Sukses

Depo Pertamina Plumpang Kebakaran, Warganet: Stay Safe Warga di Sana

Pantauan Tekno Liputan6.com pada Jumat pukul 23.10 WIB, sudah ada sekitar 14 ribu warganet yang mencuitkan kata kunci "Plumpang".

Liputan6.com, Jakarta - Depo Pertamina Plumpang di Jakarta Utara meledak dan terbakar pada 3 Februari 2023, sekitar pukul 20.11 WIB.

Saat kejadian, warga setempat mengaku mendegar ledakan keras dari arah depo milik Pertamina tersebut.

Mengutip dari kanal News Liputan6.com, pipa bensin yang terletak di depo Pertamina tersebut terbakar sehingga menyulut ledakan.

Pada pukul 20.20 WIB telah dilakukan pengerahan awal oleh pemadam kebakaran dengan mengerahkan 10 personel dengan waktu operasi pada pukul 20.22 WIB

Kondisi kebakaran bersatus merah. Api saat ini dilaporkan masih dalam proses pemadaman dan lokalisir. Total kini pemadam kebakaran telah mengerahkan 18 unit dengan 90 personel.

Kabar meledaknya depo Pertamina tersebut langsung menjadi perhatian warganet, dima kata kunci "Plumpang" langsung menjadi trending topik di Twitter.

Pantauan Tekno Liputan6.com pada Jumat pukul 23.10 WIB, sudah ada sekitar 14 ribu warganet yang mencuitkan teks disertai dengan keyword "Plumpang".

Kebanyakan dari mereka membagikan potongan video saat kebakaran depo Pertamina Plumpang, hingga berbagai ucapan agar warga sekitar selamat.

Berikut adalah beberapa cuitan warganet di Twitter terkait kebakaran depo Plumpang.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

13 Orang Meninggal Akibat Kebakaran Depo Pertamina Plumpang

<p>Sejumlah korban kebakaran Depo Pertamina Plumpang Jakarta Utara dibawa ke RSUD Koja, Jumat (3/3/2023). (Damkar Jakarta Utara)</p>

13 orang meninggal dunia akibat kebakaran Depo Pertamina Plumpang, Koja, Jakarta Utara. Angka ini berdasar data yang tercatat di RSUD Koja, hingga pukul 22.40 WIB, Jumat (3/3/2023).

Inafis dan tim dokter akan mengidentifikasi seluruh korban tersebut.

Jumlah ini kemungkinan masih terus bertambah lantaran masih ada jenazah korban kebakaran Plumpang yang ada di Pos Koramil 01 Koja.

Ada 5 kantong jenazah yang dievakuasi di pos koramil tersebut hingga pukul 22.56 WIB.

Sementara itu, dari data Command Center Damkar kejadian kebakaran terjadi pada pukul 20.11 WIB dengan objek yang terbakar ialah pipa bensin Pertamina

Hingga pukul 21.31 WIB ini, Damkar telah mengerahkan personil tambahan dengan total 135 persenil dan 31 unit pemadam kebakaran.

Sebelumnya, Corporate Secretary Pertamina Patra Niaga, Irto Ginting mengonfirmasikan kebenaran peristiwa tersebut. Saat ini pihaknya tengah melakukan upaya pemadaman.

"Kita sedang upayakan pemadaman dulu," kata Irto saat dihubungi merdeka.com, Jakarta, Jumat, (3/3/2023).

Irto mengatakan hingga pihaknya belum mengetahui penyebab kebakaran tersebut. "Kita belum tahu penyebabnya," kata dia.

3 dari 3 halaman

Kebakaran Plumpang karena Sambaran Petir?

Terjadi kebakaran Depo Pertamina Plumpang Jakarta Utara pada Jumat malam, 3 Maret 2023. (Istimewa)

Kasi Ops Damkar Jakarta Utara Abdul Wahid mengatakan, saat ini pihaknya tengah dalam proses memadamkan api.

Selain itu, warga yang tinggal dekat dengan kawasan kebakaran, terlebih dekat Depo Pertamina Plumpang diminta untuk mengungsi

"Warga yang di permukiman diminta, supaya mengungsi," kata Abdul saat dikonfirmasi, Jumat (3/3/2023).

Abdul menyebut bahwa berdasarkan info yang diterima pihaknya, dugaan awal penyebab terjadinya kebakaran ialah karena sambaran petir.

"Kalau info yang diterimanya itu kesambar petir," kata Abdul.

(Ysl/Tin)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.