Sukses

Samsung Rajai Smartphone Layar Lipat, Berhasil Jual 12 Juta Unit pada 2022

Samsung mendominasi di pasar smartpphone layar lipat, dari 14,2 juta smartphone layar lipat yang dikapalkan secara global, Samsung memegang porsi sekitar 12 juta smartphone layar lipat.

Liputan6.com, Jakarta - Seiring berjalannya waktu, pasar smartphone layar lipat terus berkembang. Kini, Samsung mendominasi segmen ini dengan kepemimpinan yang dominan dibandingkan para kompetitornya.

Menurut laporan terbaru Financial Times yang didasarkan pada riset Canalys, Samsung merajai smartphone pasar layar lipat dunia saat ini. Pasalnya, pengapalan smartphone layar lipat Samsung lebih banyak dibandingkan produk serupa yang dikirim seluruh vendor di tahun 2022.

Mengutip Gizchina, Senin (6/3/2023), Samsung mengirimkan sekitar 12 juta smartphone layar lipat di tahun 2022. Adapun keseluruhan smartphone layar lipat yang dikirimkan di seluruh dunia berjumlah 14,2 juta unit.

Sebagai perbandingan, Huawei hanya mengirimkan kurang dari 2 juta smartphone layar lipat. Sementara Oppo, Vivo, Xiaomi, dan Honor masing-masing mengirimkan kurang dari 1 juta perangkat smartphone layar lipat sepanjang tahun lalu.

Meskipun rilis global ponsel layar lipat Razr dilakukan 2022 lalu, Motorola menjadi OEM yang jauh dari kata sukses. Tercatat dari riset, Motorola hanya mengirimkan sekitar 40.000 unit Razr.

Jika dibandingkan dengan pengapalan smartphone layar lipat Samsung yang jumlahnya hampir 12 juta unit, angka di atas sangatlah kecil.

Meski begitu, saat ini pasar smartphone layar lipat alias foldable smartphone secara keseluruhan tampaknya dalam situasi yang relatif baik. Hal ini dilihat dengan pengiriman smartphone layar lipat dari tahun ke tahun terus meningkat.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Tahun 2023 Diprediksi 30 Juta Unit Smartphone Layar Lipat Dikirim

Terlepas dari kenyataan bahwa tahun 2022 adalah tahun terburuk bagi bisnis smartphone, baik foldable atau smartphone biasa, laporan Financial Times memerkirakan pengiriman smartphone layar lipat bakal berlipat ganda pada 2023.

Saat itu diperkirakan ada 30 juta unit smartphone layar lipat dari berbagai brand yang dikirimkan ke seluruh dunia.

Salah satunya, hal tersebut disebabkan oleh rencana ambisius Samsung untuk mengirimkan sekitar 15 juta perangkat Samsung Galaxy Z Fold 4 dan Galaxy Z Flip 4.

Meskipun Samsung mungkin tidak mencapai target tersebut pada Agustus-September mendatang, ketika perusahaan kemungkinan merilis generasi baru dari smartphone layar lipatnya, Galaxy Z Fold 5 dan Z Flip 5.

3 dari 4 halaman

Targetkan Kirim 15 Juta Smartphone Layar Lipat Tahun Depan

Kedua smartphone layar lipat generasi baru ini kemungkinan bakal membantu Samsung mencapai target pengiriman 15 juta perangkat layar lipat di akhir tahun 2023.

Pesatnya pertumbuhan smartphone layar lipat ditengarai karena beberapa faktor. Salah satunya adalah meningkatnya permintaan akan layar lebih besar dan teknologi inovatif.

Apalagi saat ini smartphone layar lipat bisa menawarkan pengalaman unik dan futuristik pada pengguna. Pengalaman membuka tutup layar ini tentu tidak ditawarkan oleh smartphone tradisional.

4 dari 4 halaman

Persaingan Bakal Makin Ketat

Kesuksesan smartphone layar lipat juga menyoroti pentingnya inovasi dalam industri teknologi.

Sejauh ini, perusahaan yang bersedia mengambil risiko dan mendorong berbagai batasan, bisa jadi yang teratas. Dan hal ini dibuktikan oleh dominasi Samsung di pasar smartphone layar lipat.

Persaingan belum berhenti di situ. Kemungkinan nantinya ada banyak perusahaan lain yang mengikuti di tahun-tahun mendatang.

(Tin/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.