Sukses

Meta Bakal Hadirkan Lima Fitur Baru WhatsApp, Apa Saja?

WABetaInfo menyebut, WhatsApp akan hadirkan sejumlah pembaruan yang akan hadir di aplikasi WhatsApp melalui update selanjutnya.

Liputan6.com, Jakarta - Baru-baru ini, salah satu situs pemerhati WhatsApp, yakni WABetaInfo telah meninjau beberapa perubahan besar yang akan hadir di aplikasi pesan tersebut pada pembaruan selanjutnya.

Sebelum menjadi bagian dari aplikasi secara tetap, fitur-fitur baru WhatsApp ini akan diluncurkan dan diuji terlebih dahulu pada versi beta. 

Diketahui, aplikasi pesan yang dimiliki grup Meta ini telah memiliki sekitar 2 miliar pengguna yang tersebar di seluruh dunia. Oleh karenanya, perusahaan berupaya terus menggulirkan perubahan dan fitur baru yang membuat pengguna layanan tetap betah memakainya. 

Hingga saat ini, belum jelas kapan perubahan atau pembaruan ini akan tersedia secara resmi di WhatsApp. Hal ini karena WhatsApp membutuhkan waktu yang cukup lama sebelum mereka siap meluncurkannya. 

Kendati demikian, menurut pengembang aplikasi WhatsApp, perusahaan akan hadirkan tambahan fitur baru dan perubahan-perubahan yang menarik. Misalnya, fitur kamera yang memungkinkan pengguna beralih antara mode video dan kamera dengan lebih mudah. 

Dirangkum dari Mirror, Kamis (2/3/2023), berikut ini beberapa perubahan dan fitur WhatsApp baru yang bakal segera hadir dan berdampak pada penggunanya. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Shortcut untuk Blokir Kontak

Pada pembaruan WhatsApp ke depan, pengguna WhatsApp bisa memblokir kontak yang tidak diinginkan dengan lebih mudah, karena adanya pintasan atau shortcut baru. 

Shortcut ini akan ditempatkan di bagian opsi obrolan dari daftar chat pengguna. Dengan begitu, pengguna dapat memblokir banyak kontak sekaligus. 

"Menurut kami fitur ini akan sangat membantu terutama jika Anda menerima banyak pesan dari orang yang tidak Anda kenal atau tidak ingin Anda ajak bicara, sehingga Anda dapat dengan cepat memblokirnya dengan membuka opsi obrolan," tulis WABetaInfo.

2. Mendeteksi Teks dalam Gambar

Menurut WABetaInfo, fitur deteksi teks dalam gambar ini sudah tersedia di versi beta aplikasi dan akan sangat berguna bagi para pengguna WhatsApp.

Ekstraksi teks dari gambar ini dapat dilakukan jika tombolnya terlihat ketika pengguna membuka gambar yang berisi teks.

Namun, fitur ini tidak tersedia untuk pengguna iOS dengan versi software di bawah iOS 16.  

3 dari 4 halaman

3. Pindahkan Obrolan dari Android ke Perangkat Lain

Dengan fitur ini, WhatsApp memudahkan pengguna untuk memindahkan riwayat obrolan dari satu perangkat ke perangkat lainnya tanpa harus menggunakan Google Drive untuk mengakses data.

Meskipun begitu, fitur ini masih dalam pengembangan dan belum diketahui pasti kapan akan diluncurkan. 

4. Meneruskan Media Beserta Caption-nya

Dalam fitur baru ini, pengguna dapat meneruskan media ke pengguna lain beserta teks keterangan yang tersedia tanpa perlu menyalinnya secara terpisah.

Fitur ini akan tersedia untuk semua penguji beta dan aplikasi juga memperkenalkan peringatan untuk memberi tahu pengguna tentang fitur tersebut. 

5. Berpindah Kamera WhatsApp dari Mode Video ke Foto 

Pada pembaruan WhatsApp ini, pengguna dapat beralih kamera dari mode foto ke video atau sebaliknya dengan lebih mudah. 

Saat ini, pengguna perlu menahan tombol kamera untuk merekam video. Dengan fitur baru ini, fitur kamera lebih mirip dengan kamera di perangkat iOS, yang memungkinkan pengguna pindah dari mode foto ke video dengan lebih mudah.

Namun menurut WABetaInfo, fitur ini belum hadir di versi beta dan masih memerlukan banyak pengembangan.

4 dari 4 halaman

Pengguna Akan Dapat Edit Pesan yang Terlanjur Dikirim

Tak hanya beberapa pembaruan di atas, sebelumnya sebuah tangkapan layar yang dibagikan situs WABetaInfo menunjukkan tombol edit yang tersedia di aplikasi WhatsApp di iOS untuk iPhone.

Fitur ini akan memudahkan pengguna untuk melakukan perubahan ketika pesan tertentu ditekan beberapa detik.

Menurut WABetaInfo yang dikutip dari The Sun, Minggu (26/2/2023), setiap pesan yang telah diedit akan menampilkan label khusus. Selain itu, pengguna hanya memiliki waktu maksimal 15 menit untuk dapat mengeditnya setelah dikirim. 

Meskipun demikian, karena ini hanyalah perancangan yang masih dalam tahap awal, WhatsApp dapat membuat beberapa penyesuaian akhir. Tak terkecuali keputusan untuk membatalkan perilisan fitur ini. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.