Sukses

3 Trik Memotret di Malam Hari Layaknya Profesional dengan Samsung Galaxy S23 Series

Berkat fitur Nightography yang telah disempurnakan, pengguna Samsung Galaxy S23 Series dapat mengambil gambar di malam hari layaknya profesional.

Liputan6.com, Jakarta - Memotret saat malam hari dengan keadaan cahaya yang minim memang menjadi kekhawatiran bagi sebagian besar pengguna smartphone. Hal ini dikarenakan banyaknya noise dan ketajaman yang kurang pada foto yang dihasilkan.

Namun, berkat fitur Nightography yang telah disempurnakan, pengguna Samsung Galaxy S23 Series mampu mengambil gambar di malam hari layaknya profesional.

Fitur ini telah didukung oleh teknologi Tetra2Pixel terbaru yang dilengkapi dengan resolusi kamera terbaik di jajarannya. Selain itu, hadir pula Expert RAW yang memungkinkan pengguna mengambil foto dengan praktis.

Menurut fotografer Adhika Bayu, kemampuan fotografi Galaxy S23 Series dapat diandalkan pada berbagai kondisi lingkungan dengan hasil yang tetap detail dan warna vivid.

"Tentunya ini sangat memudahkan pengambilan konten saat traveling, apalagi di momen sekarang yang kita sudah makin sering traveling,” tutur Andhika.

Fotografer adventurer ini pun membagikan tiga cara mudah untuk menghasilkan foto di malam hari yang maksimal menggunakan Samsung Galaxy S23 Series

Penasaran dengan caranya? Simak penjelasan lengkap tiga trik memotret di malam hari dengan Samsung Galaxy S23 Series berikut ini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Maksimalkan Nightography

Andhika mengungkapkan, pemilihan resolusi kamera sangat menentukan kualitas foto di malam hari. Maka, Andhika menetapkan resolusi kamera sesuai dengan kondisi low light yang dihadapi.

Terdapat dua pengaturan resolusi yang biasa digunakan Andhika dalam memotret di malam hari. Untuk kondisi malam dengan pencahayaan yang cukup terang, gunakan mode kamera tertinggi, yakni 200MP pada Galaxy S23 Ultra atau 50MP di Galaxy S23 dan S23+.

Sementara itu, pada malam hari dengan keadaan cahaya yang sangat redup atau hanya terdapat sumber cahaya seperti neon, pengguna dapat memakai resolusi kamera 12 MP sebagai mode default dari tiap mode malam di Galaxy S23 Series.

"Setting kamera default untuk malam hari di Galaxy S23 Series 5G punya dynamic range dan exposure yang sangat cocok untuk foto malam di kondisi outdoor, baik di destinasi alam atau di perkotaan, di mana kita bisa dapat foto yang lebih vivid namun tetap natural,” ujar Andhika.

3 dari 4 halaman

2. Mainkan Exposure Agar Lebih Dramatis

Dengan keterbatasan dalam memaksimalkan sumber cahaya di malam hari, pengguna mungkin membutuhkan pengaturan kamera yang lebih canggih pada beberapa kondisi. 

Untuk mengatasinya, Andhika memaksimalkan setting kamera dari Expert RAW untuk mendapat hasil foto malam hari yang lebih memuaskan. 

Kehadiran Expert RAW memungkinkan pengguna mengatur ISO hingga shutter speed secara manual. Karenanya, sensor kamera bisa tetap mendapatkan porsi cahaya yang pas. 

Tak hanya itu, teknik long-exposure dapat digunakan untuk mengasah kreativitas pengguna. Semakin gelap kondisi lingkungan, pengguna dapat mengatur ISO pada angka yang semakin besar. 

Kemudian, shutter speed yang lebih tinggi akan membuat kamera terbuka lebih lama sehingga mampu menangkap lebih banyak cahaya. Teknik yang umumnya digunakan untuk memotret traffic ini akan menciptakan efek dramatis dari lampu kendaraan yang berjalan.

Namun, pengguna perlu memastikan perangkat tetap dalam keadaan yang stabil agar hasil fotonya maksimal. Hal inilah yang menjadi tantangan dari metode long-exposure.

Untungnya, Galaxy S23 Series 5G telah dibekali OIS yang lebih lebar sehingga kamera akan lebih stabil ketika memotret, terutama ketika menjalankan shutter speed yang lambat.

4 dari 4 halaman

Gunakan Astrophoto untuk Potret Langit Malam Penuh Bintang

Langit penuh bintang memang menjadi salah satu objek paling menarik untuk diabadikan saat malam hari. Namun, pemilihan lokasi dan waktu, hingga kemampuan perangkat menjadi tantangannya. 

Andhika menjelaskan, berbagai tools yang dimiliki fitur Astrophoto di Expert Raw Galaxy S23 Series dapat dioptimalkan untuk memotret langit malam. Salah satu tools-nyaadalah Sky Guide yang mampu memandu pengguna menemukan rasi dan kelompok bintang. 

Dibekali teknologi segmentasi AI dan Multi-frame processing, Astrophoto dapat melakukan pemetaan bintang hingga meningkatkan detail foto. 

Meskipun begitu, terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam mengabadikan langit berbintang. Pertama, pilih tempat dengan tingkat polusi yang minim untuk mendapatkan penampakan langit yang jernih. Kedua, ambil foto di kondisi cuaca yang cerah. Ketiga, kunjungi lokasi tertentu yang terkenal memiliki pemandangan langit yang epic

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.