Sukses

Top 3 Tekno: PeduliLindungi Jadi Satu Sehat Mobile hingga M Banking BCA Error Lagi

Aplikasi PeduliLindungi berubah secara otomatis menjadi Satu Sehat Mobile pada 1 Maret 2023.

Liputan6.com, Jakarta - Aplikasi PeduliLindungi berubah secara otomatis menjadi Satu Sehat Mobile pada 1 Maret 2023. Informasi ini menjadi yang terpopuler di kanal Tekno Liputan6.com, Selasa (28/2/2023) kemarin.

Berita lain yang juga menuai perhatian datang dari aplikasi M Banking BCA Mobile yang kembali error.

Lebih lengkapnya, simak tiga berita terpopuler di kanal Tekno Liputan6.com berikut ini.

1. PeduliLindungi Jadi Satu Sehat Mobile per 1 Maret, Tak Perlu Hapus Aplikasi

PeduliLindungi, aplikasi pembantu penanganan Covid-19 akan berubah menjadi aplikasi baru bernama Satu Sehat.

Rencananya, aplikasi PeduliLindungi akan berubah secara otomatis menjadi Satu Sehat Mobile pada 1 Maret 2023.

"Satu Sehat Mobile sendiri itu dari PeduliLindungi. Akan otomatis berubah karena kita tidak ingin menyulitkan masyarakat," kata Deputi Chief Digital Transformation Office (DTO) Kemenkes, Agus Racmanto, sebagaimana dikutip dari Antara, Selasa (28/2/2023).

Dia menambahkan, masyarakat hanya tinggal tunggu nanti di tanggal 1 Maret 2023 aplikasi di HP Android dan iOS akan berubah secara otomats.

Nantinya, pengguna akan mendapatkan notifikasi di layar ponsel. Agus juga mengatakan, pengguna tidak perlu lakukan registrasi ulang untuk menggunakan aplikasi ini dan tidak perlu hapus PeduliLindungi.

Satu Sehat Mobile sendiri dijelaskan adalah salah satu bagian dalam layanan yang ada di platform Satu Sehat.

Tidak seperti PeduliLindungi yang hanya menyediakan informasi terkait Covid-19, aplikasi Satu Sehat Mobile menyediakan layanan kesehatan lebih luas.

Maksudnya, seluruh data rekam medis pengguna dan data layanan kesehatan lainnya di platform Satu Sehat dapat diakses lewat aplikasi ini.

Agus mengatakan, masyarakat tidak perlu khawatir akan tiap fitur di Satu Sehat Mobile, karena layanan konsultasi tenaga kesehatan atau rumah sakit di dalamnya dipastikan resmi dan berlisensi.

Membahas soal keamanan data pengguna, Agus menjamin seluruh data yang masuk ke dalam Satu Sehat Mobile aman.

Baca selengkapnya di sini 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. Aplikasi M Banking BCA Mobile Error Lagi, Tampilkan Lampu Indikator Merah dan Pesan 205

Aplikasi mobile banking BCA Mobile error lagi. Kali ini, saat membuka aplikasi BCA Mobile dan memasukkan kode akses, pengguna langsung disuguhi tanda merah yang menandakan kalau aplikasi ini tidak terhubung ke jaringan.

Tangkapan layar aplikasi BCA Mobile seorang pengguna pun memperlihatkan pesan 205, di mana terdapat keterangan "Sementara transaksi tidak dapat diproses, silakan ulangi beberapa saat lagi."

Hal serupa dikicaukan oleh sejumlah pengguna layanan aplikasi BCA Mobile di linimasa Twitter. Pencarian dengan keyword "Mbca error" di Twitter menampilkan sederetan keluhan pengguna, menyebut layanan perbankan BCA Mobile mereka tidak bisa dipakai.

"Koyok e Mbca error maneh deh," ucap seorang pengguna aplikasi M Banking BCA Mobile.

Lalu ada juga yang mengeluhkan layanan MBCA error padahal mereka hendak membeli makan siang.

"Yah, MBCA error gimana dong?" tulis seorang pengguna.

Sebelumnya sehari lalu, pada Senin, 27 Februari 2023, aplikasi BCA Mobile juga sempat error, dengan memunculkan pesan kode 205 setelah diakses melalui perangkat Android dan iOS.

Baca selengkapnya di sini 

 

3 dari 4 halaman

3. Pengguna iOS Duluan Pakai Aplikasi Satu Sehat Mobile per 1 Maret 2023, HP Android Kapan?

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) resmi mengganti PeduliLindungi, dengan aplikasi kesehatan masyarakat bernama Satu Sehat Mobile per 1 Maret 2023.

“PeduliLindungi akan mengalami perubahan besar malam ini, dan dapat dimanfaatkan masyarakat sebagai Satu Sehat Mobile mulai 1 Maret 2023,” kata Staf Ahli Teknologi Kesehatan sekaligus Chief Digital Transformation Office (DTO) Kemenkes, Setiaji, dalam keterangannya, Selasa (28/2/2023).

Bagi pengguna yang sudah menginstal PeduliLindungi di HP Android atau iOS sebelumnya, Anda hanya perlu update aplikasi melalui Play Store maupun App Store, baik secara otomatis maupun manual.

Setelah memberikan persetujuan syarat dan ketentuan di aplikasi Satu Sehat Mobile, pengguna tinggal log in dengan nomor ponsel atau email yang sudah terdaftar.

Berhubung masih tahap awal perbaharuan, aplikasi Satu Sehat Mobile ini baru menyambangi pengguna iOS. Bagi pengguna Android harus bersabar, karena pembaruan ini akan disebar ke Google Play Store dalam waktu dekat.

“Profil anggota, sertifikat dan tiket vaksin Covid-19 juga akan tersinkronisasi secara otomatis. Jadi, setelah memberikan persetujuan, pengguna Satu Sehat Mobile tidak perlu repot membuat akun baru untuk mulai menggunakan aplikasi ini,” kata Setiaji.

Selain fitur vaksinasi Covid-19, hasil tes antigen dan PCR, dan pindai QR code saat check-in, dalam waktu dekat juga akan tersedia fitur baru bernama ‘diari kesehatan’ di apllikasi pengganti PeduliLindungi ini.

Adapun diari kesehatan ini akan mencatat sekaligus memonitor kondisi kesehatan diri dan orang-orang terdekat lewat aplikasi Satu Sehat Mobile.

Baca selengkapnya di sini 

4 dari 4 halaman

Infografis Cara Beli Minyak Goreng Curah Pakai Aplikasi PeduliLindungi. (Liputan6.com/Abdillah)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.