Sukses

Intip Bocoran Desain dan Spesifikasi Samsung Galaxy A24, HP Mid-range Harga Terjangkau

Meski belum rilis, Samsung Galaxy A24 jadi HP mid-range dengan harga terjangkau yang ditunggu-tunggu. Intip bocoran spesifikasinya di sini.

Liputan6.com, Jakarta - Sejak pertengahan 2022, HP mid-range keluaran Samsung terbaru, yakni Samsung Galaxy A24 sudah ditunggu-tunggu oleh banyak peminatnya.

Setelah mengantongi sertifikasi National Broadcasting and Telecommunications Commision (NBTC) Thailand per 15 Februari 2023, tanggal rilis ponsel seri A terbaru ini sudah semakin dekat, seperti yang dikutip dari GSM Arena, Selasa (21/02/2023).

Dalam sertifikasi tersebut, tercantum bahwa Samsung Galaxy A24 memiliki nomor model SM-A245F/DSN, di mana merujuk pada dual-SIM. 

Berdasarkan kabar yang beredar, ponsel ini akan launching ke pasar global paling cepat pada Maret 2023 dengan empat pilihan warna, yaitu Black, Dark Grey, Light Green, dan Silver.

Dugaan spesifikasi Samsung Galaxy A24 ini juga telah tercantum di berbagai situs sejak beberapa bulan lalu. Begitu pula dengan render yang memperlihatkan bocoran desainnya telah beredar di internet.

Untuk menjawab rasa penasaran pecinta Samsung yang telah menunggu perilisan ponsel ini, simak bocoran desain dan spesifikasi Samsung A24 yang telah dihimpun dari berbagai sumber berikut.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Bocoran Desain Samsung Galaxy A24 yang Stylish

Berdasarkan render eksklusif yang dikeluarkan oleh The Tech Outlook pada Januari lalu, terlihat bahwa Samsung Galaxy A24 akan hadir dengan desain yang tidak jauh berbeda dengan kebanyakan HP Samsung pendahulunya. 

Smartphone ini digambarkan memiliki layar dan panel belakang datar. Pada bagian belakang, terdapat tiga kamera yang disusun secara vertikal di sisi kiri atas ponsel dengan LED Flash di kanan kamera.

Bagian kamera belakang memiliki lingkaran yang mengelilinginya dan diproyeksikan sedikit menonjol ke luar. Selain itu, logo Samsung juga tetap eksis di bagian bawah panel belakang ponsel.

Untuk bagian layar, Samsung Galaxy A24 akan memiliki tampilan yang mirip seri sebelumnya dengan kehadiran water drop notch yang menempati kamera depan ponsel.

Dengan render tersebut, dapat dipastikan bahwa Samsung A24 mendatang akan menjadi ponsel Samsung kelas menegah terbaru.

3 dari 4 halaman

Spesifikasi yang Akan Dibawa Samsung Galaxy A24

Oktober tahun lalu, spesifikasi utama Samsung Galaxy A24 telah muncul di situs benchmarking Geekbench.

Dihimpun dari SamMobile, Selasa (21/02/2023), ponsel ini dikabarkan akan memiliki panel layar Super AMOLED dengan ukuran 6,4 inci dan resolusi layar 1080 x 2340 piksel. Dengan demikian, layarnya akan mendukung refresh rate hingga 90Hz dan resolusi Full HD+.

Dikabarkan pula, ponsel ini akan ditenagai chipset MediaTek Helio G99 SoC yang mendukung konektivitas 4G. SoC ini menjadi prosesor smartphone gaming dengan performa cukup tinggi. 

Kapasitas yang diharapkan untuk ponsel ini adalah RAM 4GB dan 6GB dengan penyimpanan internal 64GB dan 128GB yang dapat ditambah melalui slot Micro SD. 

Untuk kualitas kamera, Samsung Galaxy A24 akan dibekali kamera depan 13MP. Sementara itu, tiga kamera belakangnya memiliki lensa utama 48MP, lensa ultra-wide 8MP, dan kamera depth 2MP. 

Perangkat ini juga kemungkinan bakal dilengkapi dengan baterai berkapasitas 5000 mAh dan sistem operasi One UI 5.0 berbasis Android 13.

Tentu saja, semua spesifikasi smartphone ini baru bisa dikonfirmasi setelah peluncuran resminya.

4 dari 4 halaman

Perkiraan Harga Samsung Galaxy A24

Berbagai perkiraan spesifikasi yang telah dicantumkan di atas mungkin pada awalnya hanya tersedia di perangkat premium, tetapi belakangan ini telah umum ditemukan di ponsel-ponsel kelas menengah. 

Perubahan yang ditawarkan dari seri-seri sebelumnya menjadi strategi Samsung untuk memperluas jangkauannya di pasar global terutama bagi negara-negara berkembang. 

Hingga saat ini belum diketahui bocoran harga Samsung Galaxy A24 yang dapat dijadikan rujukan. Namun, dapat diperkirakan harganya tidak akan jauh berbeda dari Samsung A14 5G yang rilis Februari lalu.

Harga yang mungkin diberikan pada Samsung Galaxy A24 ini yaitu sekitar Rp 3 jutaan. Perkiraan tersebut hanya dapat dikonfirmasi setelah Samsung mengeluarkan informasi resmi terkait ponsel ini. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.