Sukses

Bocoran Samsung Galaxy Z Fold5: Bodi Lebih Tipis Saat Dilipat

Menurut bocora dari leakster Ice Universe, bodi Galaxy Z Fold 5 disebut akan memiliki bodi yang lebih tipis dari pendahulunya.

Liputan6.com, Jakarta - Bocoran informasi mengenai Samsung Galaxy Z Fold5 kembali muncul. Kali ini, giliran leakster kenamaan Ice Universe yang membahas soal desain dari seri terbaru Galaxy Z Fold tersebut.

Mengutip informasi dari The Verge, Kamis (27/4/2023), Ice Universe mengunggah informasi mengenai ketebalan Galaxy Z Fold5. Ia menuliskan, smartphone layar lipat ini akan memiliki bodi lebih tipis saat dilipat, jika dibandingkan dengan pendahulunya.

Disebutkan dalam unggahannya, bodi Samsung Galaxy Z Fold5 saat dilipat memiliki ketebalan 13,4mm. Sebagai perbandingan, Galaxy Z Fold 4 saat dilipat memiliki ketebalan sekitar 14,2mm hingga 15,8mm.

Untuk diketahui, ketebalan bodi ini dipengaruhi oleh celah engsel dan sudut layar saat dilipat. Apabila laporan ini benar, besar kemungkinan bodi HP Samsung ini akan lebih rata dan tipis dari generasi sebelumnya.

Selain bodi yang lebih tipis, bobot Galaxy Z Fold5 juga disebut lebih ringan. Berdasarkan rumor yang beredar, penerus Galaxy Z Fold 4 ini memiliki bobot 9 gram lebih ringan.

Meski ada beberapa perubahan, Samsung dilaporkan tetap akan mempertahakan sejumlah aspek dari pendahulunya. Salah satunya adalah ukuran layarnya yang masih dengan Galaxy Z Fold 4.

Laporan sebelumnya juga menyebut smartphone ini akan hadir dengan engsel baru yang diberi nama “Water Drop”. Engsel ini disebut bisa mengurangi tampilan lipatan layar pada Galaxy Z Fold 5, tapi diperkirakan tidak memiliki masa pakai sepanjang generasi sebelumnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Engsel Samsung Galaxy Z Fold 5 Diperkirakan Bisa Dilipat hingga 200.000 Kali Lipatan

Berdasarkan laporan The Elec yang dikutip 9to5Google, Minggu (5/3/2023) diketahui bahwa Samsung telah menjalani uji coba engsel baru ini. 

Akan tetapi, tes ini berkisar pada ketahanannya untuk 200.000 kali lipatan. Angka ini sama seperti tes untuk Galaxy Z Fold sebelumnya dan terpaut jauh dari pesaingnya yang baru muncul, yakni Honor Magic VS dan Oppo Find N2 dengan 400.000 kali lipatan.

Pada laporan tersebut, disebutkan, sebelumnya engsel akan diuji hingga batas maksimum 300.000 kali lipatan. Namun, 200.000 kali lipatan tampaknya merupakan batas utama dari engsel Galaxy Z Fold 5.

Padahal, engsel harus mempertahankan setidaknya 85 persen kekuatannya setelah melewati 200.000 kali lipatan. 

Secara teori, tes ini mungkin dapat mewakili sekitar lima tahun penggunaan smartphone layar lipat ini dengan lebih dari 100 kali lipatan per harinya.

Sementara itu, dua pesaing Samsung tersebut diperkirakan akan bertahan selama sekitar 10 tahun, yang umumnya menjadi waktu terpanjang dalam penggunaan perangkat elektronik. 

3 dari 5 halaman

Engsel “Water Drop” Dinilai Mampu Kurangi Bekas Lipatan

Samsung Z Fold 5 atau generasi smartphone layar lipat Samsung berikutnya dikabarkan akan hadir dengan pengembangan engsel baru yang disebut “Water Drop”.

Dengan engsel baru ini, kedua layar bersandar satu sama lain dengan halus sehingga menciptakan lipatan yang lebih sejajar. 

Berbeda dengan Galaxy Z Fold 4 yang menggunakan engsel “U-shape”, terdapat sedikit celah di mana kedua layar tidak bersentuhan.

Menurut The Elec, perubahan pada engsel ini memberi keuntungan dalam hal ketebalan perangkat secara keseluruhan. Saat  ini, engsel Samsung Galaxy Z Fold 4 memiliki ketebalan sekitar 15,8 mm.

Sementara dengan menerapkan engsel baru "Water drop", ketebalan smartphone ketika dilipat dapat dikurangi menjadi sekitar 14 mm.

Sebelumnya, terdapat pula rumor bahwa engsel Samsung Galaxy Z Fold 5 akan dapat dilipat 360 derajat. Samsung Display sendiri telah memamerkan prototipe “Flex In & Out” baru yang memungkinkan Galaxy Z Fold 5 untuk dilipat ke dalam maupun ke luar. 

4 dari 5 halaman

Keunggulan Samsung Galaxy Z Fold dari Honor Magic VS dan Oppo Find N2

Dilansir The Verge, Sabtu (4/3/2023), meskipun memiliki ketahanan lipatan yang lebih kecil dibandingkan Honor Magic VS dan Oppo Find N2, Galaxy Z Fold 5 bakal memiliki ketahanan air berkat sertifikat IPX8. 

Sayangnya, sertifikasi tahan air semacam ini belum dimiliki kedua pesaingnya. Jika pengguna menjatuhkan ponsel tersebut ke air dalam keadaan terlipat, kemungkinan ponsel akan terus terlipat hingga tahun-tahun selanjutnya. 

Membahas soal engsel, Samsung bukan vendor pertama yang mengadopsi desain ini untuk ponsel layar lipatnya, karena Oppo Find N2 pun juga menggunakan engsel droplet serupa.

Sebagaimana dicatat oleh Naver, Samsung telah mematenkan engsel droplet ini sejak 2016 dan masih belum diketahui kenapa menggunakannya hingga sekarang. 

(Dam/Isk)

5 dari 5 halaman

Infografis 7 Gelagat Pria Ketika Selingkuh via Ponsel. (Liputan6.com/Lois Wilhelmina)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini