7 inci (generasi ke-1)
  • iPad Pro 12,9 inci (generasi ke-1)

Seperti yang diinformasikan oleh MacRumors, keputusan Apple mengecualikan daftar perangkat di atas dari pembaruan iOS 17 dapat dikaitkan dengan kerentanan boot ROM yang dapat memengaruhi chip A5 hingga A11. 

Untuk diketahui, dihentikannya dukungan ini sebenarnya sama seperti ketika iOS 16 rilis pada tahun lalu. Ketika itu, Apple tidak menggulirkan iOS 16 untuk sejumlah perangkat besutannya yang terbilang sudah lawas, termasuk iPhone 6s dan iPhone 6s Plus, iPhone 7 dan iPhone 7 Plus, iPhone SE (generasi ke-1), dan iPod touch (generasi ke-7). 

(Dam/Isk)

5 dari 5 halaman

Infografis 5 Cara Jaga Kesehatan Mata Era Daring Selama Pandemi Covid-19 (Liputan6.com/Niman)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.