Sukses

iMac Baru Kabarnya Pakai Chip M3 Apple, Rilis Tahun Ini?

Apple kabarnya sedang mengembangkan iMac baru yang akan hadir dengan chip M3

Liputan6.com, Jakarta - Sebuah laporan terbaru dari Mark Gurman, reporter teknologi Bloomberg, menyebut Apple sedang mempersiapkan iMac baru, yang diperkirakan membawa chip M3.

Menurut Gurman, iMac ini akan hadir dengan ukuran layar 24 inci yang sama dengan model sebelumnya, serta chip M3 yang lebih bertenaga dengan proses 3nm.

Mengutip The Verge, Senin (6/3/2023), iMac baru ini diperkirakan tidak akan memasuki tahap produksi massal sampai setidaknya tiga bulan, tapi masih bisa mulai dikirimkan di paruh kedua tahun ini.

Gurman menyebut iMac baru masih berada di "tahap pengembangan lanjutan" dan Apple saat ini "melakukan uji produksi mesin."

Rincian lain yang diungkap Gurman adalah beberapa komponen internal iMac mungkin "dipindahkan dan didesain ulang," dan bahwa proses produksi untuk memasang dudukan iMac ke layar akan "berbeda."

Dikutip dari 9to5mac, Gurman melaporkan bahwa iMac baru akan lebih bertenaga dengan chip Apple Silicon M-Series yang diperbarui.

Rumor yang sempat disiarkan sebelumnya oleh Gurman, juga sempat mengisyaratkan perilisan iMac baru dengan chip M3, di tahun 2023. Kabar itu juga diperkuat dari sumber independen 9to5mac.

Dalam laporannya, Gurman mengulangi perkiraan bahwa komputer iMac baru akan menjadi "salah satu mesin berbasis M3 pertama perusahaan."

Serupa dengan peluncuran M2 di Worldwide Developers Conference (WWDC) tahun lalu, mungkin saja bocoran untuk M3 akan hadir pada bulan Juni ini, jelang perilisan iMac terbaru di kemudian hari.

Gurman tidak menyebutkan kapan perilisan iMac baru ini. Namun jika merujuk pada keterangan sebelumnya, mungkin perangkat anyar Apple ini akan dirilis paling cepat di paruh kedua tahun 2023.

Selain iMac baru, Gurman juga menyebut Apple sedang bersiap untuk merilis MacBook Air 15 inci baru, MacBook Air 13 inci yang ditingkatkan, dan Mac Pro dengan chip M2 Ultra.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Apple Mau Rilis iPhone 14 Warna Kuning

Apple sebelumnya dikabarkan akan merilis iPhone 14 Plus dan iPhone 14 warna kuning pada musim semi ini. Musim semi biasanya jatuh pada pertengahan Maret hingga Juni.

Informasi ini mengutip MacRumors, Sabtu (4/3/2023), berdasarkan unggahan di Weibo yang dibagikan oleh blog Jepang Mac Otakara. Meski begitu, informasi tentang rencana perilisan iPhone 14 warna kuning itu belum bisa terkonfirmasi.

Tidak jelas apakah Apple berencana untuk menghadirkan warna baru pada iPhone 14 Pro, namun warna kuning tampaknya bakal terlalu mirip dengan Gold yang ada di iPhone 14 Pro dan iPhone 14 Pro Max.

Sejumlah sumber menginformasikan ke MacRumors, bahwa tim PR Apple berencana untuk mengadakan briefing tentang produk Apple minggu depan. Diduga event tersebut sekaligus untuk merilis iPhone 14 warna kuning.

Pasalnya sebelumnya, Apple juga pernah merilis search iPhone 13 series warna hijau pada 8 Maret 2022. Jadi, ada kemungkinan briefing tersebut terkait dengan pengumuman warna baru untuk iPhone 14.

3 dari 3 halaman

Untuk Tingkatkan Penjualan

Apple kerap kali menambahkan berbagai warna baru pada iPhone yang telah dirilisnya. Biasanya pengumuman dilakukan pada musim semi. Kehadiran warna baru adalah salah satu cara Apple untuk meningkatkan penjualan iPhone yang dirilis tahun tersebut.

Maret lalu, Apple memperkenalkan warna Hijau baru untuk iPhone 13 dan iPhone 13 mini. Sementara, Apple juga menambahkan warna Alpine Green untuk model iPhone 13 Pro.

Lalu, pada April 2021, Apple juga memperkenalkan warna ungu untuk iPhone 13 dan iPhone 12 mini. Terkait warna kuning, Apple terakhir kali menawarkan opsi warna kuning pada iPhone 11 yang rilis tahun 2019 dan iPhone XR pada 2018.

(Dio/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.