Sukses

Meta Dominasi Pasar AR/VR Headset Meski Pengapalan Tahun 2022 Menurun

Pada tahun 2022, popularitas Augmented Reality Headset (AR Headset) dan Virtual Reality Headset (VR Headset) mengalami penurunan karena pengiriman perangkat secara global turun 20,9 persen dibandingkan tahun sebelumnya.

Liputan6.com, Jakarta - Pada tahun 2022, popularitas Augmented Reality Headset (AR Headset) dan Virtual Reality Headset (VR Headset) mengalami penurunan karena pengiriman perangkat secara global turun 20,9 persen dibandingkan tahun sebelumnya.

Menurut International Data Corporation (IDC) Worldwide Quarterly Augmented and Virtual Reality Headset Tracker, hal ini disebabkan oleh beberapa faktor seperti terbatasnya jumlah vendor di pasar, lingkungan ekonomi makro yang menantang, dan kurangnya adopsi pasar massal dari konsumen.

Selain itu, IDC menyatakan bahwa penurunan ini juga disebabkan oleh perbandingan yang sulit dengan tahun sebelumnya; kala itu pasar didorong oleh Quest 2 dari Meta dan pengeluaran yang kuat oleh konsumen yang terjebak di rumah dengan pendapatan yang dapat dibelanjakan untuk hiburan.

Namun, dua tahun setelah Quest 2 dirilis dan ekonomi global dibuka, pengeluaran konsumen dan bisnis bergeser dari AR Headset dan VR Headset. Peralihan tren itu mengakibatkan penurunan pengiriman untuk kedua perangkat tersebut.

Terlepas dari kemunduran ini, Meta saat ini memimpin pasar dengan pangsa hampir 80 persen. ByteDance (Pico) menyusul di posisi kedua dengan pangsa 10 persen, secara konsisten memperluas portofolio produknya dan menargetkan pasar di mana Meta tidak ada atau kurang populer.

Sisa lima (5) tempat teratas lainnya masing-masing diraih oleh DPVR, HTC, dan iQIYI.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Mixed Reality

Tercatat pula bahwa Nreal meraih posisi keenam di pasar AR / VR headset dan memegang posisi teratas di pasar AR headset, mengirimkan hampir 100 ribu unit sepanjang tahun 2022.

Jitesh Ubrani, manajer riset, Mobility and Consumer Device Trackers di IDC, menyatakan bahwa Nreal mampu secara perlahan mengembangkan kehadirannya dengan menarik perhatian para gamer mobile, sementara Meta dan ByteDance terus bersaing di segmen VR.

Ubrani juga menyebutkan bahwa pemain lain, seperti Sony dan mungkin Apple, dapat menjadi pesaing yang berarti bagi Meta dalam jangka panjang. Itu akan memberikan tekanan kepada perusahaan lain, termasuk ByteDance dan Nreal.

Mixed reality perlahan-lahan mendapatkan perhatian sebagai area inovasi untuk produk AR dan VR. Peluncuran Meta Quest Pro pada musim gugur lalu dan pengumuman HTC XE Elite pada awal tahun ini menunjukkan hal ini. Perangkat-perangkat itu mampu beralih antara Augmented Reality dan Virtual Reality, dan dapat menarik bagi pengguna komersial yang ingin memfasilitasi pelatihan, kolaborasi, orientasi, dan orientasi.

Menurut Ramon T. Llamas, direktur riset untuk Perangkat Mobile dan AR/VR di IDC, headset mixed reality mungkin memerlukan beberapa siklus pasar sampai bisa mendapatkan perhatian di pasar, mengingat rendahnya penetrasi teknologi AR dan VR.

3 dari 5 halaman

Peneliti MIT Rancang Augmented Reality Headset dengan Penglihatan Sinar X

Diwartakan sebelumnya, para peneliti di Massachusetts Institute of Technology (MIT) mengembangkan sebuah Augmented Reality Headset (AR Headset) inovatif yang memungkinkan pengguna untuk melihat menembus dinding dan kotak tertutup, dengan akurasi rata-rata 9,8 cm.

Perangkat yang disebut X-AR headset ini menggunakan sinyal frekuensi radio (radio frequency, RF) dan antarmuka augmented reality untuk memandu pengguna ke objek target.

Sistem ini dirancang untuk menemukan item yang diberi label dengan tag identifikasi frekuensi radio (RFID). Headset melacak gerakan pengguna dan menghitung probabilitas lokasi RFID tag pada setiap langkah, sehingga dapat memusatkan perhatian pada objek yang tersembunyi.

Untuk membuat X-AR headset, pertama-tama tim harus melengkapi headset yang sudah ada dengan antena yang dapat berkomunikasi dengan item yang ditandai dengan RFID tag.

Para peneliti harus merancang antena yang sesuai dengan headset tanpa menghalangi pengoperasiannya, yang merupakan tantangan signifikan. Tim peneliti mengambil antena loop sederhana dan mengoptimalkannya untuk mengirim dan menerima sinyal ketika dipasang pada pelindung headset.

 

4 dari 5 halaman

Synthetic aperture radar

 

Headset ini menggunakan synthetic aperture radar (SAR) untuk melokalisasi item yang ditandai dengan RFID tag. SAR melibatkan pengukuran dengan antena headset dari berbagai sudut pandang saat pengguna bergerak di sekitar ruangan.

Pengukuran digabungkan untuk melokalisasi perangkat, bertindak seperti susunan antena di mana pengukuran dari beberapa antena digabungkan untuk menemukan lokasi perangkat.

Headset ini juga memanfaatkan data visual dari kemampuan pelacakan dirinya untuk membuat peta lingkungan dan menentukan lokasinya di dalam lingkungan tersebut.

Setelah pengguna menemukan lokasi benda tersebut, benda tersebut akan dikelilingi oleh sebuah bola transparan, sehingga pengguna dapat melihat di mana benda tersebut berada di dalam ruangan. Perangkat kemudian memproyeksikan lintasan ke item dalam bentuk langkah kaki di lantai, yang dapat diperbarui secara dinamis saat pengguna berjalan.

Headset X-AR memiliki potensi untuk merevolusi gudang e-commerce dengan memungkinkan pekerja menemukan barang di rak yang berantakan atau terkubur di dalam kotak dengan cepat dan mengidentifikasi barang yang tepat untuk suatu pesanan ketika banyak benda serupa berada di tempat sampah yang sama.

Para peneliti menyebut headset ini ini mampu mengurangi kesalahan pengambilan barang hingga 98,9% jika digunakan dengan benar. Headset ini bahkan dapat memverifikasi bahwa pengguna telah mengambil barang yang benar tanpa melihatnya secara visual.

5 dari 5 halaman

Infografis Era Teknologi 5G di Indonesia (Liputan6.com/Triyasni)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.