Sukses

Vidio Jalin Kerja Sama dengan TCL, Kini Hadir Jadi Aplikasi Bawaan TV dan Akses Khusus di Remote

Vidio mengumumkan kerja sama dengan TCL lewat kehadirannya sebagai aplikasi bawaan di TV TCL Seri C serta tombol khusus di remote.

Liputan6.com, Jakarta - Vidio mengumumkan tengah menjalin kemitraan dengan TCL. Melalui kerja sama ini, layanan Vidio kini bisa langsung diakses melalui TV terbaru besutan TCL yang disertai tombol khusus ke platform tersebut.

Dalam keterangan resmi yang diterima, Selasa (11/4/2023), TCL sendiri telah resmi meluncurkan produk terbaru dari lini C. Ada tiga model yang diperkenalkan, yakni C645, C745, dan C845.

Ketiga produk tersebut sudah dilengkapi dengan teknologi Quantum Dots, sehingga memiliki tingkat kecerahan lebih tinggi dan jangkauan warna lebih lebih luas, jika dibandingkan TV UHD pada umumnya.

Namun tidak hanya itu, ketiga TV TCL terbaru itu sudah dilengkapi dengan aplikasi bawaan Vidio. Jadi, konsumen bisa langsung menikmati konten yang tersedia tanpa harus mengunduh aplikasi Vido terlebih dulu.

Selain itu, remote pada ketiga TV tersebut sudah disertai dengan tombol khusus aplikasi Vidio yang memudahkan pengguna mengakses platform tersebut. Pengguna C645, C745, dan C845 juga akan mendapatkan akses langganan Vidio Platinum selama satu tahun secara gratis.

Menurut Chief Product Officer Vidio Hadikusuma Wahab, Vidio menyadari di bulan Ramadan, permintaan terhadap hiburan keluarga mengalami lonjakan signifikan. Karenanya, Vidio menjawab kebutuhan tersebut dengan memanfaatkan jaringan distribusi TCL.

"Vidio pun mengapresiasi kerja sama dengan TCL ini, sekaligus optimistis melalui kemitraan ini, jutaan konten milik Vidio dapat dijangkau kelompok masyarakat yang lebih luas," tuturnya.

Nah, bagi pemilik TV TCL seri C yang ingin mendapatkan paket langganan Vidio Platinum secara gratis, mereka tidak perlu menggunakan kode unik khusus. Untuk mengetahuinya, simak langkah-langkah berikut ini:

  • Buka aplikasi bawaan Vidio yang ada di lama depan TV TCL, lalu akses banner 'Extra Premier Platinum Package'
  • Klik Connect Now
  • Login ke akun Vidio atau registrasi bagi pengguna baru
  • Setelah login berhasil, pengguna bisa langsung menikmati konten Vidio Platinum 12 bulan

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Metamorfosis Vidio, Platform OTT Lokal Terbaik Karya Anak Bangsa

Di sisi lain, Vidio berhasil menjaga layanan terbaik sebagai platform over-the-top (OTT) dengan masuk ke dalam daftar aplikasi Top Grossing untuk kategori Entertainment di Google Play Store.

Selain itu, berdasarkan data Media Partners Asia (MPA) Q2 2022, Vidio juga menjadi layanan OTT nomor 1 di Indonesia untuk kategori pengguna aktif bulanan dan total waktu streaming. Tidak hanya itu, pertumbuhan pelanggan baru juga memimpin di kalangan OTT di Asia Tenggara.

Berdasarkan data terkini, Vidio berhasil merengkuh 35 persen pangsa pasar pelanggan baru di Asia Tenggara. Jumlah ini bahkan mengalahkan platform global, seperti Netflix dan Disney Plus.

Vidio pun terus berupaya memposisikan diri sebagai platform OTT lokal yang menawarkan konten lokal terbaik dan sepenuhnya dikembangkan para engineer dalam negeri. Hal itu diungkapkan Managing Director Emtek Group Sutanto Hartono saat menjadi pembicara dalam Asia Pacific Media Forum (APMF) di Bali Nusa Dua Convention Center (BNDCC), Jumat (21/10/2022).

"Sejak memulainya pertama kali, kami (Vidio) memikirkan konten lokal sejak awal," katanya. Keputusan ini bukannya tanpa alasan, karena konten lokal merupakan pondasi penting dalam pengembangan platform, sekaligus menjadi kegemaran para penikmat hiburan di Indonesia.

3 dari 4 halaman

Fokus Vidio dalam Konten Lokal

Hal itu dapat terlihat dari daftar 100 siaran TV teratas pada September 2022 yang menunjukkan 90 persennya merupakan konten lokal. Sutanto menuturkan, konten lokal yang menjadi favorit pun terbilang beragam, mulai dari olahraga seperti sepakbola hingga konten hiburan.

Berawal dari situ, Vidio berusaha menyuguhkan deretan konten lokal terbaik. Bahkan dalam beberapa tahun terakhir, layanan streaming video ini menyajikan beragam konten orisinal untuk para pelanggannya.

Kehadiran konten orisinal lokal besutan Vidio ini juga tidak lepas dari data yang menunjukkan pelanggan Indonesia ternyata cukup sering menikmati konten dalam negeri. Berdasarkan data, konsumsi konsumen Indonesia terhadap konten lokal mencapai 35 persen di berbagai platform OTT.

Jumlah itu pun diprediksi akan terus bertambah seiring dengan ketersediaan konten lokal Indonesia yang lebih banyak. Karenanya, menurut Sutanto, Vidio berupaya untuk terus menambah daftar konten orisinal yang ada di platformnya.

Komitmen itu ditujukkan dengan dirilisnya 37 judul konten orisinal pada 2022 ini. Selain jumlah yang terus bertambah, kualitas konten yang dihadirkan pun terus ditingkatkan.

"Kami yakin ini bisa menjadi upaya Vidio untuk dapat memberikan konten-konten terbaik bagi semua orang, dan berhasil membawanya ke tingkat selanjutnya," tutur Sutanto.

4 dari 4 halaman

Sambutan Positif untuk Konten Orisinal Vidio

Yang menarik, konten orisinal besutan Vidio pun ternyata mendapat sambutan positif dari publik. Berdasarkan riset Media Partners Asia (MPA), empat konten Vidio Originals berhasil masuk dalam daftar 10 konten lokal teratas di Asia Tenggara.

Deretan konten eksklusif pun terus ditambahkan untuk meningkatkan pengalaman pelanggan, termasuk untuk konten olahraga. Seperti diketahui, Vidio dipastikan akan menayangkan gelaran Piala Dunia 2022 yang diadakan di Qatar.

Selain Piala Dunia untuk timnas senior, Vidio juga akan menyiarkan pertandingan Piala Dunia U-20 yang digelar pada 2023.

(Dam/Ysl)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.