Sukses

Review Samsung Galaxy A54 5G: Tawarkan Performa dan Hasil Foto yang Mantap

Berikut ini ulasan dan pengalaman dalam penggunaan sehari-hari Samsung Galaxy A54 5G yang baru dirilis beberapa waktu lalu

Liputan6.com, Jakarta - Jelang bulan Ramadhan 2023 beberapa waktu lalu, Samsung meluncurkan smartphone terbaru mereka Samsung Galaxy A54 5G.

Ponsel terbaru ini jadi salah satu perangkat yang mengisi slot mid-range ponsel Samsung, setelah mereka sebelumnya merilis perangkat flagship dan entry-level.

Hadir sebagai tipe yang paling tinggi di HP mid-range Samsung, Galaxy A54 5G pun menghadirkan spesifikasi dan fitur unggulan.

Sekilas mengenai spesifikasi Samsung Galaxy A54 5G, HP ini memakai prosesor Exynos 1380. Prosesor ini juga sudah mendukung jaringan 5G serta Wi-Fi 6.

Layar HP ini sudah memakai Super AMOLED 6,4 inci dengan resolusi FHD+. Layarnya juga dilengkapi level brightness 1000 nits, serta refresh rate 120Hz dan touch sampling rate 240Hz.

Review Samsung Galaxy A54 5G

HP Samsung ini sendiri sudah menyambangi Tekno Liputan6.com selama beberapa pekan. Berikut ini ulasan saya dalam menggunakan ponsel pintar yang satu ini.

  • Desain

Dari segi desain, Samsung A54 5G memang menawarkan desain yang sangat mirip dengan HP-HP Samsung keluaran terbaru, termasuk Galaxy S23 maupun seri entry seperti Galaxy A14 5G, serta tentu saja Galaxy A34 5G.

Untuk bagian ini, saya termasuk orang yang tidak terlalu mempermasalahkan, meski tentu saja agak sedikit menyayangkan penggunaan desain yang berulang semacam ini.

Namun untungnya, Galaxy A54 5G punya warna yang menurut saya cakep dan menyegarkan, yang kebetulan menjadi opsi warna yang saya jajal, yaitu Lime yang kehijauan, di mana pilihan warna ini terasa menyegarkan buat saya.

Bobot HP Samsung ini terbilang sedikit lebih tebal jika dibandingkan dengan beberapa smartphone lain, tetapi masih cukup nyaman dalam genggaman.Cover belakangnya pun juga bebas sidik jari meski sedikit licin.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Pemakaian Sehari-hari

  • Layar

Layar di Samsung Galaxy A54 5G menurut saya memberikan pengalaman yang enak banget untuk digunakan sehari-hari mulai dari nonton, browsing, hingga main game.

Kecerahannya oke, warnanya juga tajam, di mata pun masih nyaman, dan refresh rate-nya juga sudah 120Hz dengan teknologi adaptive refresh rate, di mana penggunaannya jadi terasa lebih mulus.

Tapi kalau ingin baterai lebih hemat, Galaxy A54 5G juga masih menyediakan mode standar hingga 60Hz di mana untuk pemakaian sehari-hari masih cukup mulus. Sensitivitasnya pun juga oke.

  • Performa

Menggunakan prosesor Exynos 1380, performa perangkat sangat nyaman buat dipakai harian. Buat aktivitas seperti sekadar browsing atau media sosial, sepertinya sudah tidak perlu dipertanyakan.

Buat yang pemakai baru atau yang sudah terbiasa menggunakan One UI 5.1 Samsung pun juga harusnya sudah tidak perlu kagok dalam memakai perangkat ini. Fitur sidik jari di layar juga sudah hadir di ponsel ini.

Samsung pun menjanjikan empat kalo OS Update dengan pembaruan keamanan hingga lima kali untuk HP ini, sehingga mungkin perangkat ini bisa dijadikan pertimbangan kalau ingin mencari perangkat yang awet untuk pemakaian lama.

Satu kelebihan lain dari HP Samsung ini, dia sudah tersertifikasi IP67, sehingga lebih tahan berada di dalam air satu meter selama 30 menit, dan terlindungi dari debu dan pasir.

Buat gaming, Samsung Galaxy A54 5G pun masih memberikan performa yang cukup oke. Meski begitu, bayarannya adalah panas perangkat yang jadi lebih terasa.

Buat main Mobile Legends: Bang Bang di pengaturan High atau maksimal sekitar 15 menit, bodi terasa hangat sedikit. Untuk main Ace Racer, perangkat ini sudah bisa di pengaturan Ultra, tapi HP jadi lebih cepat panas.

Sementara buat main Genshin Impact sekitar 30 menit setting grafik rendah, masih bisa berjalan mulus meski bodi belakangnya jadi lumayan cepat panas.

3 dari 5 halaman

Uji Baterai dan Audio

  • Baterai

Disokong baterai 5000 mAh, Galaxy A54 5G cocok buat dipakai seharian tanpa harus bolak-balik mengisi daya.

Buat nonton YouTube 45 menit setting 1080p, baterainya cuma kurang lima persen. Untuk Genshin Impact 30 menit baterai berkurang 5 persen, buat main Mobile Legends sekitar 15 menit berkurang 4 persen.

Yang sekali lagi patut disayangkan, Samsung kembali tidak memberikan adaptor bawaan meski ponsel ini mendukung pengisian daya cepat 25W, dan diklaim bisa dipakai seharian dalam waktu charge 30 menit.

  • Audio

Kualitas suara dari stereo speaker di Samsung Galaxy A54 5G adalah yang paling saya suka dari HP ini. Jernih, tidak pecah, dengan bass-nya yang terasa nendang.

Kalau kamu yang suka mendengarkan radio atau musik tanpa memasang headphone atau earbuds saat lagi sendiri, ini sangat cocok.

Setelah HP "berendam" di air, kualitas suara memang sedikit terdengar agak pecah, tapi untungnya ini cuma sesaat dan kualitas yang dihasilkan kembali mantap seperti semula.

Namun buat yang suka menggunakan headset dengan kabel, Galaxy A54 5G tidak menghadirkan audio jack 3,5 mm di sini. Jadi, kamu mungkin harus mengeluarkan duit lebih buat konektor Type-C atau headset nirkabel.

4 dari 5 halaman

Hasil Jepretan Kamera

  • Foto

Untuk foto, Samsung A54 dibekali kamera belakang dengan lensa utama 50MP, ultra-wide 12MP, dan makro 5MP, dengan dukungan teknologi sensor Sony dan OIS. Kamera depannya pun juga sudah 32 MP, yang mendukung mode ultra-wide.

Fitur kamera di Galaxy A54 5G adalah salah satu unggulan dari perangkat ini. Hasil fotonya masih cakep di malam hari dengan teknologi ala flagship, Nightography, meski terkadang cahayanya masih kerap dikasih berlebihan.

Tapi, buat foto di dalam ruangan dengan cahaya yang minim, HP ini menawarkan hasil foto yang terbilang cakep.

Selain itu, fitur editing seperti remaster gambar dan penghapus obyek dari HP flagship, juga diboyong oleh Samsung ke ponsel mid-range mereka yang satu ini. Ini salah satu fitur yang cukup berguna menurut saya.

Berikut ini hasil foto dari Samsung Galaxy A54 5G.

5 dari 5 halaman

Kesimpulan

Samsung Galaxy A54 5G cocok buat pengguna yang mencari smartphone dengan potensi penggunaan jangka panjang, baik dari ketahanan perangkat, software, dan 5G mengingat jaringan masih akan dikembangkan di Indonesia.

Galaxy A54 5G juga jadi rekomendasi yang disarankan kalau sedang mencari HP dengan fitur-fitur ala flagship Samsung, serta punya kamera dengan kualitas foto yang cakep.

Buat HP baru untuk hadiah atau untuk menghabiskan uang THR Lebaran pun, smartphone ini bisa jadi salah satu yang direkomendasikan. Apalagi, varian 256GB-nya cuma beda Rp 400 ribu dari versi 128GB.

Catatan, yang saya ulas di sini berdasarkan pengalaman pribadi dalam memakai Samsung Galaxy A54 5G. Setiap orang mungkin memiliki pengalaman, preferensi, dan pengetahuan yang berbeda untuk perangkat ini.

(Dio/Ysl)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.