Sukses

Hands-On Samsung Galaxy A54 5G: HP Mid-Range dengan Desain Premium

Liputan6.com, Jakarta Samsung telah resmi luncurkan smartphone mid-range terbarunya dari A Series, yakni Galaxy A34 5G dan Galaxy A54 5G. 

Salah satu hal menarik dari ponsel ini adalah desainnya yang terinspirasi dari ponsel kelas flagship-nya, yaitu Galaxy S23 Series. 

Tekno Liputan6.com pun berkesempatan untuk melihat dan mencoba langsung pengalaman ketika menggunakan Samsung Galaxy A54 5G secara singkat. 

Pada paket penjualannya, ponsel ini hadir bersama kabel Type-C, buku panduan, dan SIM ejector. Sayangnya, sejak perilisan seri A sebelumnya, perangkat dari seri ini sudah tidak memberikan kepala adaptor.

Paket penjualan Samsung Galaxy A54 5G yang berisi perangkat, kabel type-C, buku panduan, dan SIM ejector. (Liputan6/Dinda Charmelita Trias Maharani)

Untuk impresi pertama, Galaxy A54 5G memiliki desain melengkung yang cantik dan sangat mirip dengan Samsung Galaxy S23.

Tampilan belakang Samsung Galaxy A54 5G dengan 3 lensa kamera. (Liputan6/Dinda Charmelita Trias Maharani)

Berbeda dari Galaxy A53 keluaran tahun lalu, perangkat ini memberikan kesan lebih premium dengan bagian belakang berbahan kaca yang mengkilap.

Galaxy A54 yang dibanderol dengan harga Rp 5.999.000 untuk ROM 128GB dan Rp 6.399.000 untuk ROM 256GB ini juga mempunyai bobot yang cukup ringan sehingga nyaman dan ringkas dalam genggaman. 

Selain dari segi desain, tiga lensa dengan ring berwarna silver yang disusun secara vertikal turut memberi kesan trendi pada tampilan belakang ponsel. Lagi-lagi, penempatan kamera model ini mengingatkan kami pada Galaxy S23 dan S23+.

2 dari 5 halaman

Kamera Samsung Galaxy A54 5G

Yang membedakannya dengan seri A terdahulu adalah penurunan resolusi kamera utamanya, dari 64MP menjadi 50MP. Namun dengan peningkatan ukuran sensor, kualitas kamera tetap bagus dan dapat menghasilkan foto yang tajam dan jernih.

Kecepatannya dalam menangkap fokus objek juga cukup baik sehingga mumpuni untuk mengambil video yang jernih dan profesional.

Tampilan kamera Samsung Galaxy A54 5G saat memotret. (Liputan6/Dinda Charmelita Trias Maharani)

Pilihan warna kekinian yang tersedia untuk bagian belakang smartphone ini juga membuatnya cocok untuk generasi muda dengan warna-warna yang soft, yakni Awesome Blue, Awesome White, Awesome Violet, dan Awesome Lime.

3 dari 5 halaman

Layar Lebar dengan Punch-Hole

Samsung Galaxy A54 5G memiliki layar Super AMOLED ukuran 6,4 inci dengan refresh rate 120Hz, sehingga aktivitas scrolling media sosial terasa lancar dan terlihat smooth

Tak hanya itu, layar Samsung Galaxy A54 5G ini juga mampu menampilkan warna yang cerah ketika digunakan di luar ruangan dengan sinar matahari yang cukup terik.

Selain layarnya yang lebar, kehadiran speaker stereo pada ponsel ini juga memungkinkan pengguna untuk menonton berbagai tayangan dengan lebih fokus.

4 dari 5 halaman

Tampilan Fisik Samsung Galaxy A54 5G

Pada tepi bodi, tersemat tombol volume dan tombol power, sedangkan fitur pemindai sidik jari menyatu dengan layar. 

Sementara itu, pada sisi bawah Samsung Galaxy A54 5G ini tertanam port USB Type-C, speaker, dan microphone.

Sama seperti generasi A Series sebelumnya, smartphone ini tidak menghadirkan audio jack dengan port 3,5 mm untuk earphone standar berkabel.

5 dari 5 halaman

Spesifikasi Samsung Galaxy A54 5G

Dikonfirmasi pada peluncurannya, Galaxy A54 5G ditenagai oleh chipset Exynos 1380 yang memiliki peningkatan cukup signifikan dari pendahulunya, yakni sebesar 20 persen dari segi CPU dan 26 persen untuk GPU. 

Baterai yang digunakan berkekuatan 5.000 mAh dan diklaim mampu bertahan selama 2 hari. Dengan mengisi daya 30 menit, baterai akan terisi 50 persen dan dapat digunakan seharian. 

Untuk aspek fotografi, ponsel ini dilengkapi kamera belakang berlensa utama 50MP dengan OIS, lensa ultra-wide 12 MP, dan macro 5MP. Sementara, kamera depannya memiliki resolusi 32MP dengan tampilan punch-hole.

Hardware dan software yang digunakan pada Galaxy A54 5G ini juga mendukung fitur Nightography, seperti pada Galaxy S23 Series. 

Tak hanya itu, sama seperti generasi sebelumnya, HP Samsung ini juga masih memiliki sertifikasi IP67 untuk ketahanan terhadap air dan debu dan NFC.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.