Sukses

Review realme C55 NFC: Pede dengan Helio G88, Kamera 64MP dan Layar 90Hz

Dibandingkan dengan perangkat lainnya di lini C-Series, realme C55 NFC hadir dengan berbagai peningkatan fitur dan spesifikasi yang menjanjikan pengalaman pengguna yang lancar dan menyenangkan.

Liputan6.com, Jakarta - realme resmi meluncurkan smartphone terbaru di lini C-Series, yakni realme C55 NFC. Dibandingkan dengan perangkat lainnya di lini tersebut, realme C55 NFC hadir dengan berbagai peningkatan fitur dan spesifikasi yang menjanjikan pengalaman pengguna yang lancar dan menyenangkan.

Selama beberapa hari ke belakang, Tekno Liputan6.com berkesempatan untuk menjajal realme C55 NFC. Yuk, simak artikel ulasan kami berikut ini.

Desain Realme C55 NFC

realme C55 hadir dengan desain cukup ramping dan bergaya, menampilkan dua pilihan warna unik--Rainy Night dan Sunshower. Varian Rainy Night memiliki warna biru tua dengan pola gradien, sedangkan varian Sunshower memiliki warna hijau muda yang memberikan tampilan segar dan cerah.

<p>Realme C55 NFC</p>

HP realme ini memiliki ketebalan 7.89 mm, yang termasuk paling tipis di kelasnya. Di tepi kanan tersemat tombol volume dan pemindai sidik jari yang menyatu dengan tombol power. 

Sementara di tepi kiri terdapat penampang kartu SIM dan microSD. Lalu di tepi bawah kamu akan mendapati audio port 3.5 mm, USB Type-C, serta speaker grill.

Unit yang kami ulas adalah varian Sunshower. Tergantung pada sudut pandang kamu melihat, gradasi warna yang muncul dari bodi belakang Realme C55 NFC terlihat kentara. Di bagian kiri-atas bodi belakang terdapat dua lensa kamera dengan diameter cukup besar, serta lampu flash.

Secara umum, desain Realme C55 yang ramping dan stylish, bodi ramping, dan pilihan warna unik membuatnya menjadi pilihan menarik dan praktis bagi pengguna yang mengedepankan estetika dan fungsionalitas dari sebuah smartphone.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Layar Realme C55 NFC

realme C55 NFC memiliki layar berukuran 6,72 inci dengan resolusi FullHD+ (1080 x 2400 pikel) dengan rasio layar terhadap bodi 91,4 persen.

Smartphone dengan refresh rate 90Hz--pertama untuk realme C-Series--dan touch sampling rate 180Hz itu mengadopsi potongan punch-hole di bagian tengah sebagai tempat untuk modul kamera selfie beresolusi 8MP.

Adopsi punch-hole layak mendapat acungan jempol sebab merupakan peningkatan dari mini-drop display di perangkat C-Series generasi sebelumnya.

Berbekal tingkat kecerahan hingga 680 nits, layar realme C55 NFC relatif mudah terlihat bahkan di bawah sinar matahari cerah. Layarnya juga dilindungi Corning Gorilla Glass yang menjadi lapisan tambahan untuk menahan goresan.

<p>Realme C55 NFC</p>

Salah satu fitur paling menarik dari layar realme C55 NFC adalah tampilan Mini Capsule; ia pada dasarnya berfungsi dengan cara mengisi area sekitar punch-hole untuk menampilkan notifikasi dan informasi tertentu. 

3 dari 7 halaman

Kamera realme C55 NFC

realme C55 menyematkan kamera ganda di bodi belakang dengan konfigurasi kamera utama 64MP--pertama di kelasnya--dan kamera B/W 2MP.

Kamera belakang juga dilengkapi dengan sejumlah mode, termasuk Night Mode, Street Photography, AI Color Portrait, dan lainnya, yang membantu pengguna mengambil foto lebih baik dalam berbagai situasi.

Dibandingkan dengan realme C35 sebagai pendahulunya, realme C55 NFC mengalami peningkatan sebesar 54 persen dalam aspek ukuran sensor dan 53,8 persen dalam aspek kejernihan dan resolusi. Untuk Night Mode, realme C55 NFC dibekali dengan algoritme serupa dengan Night Mode di realme GT 2 Pro, yakni ProLight Imaging Technology. 

Beralih ke kamera depan, realme C55 NFC menyediakan kamera 8MP untuk keperluan swafoto dan panggilan video.

Berikut ini beberapa hasil jepretan Realme C55 NFC di berbagai skenario.

Malam Hari dengan Night Mode

<p>Hasil Jepretan Kamera Realme C55 NFC</p>

 

<p>Hasil Jepretan Kamera Realme C55 NFC</p>

<p>Hasil Jepretan Kamera Realme C55 NFC</p>

Malam Hari tanpa Night Mode

<p>Hasil Jepretan Kamera Realme C55 NFC</p><p>Hasil Jepretan Kamera Realme C55 NFC</p><p>Hasil Jepretan Kamera Realme C55 NFC</p>

Skenario Lainnya

64MP (kiri) tampak lebih terang dan detail pada kelopak bunga lebih jelas vs Normal (kanan)

<p>Hasil Jepretan Kamera Realme C55 NFC</p>

<p>Hasil Jepretan Kamera Realme C55 NFC</p><p>Hasil Jepretan Kamera Realme C55 NFC</p><p>Hasil Jepretan Kamera Realme C55 NFC</p><p>Hasil Jepretan Kamera Realme C55 NFC</p>

Menurut pengalaman kami, kamera realme C55 NFC cukup dapat diandalkan untuk memotret di berbagai kondisi, termasuk di kondisi minim cahaya seperti malam hari sekalipun.

4 dari 7 halaman

Performa Realme C55 NFC

Beralih ke aspek performa, lagi-lagi realme C55 NFC layak mendapat apreasiasi sebab ia menjalankan realme UI 4.0 berbasis Android 13--pertama di lini realme C-series. 

Dapur pacu dari realme C55 NFC adalah MediaTek Helio G88 dengan dua opsi konfigurasi memori: 6GB/128GB dan 8GB/256GB. Unit yang kami ulas memiliki konfigurasi 8/256GB. Tersedia slot kartu microSD khusus untuk ekspansi penyimpanan hingga 1TB.

realme C55 NFC menjadi perangkat pertama di lini C Series yang didukung chipset Helio G88 dengan teknologi pemrosesan 12nm dan GPU Mali-G52. 

Perbedaan konfigurasi memori berpengaruh pada dukungan RAM virtual; varian 6GB/128GB mendukung, sementara model 8GB/256GB mendukung. Untuk menguji performa perangkat, kami menjalankan tes di AnTuTu Benchmark dan bermain Call of Duty: Mobile dan Asphalt 9.

<p>Hasil Benchmark Test Realme C55 NFC di AnTuTu</p>

Pengujian di AnTuTu Benchmark kami lakukan sebanyak tiga kali; skor yang diraih oleh realme C55 NFC yang kami ulas adalah 264.782, 264.011, dan 264.834. Skor terakhir, yang merupakan skor terbaik, dijabarkan sebagai berikut: 68.197 untuk CPU, 60.836 untuk GPU, 52.783 untuk MEM, dan 83.019 untuk UX.

<p>Call of Duty: Mobile di Realme C55 NFC</p>

<p>Asphalt 9 di Realme C55 NFC</p>

Di skenario bermain Call of Duty: Mobile, pengaturan grafis terbaik yang dapat realme C55 NFC dukung adalah Medium untuk Graphic Quality dan High untuk Frame Rate.

Sementara di skenario bermain Asphalt 9, smartphone ini mendukung setelan grafis High Quality. Terpantau, realme C55 NFC mampu memberikan pengalaman bermain game yang baik selama proses pengujian.

5 dari 7 halaman

Pengisian Daya dan Konektivitas

Pengisian Daya

realme C55 memiliki baterai berkapasitas besar yang mampu memberikan daya tahan lama, yakni 5.000 mAh.  Smartphone ini dilengkapi dengan pengisian daya cepat 33W VOOC, yang memungkinkan pengguna untuk mengisi daya perangkat dengan cepat dan kembali menggunakannya dalam waktu singkat.

Berdasarkan lembar fakta realme C55 NFC, teknologi pengisian daya cepat tersebut mampu mengisi daya baterai hingga 50 persen dalam waktu 29 menit dan 100 persen dalam waktu 63 menit. Kami pun mencoba membandingkan hasil pengujian internal realme tersebut dengan mengisi daya baterai realme C55 NFC. 

<p>Uji Pengisian Daya Realme C55 NFC</p>

Terpantau, untuk mengisi daya baterai sebanyak 89 persen dari 3 persen hingga 92 persen, diperlukan waktu 70 menit. Kami pikir, hasil pengujian ini relatif selaras dengan pengujian internal realme. Perbedaan ini boleh jadi disebabkan oleh beberapa faktor yang membuat hasil pengujian internal realme lebih baik.

Konektivitas

realme C55 hadir dengan berbagai pilihan konektivitas, termasuk Wi-Fi, Bluetooth 5.1, dan GPS. Perangkat ini juga memiliki NFC, yang memudahkan untuk melakukan pembayaran nirsentuh atau mengisi saldo e-money.

Selain itu, perangkat ini memiliki pengaturan dual-SIM, yang memungkinkan pengguna untuk menggunakan dua kartu SIM secara bersamaan yang mendukung konektivitas 4G LTE.

6 dari 7 halaman

Kesimpulan

realme C55 adalah smartphone yang mengemas berbagai fitur dan spesifikasi yang menjanjikan pengalaman pengguna yang lancar dan menyenangkan di kelasnya.

Dengan desain yang ramping dan penuh gaya, layar besar dan cerah, chipset bertenaga, serta baterai tahan lama, realme C55 adalah perangkat yang pasti akan mengesankan.

Selain itu, pengaturan kamera ganda, pengisian daya cepat, dan berbagai pilihan konektivitas menjadikannya pilihan yang menarik bagi pengguna yang mencari smartphone yang mumpuni dan dapat diandalkan dengan banderol Rp 2 jutaan. 

7 dari 7 halaman

Infografis Akhir Riwayat Ponsel Black Market di Indonesia. (Liputan6.com/Trieyasni)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini