Sukses

Kisah Viral Pemuda Kendari Jadi Tentara Amerika Serikat Tuai Pujian Hingga Picu Kontroversi

Video viral di TikTok yang diunggah oleh akun @bheny.kendari mendapat sorotan, karena berkisah tentang pemuda asal Kendari yang lolos seleksi menjadi tentara Amerika Serikat. Hal ini pun mendapat sorotan warganet, dari pujian hingga menuai kontroversi.

Liputan6.com, Jakarta - Viral sebuah video dari akun TikTok @bheny.kendari yang memperlihatkan deretan pemuda mengenakan pakaian seragam khas tentara Amerika Serikat. Dinarasikan, salah satunya adalah pemuda asal Kendari yang lolos menjadi tentara Amerika Serikat. Belakangan diketahui namanya adalah Benaia Manasye Lintjewas.

Dalam video viral tersebut, sang perekam menyebut, "Anak Kendari (Benaia) di barisan depan tentara Amerika, bangga anak Kendari, satu-satunya anak Kendari yang jadi tentara Amerika, sana kau lihat."

Selain itu, iringan sorak sorai dari keluarga para tentara juga menyemarakkan rekaman video yang viral di TikTok tersebut.

@bheny.kendari proud#usarmy ♬ original sound - bheny.kendari

Rupanya, akun TikTok @bheny.kendari dimiliki oleh Samuel Benihin Pangaibali, seorang pembuat konten di TikTok yang juga merupakan kakak ipar dari pria bernama Benaia Manasye Lintjewas.

Diketahui, Benaia Manasye Lintjewas merupakan sosok pemuda Kendari yang lolos dalam seleksi tentara Amerika Serikat tersebut. Ia bahkan disebut-sebut menempati urutan nomor satu dalam seleksi.

Masih dari akun TikTok @bheny.kendari, Samuel Benihin Pangaibali membagikan video lainnya dengan diberi judul "Menghadiri Acara Pelantikan Adek di US. Army."

Di video itu juga diberi keterangan, lokasi pelantikan adalah di Fort Jackson, South Carolina, Amerika Serikat.

Rupanya, video TikTok viral yang pertama diunggah, menginformasikan bahwa sang adik ipar merupakan seorang pemuda Kendari tetapi menjadi tentara Amerika Serikat banyak memicu kontroversi dari warganet Indonesia. Ada yang memuji, tetapi juga tidak sedikit yang mem-bully.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Dibully Tetapi Keluarga Tetap Support Pemuda Kendari yang Jadi Tentara Amerika

Hal ini pun ditanggapi oleh sang kakak ipar. "Terlepas dari polemik para nitizen +62 yang mem-bully mu, kami keluarga sangat bangga," tulis Samuel Benihin Pangaibali.

"Mungkin saja mereka iri dengan kesuksesanmu, dek, karena mereka tahu, mereka tidak bisa. Sebagai keluarga, kami sangat bangga kepadamu, dek," imbuh Samuel Benihin Pangaibali dalam keterangan di videonya.

@bheny.kendari

Acara Pelantikan US.ARMY CLASS 2023

♬ Komang - Raim Laode

Terlepas dari viralnya kisah anak Kendari yang lolos seleksi tentara Amerika Serikat, warganet pun memberikan reaksi yang beragam. Total ada lebih dari 500 komentar diunggah di kolom komentar TikTok Samuel Benihin Pangaibali dengan lebih dari 3.700 tanda suka atas unggahan video tersebut.

Melalui kolom komentar TikTok @bheny.kendari, ada banyak warganet yang bangga dengan kesuksesan Benaia menjadi tentara Amerika Serikat.

"Orang Kendari satu-satu bersuku Tolaki jadi tentara Amerika," tulis seorang netizen.

"Mantap bang, luar biasa jadi tentara Amerika US," tulis pengguna TikTok lainnya.

3 dari 4 halaman

Warganet Lebih Bangga Kalau Jadi TNI

Kendati demikian, tidak sedikit pula yang menganggap kesuksesan Benaia menjadi tentara AS tidak lebih membanggakan dibandingkan kebanggaan saat menjadi tentara Indonesia atau TNI.

"Walaupun dia anak dari Indonesia/ Kendari, jadi tentara di negeri orang, saya tetap bangga punya TNI," tulis seorang pengguna TikTok.

"Saya tetap bangga sama TNI," kata seorang warganet.

"Banggalah membela negeri sendiri," tulis seorang pengguna.

4 dari 4 halaman

Pertanyakan Kewarganegaraan Sang Pemuda Kendari yang Jadi Tentara Amerika Serikat

Warganet lainnya justru mempertanyakan bagaimana dengan kewarganegaraan Benaia yang kini telah menjadi tentara Amerika Serikat.

"Dia warga Amerika," tulis seorang pengguna TikTok.

"Maaf bang yah kalau tidak salah, dia tetap TNI tetapi dia terpilih sebagai pasukan elit Amerika," kata pengguna lainnya.

"Terpaksa pindah kewarganegaraan," komentar yang lainnya.

"Biasa saja bos, tidak usah sebut Kendari karena dia sudah bukan orang Indo," kata pengguna lainnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.