Sukses

Cara Donasi Online Pakai Blibli Buat Bantu Anak-Anak Kurang Beruntung di Bulan Ramadhan

Berikut ini cara melakukan donasi online melalui platform e-commerce Blibli, yang sedang menggelar program GASABAR Berbagi Bahagia

Liputan6.com, Jakarta - Platform e-commerce Blibli mengajak masyarakat dan penggunanya untuk melakukan donasi secara daring, melalui program yang mereka gelar dengan tajuk GASABAR Berbagi Bahagia.

Adapun untuk program pengumpulan donasi dari corporate social responsibility Blibli selama Ramadhan ini, perusahaan menggandeng platform crowdfunding BenihBaik.com.

Mengutip siaran pers, Minggu (16/4/2023), hasil pengumpulan donasi yang akan berlangsung pada 25 Maret sampai 25 April 2023 ini, akan disalurkan untuk anak-anak yang kurang beruntung di Yayasan Sayap Ibu Jakarta.

Cara Donasi Online dengan Blibli

Blibli pun mengungkapkan langkah-langkah yang bisa dilakukan pengguna, apabila ingin melakukan donasi secara daring melalui platformnya.

  1. Masuk ke halaman Blibli Tiket Rewards dan pilih opsi DONASI GASABAR Berbagi Bahagia untuk ditukarkan dengan poin.
  2. Poin pelanggan akan terpotong sesuai dengan nominal donasi yang dipilih, tersedia dalam nominal Rp 5.000, Rp 10.000, Rp 15.000, Rp 20.000, Rp 25.000 dan Rp 50.000).
  3. Setelah selesai menukarkan poin, partisipan akan otomatis menerima email berisi kode voucher yang merupakan bukti sah donasi.
  4. Setiap penukaran poin akan dihitung banyaknya di akhir periode program GASABAR Ramadan, di mana total donasi yang terkumpul akan disalurkan untukanak-anak yang membutuhkan.

Selain itu, platform e-commerce ini juga mengajak brand partner kebutuhan sehari-hari seperti popok bayi, susu dan minyak goreng, untuk turut serta mendonasikan produk-produknya.

Tidak berhenti pada mitra seller, Blibli juga mengajak seluruh karyawan untuk terlibat dalam kegiatan volunteering melakukan beragam aktivitas bermanfaat saat penyerahan donasi berlangsung.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Tren Donasi Online di Bulan Ramadhan

Blibli juga mengungkapkan, menurut laporan tSurvei.id beberapa waktu lalu, sebanyak 69 persen masyarakat Indonesia sering melakukan donasi secara online sebesar 2,5 persen dari penghasilannya.

Donasi online dinilai memudahkan donatur untuk mendapatkan detail informasi terkait, memberikan opsi pembayaran non-tunai yang beragam, serta menjamin pengelolaan donasi yang terpercaya.

Yolanda Nainggolan, Vice President of Public Relations Blibli mengatakan, tren kenaikan jumlah partisipasi pelanggan dalam berdonasi online, khususnya di bulan Ramadhan, mendorong perusahaan menggelar program ini.

"Data internal Blibli juga mencatat bahwa di tahun 2022 tercatat kenaikan tiga kali lipat jumlah pelanggan yang berdonasi di bulan suci Ramadan dibanding bulan-bulan lain selama satu tahun sebelumnya," kata Yolanda.

3 dari 4 halaman

Produk Paling Diburu Orang Indonesia pada Ramadhan 2023

Sebelumnya, menurut Data Navigating Ramadan with Digital 2023 Playbook oleh Google, menyebutkan konsumen digital di Indonesia disebut semakin gencar berburu produk incaran pada kategori makanan, gadget, dan pakaian.

Selain itu, kendaraan bermotor dan perlengkapan rumah tangga juga merupakan produk yang banyak dicari di periode menjelang Ramadhan.

Berangkat dari tren tersebut, Blibli meluncurkan kampanye Ga Sabar (Gas Ambil Rejeki Ramadan) selama periode 4 sampai 14 April 2023 dengan menghadirkan beragam promo menarik.

Antara lain mulai dari diskon 90 persen untuk semua pembelian, voucher combo hingga Rp 2,5 juta sampai peluang gratis ongkir berkali-kali tanpa minimal transaksi belanja.

"Melalui kampanye “Ga Sabar” Ramadan di Blibli, kami ingin wujudkan antusias pelanggan dalam membeli berbagai kebutuhan selama Ramadan, mulai dari kebutuhan harian sampai perlengkapan ibadah," kata SVP of Campaign Blibli, Cindy Kalensang lewat siaran pers, Jumat (24/3/2023).

 

4 dari 4 halaman

Peningkatan Jumlah Transaksi

Data internal Blibli juga menemukan di momen Ramadan pada 2022, terdapat peningkatan jumlah transaksi sebanyak dua kali lipat dibandingkan hari biasa (year on year).

Dari segi perilaku belanja, Blibli mencatat pelanggan biasanya mulai mencari dan membeli kebutuhan Ramadan sejak dua minggu sebelum bulan puasa.

“Karena itu, kami optimis dan berkomitmen untuk memberikan keleluasaan bagi pelanggan dalam berbelanja sebelum maupun pada saat berpuasa melalui fitur-fitur inovatif kami seperti layanan 2 Jam Sampai, Click & Collect, dan Blibli Instore,” Cindy memungkaskan.

(Dio/Ysl)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.