Sukses

Cara Pakai Fitur Baru Voice Isolation di iPhone untuk Tingkatkan Kualitas Panggilan

iOS 16.4 yang dirilis minggu lalu menghadirkan fitur baru Voice Isolation untuk meredam kebisingan di lingkungan sekitar selama pengguna melakukan panggilan seluler.

Liputan6.com, Jakarta - iOS 16.4 akhirnya tersedia untuk beberapa model iPhone yang sekaligus menghadirkan fitur baru, salah satunya Voice Isolation. Fitur ini berfungsi untuk meredam kebisingan di lingkungan sekitar selama pengguna melakukan panggilan seluler sehingga memprioritaskan kualitas suara pengguna. 

Sebelumnya, Voice Isolation hanya tersedia pada panggilan VoIP (Voice over Internet Protocol) yang dilakukan melalui aplikasi WhatsApp. Namun, Apple pun turut mengembangkan fitur ini yang dibuat kompatibel dengan panggilan seluler di iPhone dalam pembaruan sistem operasinya. 

Voice Isolation ini tersedia di iPhone SE (2020) atau perangkat yang lebih baru. Dirangkum dari TechRadar, Rabu (5/4/2023), terdapat beberapa langkah yang dapat dilakukan untuk menggunakan fitur ini. 

Sebagai langkah pertama, ketika melakukan panggilan telepon, geser layar iPhone dari kanan atas ke bawah untuk mengakses Control Center. Di sana, klik Microphone Mode atau ikon mikrofon kecil dan aktifkan Voice Isolation.

Fitur baru iPhone ini akan tetap aktif untuk panggilan selanjutnya sehingga pengguna tidak perlu mengulangi proses yang sama untuk menyalakannya. 

Namun jika pengguna memutuskan ingin menonaktifkan Voice Isolation, ikuti langkah yang sama lagi, tetapi alihkan kembali kualitas panggilan pengguna ke Standar di menu Microphone Mode.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

iOS 16.4 akan Segera Meluncur dengan Perbaikan Bug

Apple disebut sedang bersiap untuk meluncurkan iOS 16.4.1 untuk iPhone. Meskipun tanggal pasti kapan pembaruan ini akan tersedia belum diketahui, tetapi kemungkinan sistem operasi terbaru ini akan dirilis minggu ini atau minggu depan.

Dilansir dari MacRumors, Rabu (5/4/2023), pembaruan kecil seperti pada iOS 16.4.1 umumnya fokus pada perbaikan bug dan peningkatan keamanan. Pasalnya, beberapa pengguna mengeluhkan sambungan Wi-Fi yang terputus sehingga kata sandi harus dimasukkan ulang sejak melakukan pembaruan iOS 16.4. 

Selain itu, ada pula masalah pengguna terkait data yang gagal dimuat pada aplikasi Weather. Namun, laman status sistem Apple menyatakan bahwa masalah tersebut telah diatasi.

Sementara iOS 16.5 tengah dalam pengujian, iOS 16.4.1 akan menjadi pembaruan kecil. Apple meluncurkan beta pertama dari iOS 16.5 minggu lalu dengan beberapa perubahan minor, termasuk penambahan tab Olahraga di aplikasi Apple News, serta kemampuan untuk mulai perekaman layar dengan perintah Siri. 

Kabarnya, iOS 16.5 kemungkinan akan dirilis ke publik di beberapa negara pada bulan Mei mendatang. Sementara itu, Apple juga diperkirakan akan mengumumkan iOS 17 di WWDC 2023 yang berlangsung pada 5 hingga 9 Juni.

3 dari 4 halaman

Fitur Lainnya di iOS 16.4 yang Mudahkan Pemakaian Pengguna

Setelah bulan lalu merilis versi beta untuk para pengembang, Apple secara resmi menggulirkan sistem operasi terbarunya, yakni iOS 16.4. Update iOS 16.4 kini tersedia untuk diunduh di beberapa model iPhone, mulai dari iPhone 8 hingga iPhone 14.

Pembaruan yang dirilis pada 27 Maret 2023 hadir dengan berbagai perbaikan bug dan keamanan, serta fitur-fitur teranyar yang mampu memudahkan aktivitas pengguna, termasuk pencarian foto duplikat dan opsi aksesibilitas lainnya.

  • Temukan Foto Duplikat di Shared Album dengan Mudah

Di iOS 16.4, pengguna dapat dengan mudah menemukan foto duplikat di Shared Album atau album bersama. OS terbaru ini akan menampilkan semua foto duplikat yang ada di seluruh album.

Pengguna juga dapat mencarinya lewat aplikasi Photos dan dengan mudah menggabungkan foto-foto duplikat tersebut menjadi satu.

  • Ketahui Cakupan Garansi Apple Care

iOS 16.4 memungkinakn pengguna memeriksa siapa dan perangkat apa saja yang tercakup dalam paket AppleCare. Jadi jika terdapat kerusakan pada perangkat, pengguna dapat mengetahui apakah kerusakan tersebut dicover garansi atau tidak. 

Untuk memeriksanya, pengguna cukup membuka Settings, masuk ke General, pilih About, dan Coverage. 

  • Opsi Aksesibilitas Lainnya

Pembaruan juga menambahkan opsi aksesibilitas baru, salah satunya bernama Dim Flashing Lights yang dapat ditemukan di menu Motion di Settings.

Deskripsi opsi mengatakan, konten video dengan tampilan lampu berkedip atau berkedip berulang kali akan diredupkan secara otomatis. Selain itu, iOS 16.4 kini juga sudah mendukung fitur VoiceOver ke maps dan aplikasi cuaca

4 dari 4 halaman

Cara Update iPhone ke iOS 16.4

Bagi Anda pengguna iPhone dan belum meng-update, berikut ini adalah cara untuk memperbarui sistem operasi di iPhone.

Cara Update iOS 16.4 di iPhone

  • Buka Setting atau Pengaturan
  • Ketuk menu General atau Umum
  • Lalu, ketuk Update Software atau Pembaruan Perangkat Lunak untuk mengunduh file pembaruan.

Untuk menghindari kerentanan sistem keamanan dan dapat menikmati sejumlah fitur baru, pastikan pengguna selalu menggunakan OS terbaru di perangkat iPhone.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.