Sukses

iPhone 15 Pro Max Bakal Sandang HP dengan Bezel Paling Tipis

Menurut bocoran terbaru, iPhone 15 Pro Max nantinya akan menyandang HP dengan bezel paling tipis saat diperkenalkan.

Liputan6.com, Jakarta - Bocoran seputar iPhone 15 Pro Max sudah mulai beredar di internet, meski smartphone ini baru akan diperkenalkan pada September 2023. Salah satu yang terbaru adalah bocoran dari leakster Ice Universe.

Melalui cuitannya, ia mengungkap iPhone tersebut akan mencetak rekor baru saat diperkenalkan nanti. Ia menyebut, iPhone 15 Pro Max akan disebut sebagai smartphone dengan bezel tertipis saat rilis nanti.

Mengutip informasi dari MacRumors, Sabtu (18/3/2023), menyebut iPhone generasi terbaru itu akan memiliki bezel layar dengan lebar 1,55mm saja. Ukuran itu bahkan lebih kecil dari smartphone dengan bezel tertipis saat ini Xiaomi 13, yakni 1,81mm.

Sebagai perbandingan, iPhone 14 Pro memiliki ketebalan bezel 2,17mm dan Samsung Galaxy S23 Ultra memiliki bezel 1,95mm. Dalam unggahan tersebut, Ice Universe juga menampilkan render iPhone 15 Pro Max.

Berdasarkan render yang terlihat itu, notch yang ikonik di iPhone mulai digantikan dengan punch-hole. Selain itu, bocoran juga menyebut layar iPhone 15 Pro Max akan sedikit melengkung.

Untuk diketahui, bocoran mengenai tipisnya bezel iPhone 15 Pro sebelumnya juga pernah diungkap oleh leaker ShrimpApplePro. Ketika itu, ia menyebut model iPhone 15 Pro akan memiliki bezel lebih tipis ketimbang iPhone 14 series.

ShrimpApplePro disebut-sebut sebagai leaker yang memiliki sumber akurat tentang informasi-informasi Apple di masa lalu.

Menurut informasi itu, pengurangan ukuran bezel akan menambah ruang layar yang dapat digunakan, meskipun kecil. Bezel tipis ini juga membuat tampilan ponsel Apple ini sedikit berbeda dengan pendahulunya.

Sayangnya, disebutkan kekurangan dari bezel iPhone 15 Pro lebih tipis ini adalah tidak adanya cukup ruang untuk meletakkan jari si pengguna. Hal ini pun bisa berdampak pada adanya berbagai sentuhan yang tidak disengaja.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Fitur ProMotion dan Always on Display Absen dari iPhone 15 dan iPhone 15 Plus

Di samping itu, baru-baru ini, beredar bocoran informasi terkait dengan absennya fitur ProMotion dan Always on Display di model iPhone 15 dan iPhone 15 Plus.

Bila ini benar, maka panel layar kedua varian iPhone 15 ini mentok di 60Hz dan bakal menjadi ponsel paling mahal dengan refresh rate rendah.

Padahal, sejumlah ponsel kelas bawah milik pesaing Apple pun sudah meningkatkan refresh rate di layar perangkat mereka hingga 90Hz.

Sehubungan ini, Apple tampaknya tidak berbuat banyak untuk meningkatkan daya tarik lini iPhone non-Pro, mengingat iPhone 14 dan iPhone 14 Plus kurang laris di pasaran.

Kemungkinan, Apple memilih 'jalan' untuk fokus dan menjadikan deretan seri Pro ponsel premium dan kemungkinan harga iPhone 15 Pro dan Pro Max lebih mahal.

Meskipun pendekatan ini tidak terlalu ramah untuk pelanggan, nyatanya strategi tersebut berhasil dengan baik.

 

3 dari 4 halaman

Bocoran Soal iPhone 15 Ultra yang Rilis Tahun Ini

Berdasarkan rumor, Apple sedang mempertimbangkan iPhone 15 Ultra menjadi salah satu smartphone non-foldable termahal sepanjang masa.

Apakah hal ini akan menjadi kenyataan? Tampaknya kita harus menunggu hingga Apple secara resmi meluncurkan iPhone 15 series pada September 2023 mendatang.

Di sisi lain, sebuah video yang dibagikan ke website Tiongkok Bilibili dan Douyin memperlihatkan panel kaca depan iPhone 15 Pro.

Video bocoran layar iPhone 15 Pro tersebut kemudian diunggah ulang di Twitter oleh akun @ShrimApplePro dan @Unknownz21.

Seperti diisukan sebelumnya, video tersebut seolah mengonfirmasi bahwa iPhone 15 Pro dan iPhone 15 Pro Max akan menampilkan bezel tipis di sekitar layarnya, dibandingkan pada generasi sebelumnya.

Namun, bezel iPhone 15 standar dan iPhone 15 Plus tidak terlihat mengalami perubahan. Bukan hanya lebih tipis, bezel pada iPhone 15 series dikabarkan sedikit melengkung di bagian tepinya, mirip dengan seri iPhone 11.

Selain soal bezel, video bocoran yang beredar juga mengonfirmasi fitur Dynamic Island yang merupakan pengganti notch akan diperluas ke empat model iPhone 15. Hal ini sekaligus menandai akhir kedudukan Dynamic Island pada iPhone flagship Apple.

4 dari 4 halaman

Punya Tampilan Lengkung Mirip Apple Watch 7 dan 8

Dalam akun Twitter-nya, ShrimApplePro juga mengatakan, mereka dapat mengonfirmasi dengan sumber, bahwa panel kaca depan tersebut merupakan bagian asli untuk jajaran iPhone 15.

Dengan bezel yang lebih tipis di sekitar layar, model iPhone 15 Pro dapat memiliki tampilan yang mirip dengan Apple Watch Series 7 dan Series 8.

Sejumlah rumor yang beredar juga menyebutkan, model iPhone 15 Pro juga akan menampilkan bingkai titanium, bukan baja tahan karat. Selain ini perangkat juga dibekali tombol volume solid-state, mute, dan power yang tidak bisa bergerak secara fisik ketika ditekan.

Konsep tombol yang tidak bisa bergerak ketika ditekan nantinya memberikan feedback ke pengguna dalam bentuk haptic, ini mirip dengan tombol Home di iPhone 7 dan 8. 

Apple diperkirakan akan mengumumkan jajaran iPhone berikutnya pada bulan September, seperti sebelumnya.  

(Dam/Ysl)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.