Sukses

Bacaan Latin Doa Ziarah Kubur Lengkap dengan Artinya, Jelang Puasa Ramadhan 2023

Berikut adalah bacaan doa ziarah kubur lengkap dengan huruf latin dan artinya, buat kamu yang ingin berziarah kubur menjelang puasa Ramadhan 2023.

 

Liputan6.com, Jakarta - Menjelang bulan suci Ramadhan 2023, umat muslim terbiasa menjalankan tradisi ziarah kubur. Ziarah kubur dilakukan untuk mendoakan keluarga dan sanak saudara yang telah meninggal dunia.

Pembacaan doa pun dilakukan untuk kebaikan keluarga yang berpulang. Ziarah kubur pun dianjurkan oleh Rasulullah SAW, meski sebelumnya Nabi Muhammad SAW pernah melarang berziarah kubur.

Dalam sabdanya, sebagaimana diriwayatkan Abu Hurairah, Nabi Muhammad SAW mengatakan, "Berziarahlah kalian ke kuburan karena sesungguhnya hal itu dapat mengingatkan kalian pada kehidupan akhirat." (HR Ibnu Majah).

Saat berziarah kubur menjelang Ramadhan, orang biasanya berdoa untuk ketenangan keluarga yang sudah meninggal dunia. Lantas, doa apa yang harus dibaca ketika berziarah kubur?

Tata cara lengkap dan doa ziarah kubur:

1. Pastikan untuk mengenakan pakaian yang pantas tetapi nyaman untuk berziarah kubur

2. Ketika mendatangi kuburan keluarga atau sanak saudara, membaca salam

السَّلامُ عَلَيْكُمْ دَارَ قَوْمٍ مُؤْمِنينَ وَأتاكُمْ ما تُوعَدُونَ غَداً مُؤَجَّلُونَ وَإنَّا إنْ شاءَ اللَّهُ بِكُمْ لاحقُونَ

Latin: Assalamu'alaìkum dara qaumìn mu'mìnîn wa atakum ma tu'adun ghadan mu'ajjalun, wa ìnna ìnsya-Allahu bìkum lahìqun

Arti: Assalamualaikum, hai tempat bersemayam kaum mukmin, telah datang kepada kalian janji Allah yang sempat ditangguhkan besaok, dan kami InsyaAllah akan menyusul kalian."

3. Membaca Istighfar

أَسْتَغْفِرُ اللهَ العَظِيْمَ اَلَّذِي لآ إِلَهَ إِلَّا هُوَ اْلحَيُّ اْلقَيُّوْمُ وَأَتُوْبُ إِلَيْهِ

Latin: Astaghfirullah Hal Adzim Alladzi La ilaha Illa Huwal Hayyul Qoyyumu Wa atubu Ilaihi

Arti: "Aku mohon ampun kepada Allah Yang Maha Agung, tiada Tuhan selain Dia Yang Maha Hidup lagi Maha Berdiri Sendiri, dan aku bertaubat kepada-Nya."

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Baca Al-Fatihah dan Surat Pendek Lainnya Saat Ziarah Kubur

4. Membaca surat Al-Fatihah

5. Membaca surat Al Ikhlas

6. Membaca surat Al Falaq

7. Membaca surat An-Naas

8. Membaca kalimat tahlil

لَا إِلَهَ إِلَّا اللهَ

Latin: Laa Ilaaha Illallah

Artinya: Tiada Tuhan selain Allah

3 dari 4 halaman

Doa Ziarah Kubur Beserta Artinya

9. Membaca doa ziarah kubur

اَللَّهُمَّ اغْفِرْ لَهُ وَارْحَمْهُ وَعَافِهِ وَاعْفُ عَنْهُ، وَأَكْرِمْ نُزُلَهُ، وَوَسِّعْ مَدْخَلَهُ، وَاغْسِلْهُ بِالْمَاءِ وَالثَّلْجِ وَالْبَرَدِ، وَنَقِّهِ مِنَ الذُّنُوبِ والْخَطَايَا كَمَا يُنَقَّى الثَّوْبُ الْأَبْيَضُ مِنَ

الدَّنَسِ، وَأَبْدِلْهُ دَارًا خَيْرًا مِنْ دَارِهِ، وَزَوْجًا خَيْرًا مِنْ زَوْجِهِ، وَأَدْخِلْهُ الْجَنَّةَ، وَأَعِذْهُ مِنْ عَذَابِ الْقَبْرِ وَمِنْ عَذَابِ النَّار, وَافْسَحْ لَهُ فِي قَبْرِهِ، ونَوِّرْ لَهُ فِيهِ

Latin: Allahummaghfìrlahu war hamhu wa 'aafìhìì wa'fu anhu, wa akrìm nuzuulahu wawassì' madholahu, waghsìlhu bìl maa'ì watssaljì walbaradì, wa naqqìhì, mìnaddzzunubì wal khathaya kamaa yunaqqatssaubul abyadhu mìnad danasì.

Wabdìlhu daaran khaìran mìn daarìhì wa zaujan khaìran mìn zaujìhì. Wa adkhìlhul jannata wa aìdzhu mìn adzabìl qabrì wa mìn adzabìnnaarì wafsah lahu fì qabrìhì wa nawwìr lahu fìhì.

4 dari 4 halaman

Arti Doa Ziarah Kubur

Artinya : "Ya Allah, berilah ampunan dan rahmat kepadanya. Berikanlah keselamatan dan berikanlah maaf kepadanya. Berikanlah kehormatan untuknya, luaskanlah tempat masuknya. Mandikanlah dia dengan air, es, dan embun. Bersihkanlah dia dari kesalahan sebagaimana Engkau bersihkan baju yang putih dari kotoran."

"Gantikanlah untuknya rumah yang lebih baik dari rumahnya, isteri yang lebih baik dari isterinya. Masukkanlah dia ke dalam surga, berikanlah perlindungan kepadanya dari azab kubur dan azab neraka. Lapangkanlah baginya dalam kuburnya dan terangilah dia di dalamnya." 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.