Sukses

Warganet Ramai Bahas Proyek MRT Jakarta Fase 3, Ada yang Bangga hingga Nyinyir

Walau masih belum diketahui secara pasti kapan proyek ini rampung, sejumlah warga Twitter memberikan respon positif hingga nyinyir tentang proyek MRT Jakarta Fase 3 ini.

Liputan6.com, Jakarta - Warganet di Twitter saat ini sedang ramai membahas tentang pembangunan proyek Moda Raya Terpadu (MRT) Fase 3 yang dimulai tahun 2023 ini.

Adapun MRT Jakarta Fase 3 akan dibangun sepanjang 87 kilometer, dimana nantinya menghubungkan Cikarang di Bekasi dengan Balaraja di Tanggerang.

Walau masih belum diketahui secara pasti kapan proyek ini rampung, sejumlah warga Twitter memberikan respon positif tentang MRT Fase 3 ini.

Akan tetapi, tidak sedikit pula pengguna yang nyinyir tentang rencana pembangunan ini. Berikut adalah beberapa cuitan mereka.

"Kemaren cape kuliah pp tangerang depok suka kepikiran kapan ya ada transum yang cepet sampe, terus sekarang denger mrt ada fase 3 liat rute nya aja seneng banget. ya walaupun gabakal bisa di nikmatin waktu deket :)" kata @shann****.

"Udah seneng MRT Fase 3 bakal deket rumah, jangan aja malah rumah gue kegusur 😂," cuit @eskopis****

"Semoga ortu masih bisa ngerasain MRT fase 2 & 3," ujar @timot****

"Mengingat fase 3 ini bakal jadi MRT terpanjang, sepertinya baru bakal rampung 15-20 tahun kemudian ya :’)

Sebagai rakyat Karawaci jujur seneng bangett, tapi semoga gue panjang umur biar bisa ikut merasakan MRT Karawaci ini dengan khidmat tanpa bayang2 kemacetan tol lagi," cuit @dewim**** di Twitter.

"FULL SENYUM LIAT JALUR MRT FASE 3 DEKET RUMAH GUE HALTENYA," ujar @sering****

"Mrt fase 2 yg cuma dari hi ke kota aja diperkirakan kelar 2027-2030, berarti fase 3 yg dari jabar ke banten ya bayangin aja cingu kelarnya kapan awowkwowk semoga both of us masih idup," kata @jj****

"Gila ini MRT fase 3 pasti bikin harga properti di Bekasi/Cikarang makin ga masuk akal," tulis @Hasbi****

"Wih fase 3 mrt lewat deket rumah gua tp kapan selese ya fase 2 aja selese 2030 kan keburu gue pindah rumah gaksi wkkwwkkwk," ujar @ace****

"MRT udah sharing soal fase 3 dan kereta cepat jakarta bandung belom kelar 😂," kata @ohhi**** di platform media sosial milik Elon Musk itu.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Pembangunan MRT Fase 3 Bertahap

Suasana saat para pekerja menyelesaikan proyek Moda Raya Terpadu (MRT) Fase II di Jalan MH Thamrin, Jakarta, Selasa (19/7/2022). Proyek MRT Jakarta Fase 2 CP 201 rute Stasiun Thamrin-Stasiun Monas telah mencapai 40,25 persen. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Disebutkan, MRT Fase 3 ini rencananya dibangun dalam tiga tahap dengan penjalasan sebagai berikut ini.

1. Fase 3B Timur (Bekasi, Jawa Barat 20,438 km)

Cikarang, Cibitung, Wanajaya, Sumber Jaya, Karang Satria, Harapan Baru, Kaliabang, Medan Satria

2. Fase 3A (DKI Jakarta 33,764 km)

Ujung Menteng, Pulo Gebang, Cakung Barat, Penggilingan, Pulogadung, Perintis, Pakulonan Timur, Pakulonan Barat, Sumur Batu, Cempaka Baru, Galur, Senen, Kwitang, Kebon Sirih, Thamrin, Cideng, Petojo, Roxy, Grogol, Tomang, Arjuna Selatan, Tanjung Duren, Kebon Jeruk, Teknologi, Batu Mulia, Kembangan.

3. Fase 3B Barat (Banten 29,900 km)

Karang Tengah,Hasyim Asyari, Kunciran, Panunggangan, Kebon Nanas, Kelapa Dua, Danau Ranau, Bencongan, Kadu, Bunder, Otonom, Pasir Gadung, Cibadak, Balaraja.

3 dari 3 halaman

Pengerjaan dalam 2 Fase

<p>Rangkaian kereta MRT melintas menuju stasiun di Jakarta, Kamis (20/10/2022). Selama 2022, perseroan menargetkan volume penumpan bisa mencapai rata-rata harian menyentuh 40.000 orang per hari. (Liputan6.com/Angga Yuniar)</p>

Penandatangan itu menjadi wujud dukungan antarpemerintah daerah yaitu Pemprov DKI Jakarta, Pemprov Jawa Barat, dan Pemerintah Kota Bekasi untuk pembangunan MRT Jakarta rute Cikarang-Jakarta-Balaraja.

Ridwan Kamil menyatakan, Pembangunan MRT fase 3 ini dibagi menjadi dua fase, yakni Fase 1 meliputi Kembangan-Medan Satria dan Fase 2 meliputi K embangan-Balaraja dan Medan Satria-Cikarang).

Pada 2024, pembangunan akan dimulai dari fase 1 tahap 1 (Tomang-Medan Satria).

"Baratnya dimulai dari Provinsi Banten di Balaraja, melewati DKI di Tomang, kemudian masuk ke Kota Bekasi dan terus ke Cikarang di kabupaten," kata Ridwan Kamil di Gedung Sate, Bandung, Jumat (17/2/2023).

PT MRT Jakarta melalui akun resmi Instagram @mrtjakarta menyampaikan bahwa total fase 3 koridor East-West MRT Jakarta (Cikarang-Jakarta-Balaraja) ini akan membentang sepanjang sekitar 84,1 kilometer (km). Kemudian, akan terdapat setidaknya sekitar 14 stasiun mulai dari Stasiun Karang Tengah hingga Stasiun Balaraja.

(Ysl/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.